Labu Siam Udang yang manis dan gurih. (Sumber gambar: Tupperware)

Resep Tumis Sayur Labu Siam Udang, Cocok Jadi Pendamping Ketupat

23 April 2023   |   10:11 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ketupat menjadi kuliner yang selalu menjadi incaran saat perayaan Idulfitri. Biasanya panganan yang terbuat dari beras kemudian dibungkus dengan daun kelapa ini, disajikan bersama opor atau rendang. Namun, bagi mereka yang tidak suka daging, tumis sayur labu siam bisa menjadi opsi pendamping ketupat. 

Tumis sayur labu siam menghadirkan cita rasa gurih dan manis. Labu siam pun memiliki banyak manfaat kesehatan. Sayur berbentuk hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang melimpah seperti vitamin, mineral, dan serat. 

Labu siam juga mengandung antioksidan seperti myricetin yang bersifat antikanker, antidiabetes, antiinflamasi, hingga menurunkan tingkat kolesterol. Sayur ini juga mengandung kalium yang dapat membunuh kolesterol jahat yang masuk ke dalam tubuh bersama dengan makanan. 

Baca juga: Resep Sambal Goreng Kentang, Hidangan Khas Pendamping Ketupat Lebaran

Labu siam juga tercatat memiliki nilai karbohidrat yang rendah, sehingga kadar gula di dalamnya juga rendah. Sayur ini juga bagus untuk ibu hamil. Sebab folat atau vitamin B9 di dalamnya mencegah terjadinya kelahiran prematur. 

Rasa dan manfaatnya semakin istimewa jika ditambahkan udang. Mengutip Halodoc, seafood ini merupakan sumber vitamin B yang bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah.

Udang juga menyediakan sekitar 22 kali kadar vitamin E dari ayam atau sapi loh. Vitamin yang larut dalam lemak ini bertindak sebagai antioksidan dan dapat melindungi dari penyakit jantung dan kanker.

Selain itu, udang mengandung mineral yang sulit didapat, seperti yodium, zinc, dan selenium. Tubuh membutuhkan yodium untuk mendukung fungsi kelenjar tiroid yang benar. Sementara itu, zinc dan selenium mendukung sistem kekebalan tubuh.

Nah, ketika sudah tau manfaatnya, yuk bikin tumi sayur labu udang untuk disajikan kepada orang tercinta di hari raya yang masih berlangsung saat ini. Berikut resep yang bisa dicoba di rumah. 


Resep Tumis Sayur Labu Siam Udang


Bahan 

2 buah labu siam, iris atau serut memanjang 
400 gr udang, bersihkan, buang kepalanya
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
4 buah cabai merah, besar iris serong
7 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, cincang
1 sdt penyedap
100 ml air
2 sdm minyak goreng
Garam dan gula secukupnya
1 papan petai (tambahan)


Cara Memasak

1. Remas-remas labu siam dengan menggunakan garam secukupnya sampai teksturnya agak lembek, kemudian cuci bersih. Sisihkan.
2. Panaskan minyak goreng di wajan, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
3. Tambahkan cabai iris, daun jeruk, dan udang. Aduk rata masak sampai udang berubah warna.
4. Masukkan labu siam, tumis hingga agak layu.
5. Masukkan air, daun salam, tambahkan gula, garam dan penyedap. Masukkan petai (opsional). Masak sebentar sampai air menyusut, koreksi rasa. 
6. Angkat, sajikan selagi hangat.

Baca juga: Resep Lemang Rumahan Khas Melayu

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

8 Drama Korea yang Cocok untuk Mengisi Libur Para Introvert

BERIKUTNYA

Tren Libur Lebaran 2023, dari Wisata Rohani hingga Taman Hiburan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: