Lemang bambu yang dibakar. (Sumber: Instagram/Audrys_kitchen)

Resep Lemang Rumahan Khas Melayu

18 April 2023   |   20:00 WIB

Like
Saat Hari Raya Idulfitri tiba, para ibu akan sibuk memasak hidangan khas lebaran, salah satunya yang paling penting adalah ketupat. Makanan yang berbahan dasar beras ini, biasanya dibungkus dengan anyaman janur yang berbentuk belah ketupat.

Dalam masyarakat Melayu ada juga makanan wajib yang disantap saat lebaran tiba yang terbuat dari beras, yakni lemang. Namun, beras yang biasa dipakai adalah beras ketan yang dicampur dengan air santan kemudian dimasak di atas arang selama beberapa jam.

Lemang menjadi hidangan favorit masyarakat Melayu dalam merayakan hari-hari spesial. Panganan ini biasa disandingkan dengan kuah kinca yang manis sementara itu, ada juga yang menyandingkannya dengan rendang, gulai, dan opor khas hari raya.

Baca juga: Resep Bolu Kojo Khas Sumatra Selatan Cocok Untuk Idulfitri

Proses pembuatan lemang sangat memakan waktu maka dari itu, biasanya warga Melayu akan bergotong-royong memasak hidangan ini. Para laki-laki di Desa akan mencarikan bambu-bambu yang sudah rubuh sedangkan, para perempuan akan menyiapkan bahan-bahan yang akan dijadikan lemang.

Namun, seiring berkembangnya zaman. Lemang yang dulunya dimasak menggunakan bambu dan arang kini bisa dimasak di rumah dengan wadah dari daun pisang. Berikut resep praktis membuat lemang dari rumah.


Bahan:

700 gram beras ketan
800 ml santan kental
6 lembar daun pandan
1 sendok makan garam
Daun pisang sebagai wadah


Cara memasak:

1. Bakar daun pisang di atas kompor sampai layu agar tidak sobek saat dibentuk menjadi wadah lemang.
2. Rendamlah 700 gram beras ketan minimal selama dua jam dan maksimal satu malam agar beras ketan mengembang dengan baik.
3. Kemudian, jika beras ketan sudah direndam. Siapkan panci kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Lapisi panci dengan daun pisang, masukkan beras ketan dan ratakan sampai memenuhi ruangan di panci. Kukuslah selama 30 menit.
4. Sambil menunggu beras ketan matang, siapkan 800 ml santan kental yang dimasukkan ke sauce pan. Masukkan daun pandan dan 1 sendok makan garam. Masak sembari diaduk sampai muncul gelembung – gelembung di permukaan santan. Pengadukan dilakukan agar santan tidak pecah.
5. Angkatlah beras ketan yang sudah dikukus tadi dan masukkan secara bertahap ke dalam santan. Jangan campurkan beras ketan dan santan saat dingin tetapi saat matang langsung masukkan. Aduklah sampai beras ketan menyerap semua santan lalu, tutup dan diamkan selama 30 menit.
6. Siapkan daun pisang selagi menunggu beras ketan. Olesi daun pisang dengan minyak kelapa atau minyak goreng biasa.
7. Kepal-kepallah beras ketan menjadi memanjang menyerupai bentuk bambu yang panjang sekitar 15 – 20 cm. Letakkan ke atas daun pisang tadi dan gulunglah. Kemudian, setiap ujung daun ditusuk dengan lidi kecil sebagai pengikat.
8. Setelah selesai, kukuslah lemang ke atas panci selama satu jam agar lemang tidak gampang basi. Kemudian, diangkat dan bakarlah di atas teflon atau grilled pan sampai daun pisangnya terlihat cokelat.
9. Lalu, angkat lemang dan dinginkan selama 6 jam agar bisa terpotong dan padat.

Baca juga: Resep Opor Ayam Kuah Putih, Sajian Sedap Khas Lebaran

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

D'Masiv Siapkan Banyak Kejutan dalam Konser Dua Dekade

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Tempat Makan Soto Betawi di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: