Ilustrasi wanita Indonesia (Sumber gambar: Cok Wisnu/Unsplash)

Sejarah & Cara Sederhana Memperingati Hari Kartini 2023, Yuk Jadi  Kartini Masa Kini

21 April 2023   |   12:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

2. Mengenakan Pakaian Tradisional

Selain hobi membaca buku, Kartini dikenal dengan dengan model kebaya yang sangat identik dengannya. Dikutip dari situs PLN, buku Ethnic Dress in the United States oleh Annette Lynch dan Mitchell D. Strauss menuliskan Kebaya Kartini sebagai identitas busana yang memang melekat dan khas pada Kartini.

Kamu bisa menggunakan kebaya, pakaian tradisional daerah, atau baju dengan ornamen wastra Indonesia seperti batik, tenun, dan sebagainya. Untuk para cowok, kamu juga bisa memperingati hari Kartini dengan menggunakan pakaian batik.
 

3. Jadi Relawan

Tak ada salahnya untuk menjadi relawan satu hari pada momen peringatan Hari kartini. Bergabunglah dengan komunitas wanita atau lomunitas pendidikan untuk menyemarakkan semangat perempuan atau mengajar siswa sekolah di tempat terpecil.

Selain merayakan momen Hari Kartini, kamu juga bisa mendapat pengalaman mengenai dunia pendidikan di pelosok. Kamu juga menjadi jembatan untuk menggelorakan semangat ilmu pengetahuan bagi generasi wanita selanjutnya yang tinggal di daerah terpecil.
 

4. Mengumpulkan Donasi

Cara lain yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari kartini adalah dengan mengumpulkan donasi yang didedikasikan untuk dunia pendidikan. Kamu bisa membuka donasi kepada teman dan media sosial untuk pembangunan sekolah, keperluan peralatan sekolah, dan sebagainya.

Donasi juga bisa diberikan untuk mendukung gerakan yang memperjuangkan hak-hak perempuan. Misalnya komunitas pengajar wanita, penggerak perkumpulan wanta di desa-desa, dan sebagainya. Bagi Genhype yang berprofesi sebagai donation streamer, kamu berpeluang besar untuk membuka jalan donasi kepada orang yang membutuhkan ini loh!
 

5. Berbagi Cerita dengan Ibu

Berbagai cerita dengan ibu merupakan cara sederhana yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Kartini. Menelepon ibu, menyempatkan waktu khusus bersama ibu, membelikan makanan kesukaannya, semua hal bisa dilakukan untuk menyenangkan ibumu pada hari spesial untuk perempuan ini.

Tak lupa, kamu bisa berbagai cerita kepada ibu tentang bagaimana kehidupan wanita Indonesia saat masa remajanya. Berbagi kisah tentang pendidikan wanita pada zaman dahulu dan bagaimana semangat wanita memperjuangkan hak-haknya pada masa lalu.


Editor: Indyah Sutriningrum
1
2


SEBELUMNYA

Cek Jadwal Operasional KRL pada Momen Lebaran 2023

BERIKUTNYA

Lebaran Enggak Mudik? Cek 6 Wisata Alternatif Sekitar Jakarta Selain Puncak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: