Moobin ASTRO (Sumber gambar: Fantagio)

Profil Moonbin Astro, Aktor Cilik yang Kariernya Melejit di Industri Hiburan Korsel

20 April 2023   |   11:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Kabar meninggalnya Moonbin, member dari ASTRO pada Rabu (20/4/2023) mengejutkan dunia hiburan Korea Selatan. Kepergian Moon BinMoonbin yang mendadak tersebut menambah pukulan dalam bagi para member ASTRO setelah resmi ditinggal oleh anggota lainnya, Rocky yang memutuskan keluar dari grup pada Februari 2023 lalu.

Grup di bawa agensi Fantagio yang mulanya beranggotakan 6 orang itu kini menyisakan 4 orang saja setelah hengkangnya Rocky dan meninggalnyaMoonbin. Tubuh Moonbinn yang tak bernyawa ditemukan di kediamannya dan telah dikonfirmasi oleh Kantor Polisi Gangnam, Seoul, Korea Selatan.

Baca juga: Agensi Konfirmasi Kematian Moonbin Astro, Konser di Jakarta Batal Digelar

Terlebih, pria berusia 25 tahun ditemukan meregang nyawa oleh sang manajernya sendiri. Pria kelahiran 26 Januari 1998 itu seharusnya akan melakukan fan meeting di Indonesia pada 13 Mei 2023. Fan meeting ini membawa Moonbin dan Sanha, sub-unit yang dibentuk di bawah naungan Fantagio.

Keduanya pun sudah memulai debut dengan mini album bertajuk In-Out pada September 2020 lalu.  Dengan berat hati, promotor yang membawa Moonbindan Sanha yakni Lumina Entertainment pun resmi membatalkan 2023 MOONBIN&SANHA FAN CON TOUR: DIFFUSION IN JAKARTA yang rencananya akan berlangsung di The Kasablanka Hall tersebut.
 

Meniti Karier Sejak Kecil

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ?? (@moon_ko_ng)


Tak sedikit penggemar yang menganggumi Moonbin jauh sebelum dia menggeluti dunia tarik suara. Pasalnya, idola yang lahir di Chungbuk, Korea Selatan ini mulanya merupakan pemeran anak untuk drama Korea populer berjudul Boys Before Flowers. Moonbin berperan sebagai Kim Bum di masa kecil untuk serial ini.

Semasa kecilnya, dia juga aktif berkarier dalam dunia model. Tepat pada 2004, dia memulai karier modelnya di usia belia. Bahkan Moonbin pernah membintangi Samsung CF. Dia juga pernah muncul di video klip TVXQ berjudul Balloons dan membintangi SBS Star King di masa kecilnya.

Pada 2012, Moonbin mengikuti audisi pencarian bakat remaja bertajuk Fantagio iTeen’s Audition yang juga mendapuk Kang Chanhee dan Lee Jaesung sebagai model. Satu tahun setelahnya, Moonbin mengikuti Winter Audition bersama Dong-min dan dua bintang iTeen yakni Hyon-ju dan Sieun.

Moonbin kembali terlihat akting untuk beberapa drama Korea seperi Perseverance Goo Haera (2015), To Be Continued (2015), Moments of 18 (2019), dan terakhir serial drama bertajuk Mermaid Prince yang tayang pada 2020.


Training Selama 7 Tahun

Di balik kesuksesannya dalam dunia hiburan, tak dapat dipungkiri jika nama Moonbin mulai besar saat menjajal dunia hiburan K-Pop. Bukan perjalanan mudah baginya hingga menjadi idola yang memiliki nama besar. Diperlukan waktu setidaknya 7 tahun hingga akhirnya Fantagio mendebut Moonbin bersama ASTRO.

Setelah waktu yang lama, Moonbin akhirnya memulai debutnya sebagai penyanyi pada 2016 bersamaan dengan perkenalan ASTRO kepada publik. Moonbin bersama member lainnya debut dengan peluncuran album mini bertajuk Spring Up dengan single utama Hide&Seek. Mereka disambut baik hingga album perdana itu bertengger di Top 10 Billboard World Albums Chart 2016 di Amerika.


Sosok yang Ramah

Semasa hidupnya, Moonbin dikenal sebagai sosok yang supel dan ramah. Penyuka warna hitam ini berteman baik dengan Sungkwan dari boy group SEVENTEEN. Bisa dibilang, Moonbin punya banyak teman di luar ASTRO dan agensi Fantagio yang membesarkannya.

Sejak kecil, Moonbin juga sudah berteman dengan SinB GFriend, SF9 Chani, hingga Chan iKON. Ketiganya populer sebagai idola di industri hiburan K-Pop. Moonbin bahkan berteman baik dengan Jungkook BTS setelah dkenalkan oleh Seoham KNK dalam agenda lomba multi-olahraga di televisi swasta Korea Selatan bertajuk Idol Star Athletics Championships (ISAC).


Saudara dari Moon Sua

 
 

Tak banyak yang tahu jika Moon Bin merupakan saudara kandung dari Moon Sua, idol yang dikenal untuk girl group asal Korea Selatan bernama Billlie. Grup itu dibentuk Mystic Story pada 2021 dan menempatkan Moon Sua sebagai rapper. Wanita berusia 23 tahun ini merupakan adik kandung perempuan dari Moonbin yang sudah memulai debutnya di kompetisi rapper Unpretty Rap Star Vol.2 pada September 2015.

Jika Moonbin bergabung dengan Fantagio, Moon Sua bergabung dengan agensi yang menaungi BLACKPINK yakni YG Entertainment. Namun sama seperti kakaknya, Moon Sua menjadi trainee di agensinya selama 7 tahun sebelum akhirnya debut bersama Billlie. Wanita kelahiran Cheongju-si itu sudah menjalani masa training saat usianya masih 11 tahun.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Rusdy Rukmarata Sang Penari Penggerak Generasi Muda

BERIKUTNYA

Bacaan Niat Salat Gerhana Matahari, Amalkan di Daerah Lintasan Gerhana Hari Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: