Ilustrasi menata hampers (Sumber gambar: Bench Accounting/Unsplash)

Cukup Mudah, Cek 5 Langkah Menata Hamper Lebaran Sendiri

19 April 2023   |   17:05 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Hamper semakin bertebaran mendekati Hari Raya Idulfitri. Bingkisan hadiah ini biasanya berisi makanan atau peralatan tertentu yang dikirimkan kepada sanak saudara dan teman dekat sebagai bentuk kegembiraan Lebaran. Hamper juga diberikan sebagai tanda perhatian dengan orang tersayang.

Khususnya pada momen Lebaran, hamper biasanya dikemas dengan isian kue-kue lebaran, alat ibadah, atau suvenir peralatan makan. Bahkan, jasa untuk mengemas dan menata hamper juga semakin dibanjiri pesanan. Namun, tak sedikit pula orang yang memilih menata hampers sendiri untuk orang terdekatnya.

Bagi Genhype yang sedang mencari inspirasi kemasan hamper, sebaiknya perhatikan dulu beberapa tip menata parsel supaya menarik! 

Baca juga: Minat Beli Hampers Lebaran Masih Tinggi, Ini Barang Pilihan untuk Bingkisan
 

1. Tetapkan Bujet

Sebelum memilih isian hamper, ada baiknya kamu menetapkan dulu besaran bujet untuk satu buah hamper. Karena umumnya parsel hadiah ini tidak dikirimkan ke satu orang saja, bijak dalam menentukan bujet ini sangat diperlukan biar kantongmu tetap aman. 

Misalnya dalam satu kemasan hamper, tetapkan besaran dana Rp200.000. Kemudian hitung dan sesuaikan dengan jumlah orang yang ingin kamu berikan hamper  ini. Jangan lupa untuk mencatat dana pengeluarannya ya!
 

2. Buat Daftar Nama

Langkah kedua yang tak boleh dilewatkan adalah menulis daftar nama orang-orang yang akan diberikan hamper. Daftar nama ini membantu supaya tidak ada orang yang terlewat saat kamu memberikan hamper. Kamu juga bisa menentukan prioritas nama yang ingin diberikan hadiah lebih dahulu.

Selain supaya enggak kelupaan, daftar nama bisa dibuat dalam bentuk checklist. Jadi Genhype sudah tahu nih siapa yang sudah mendapat hamper dan belum. Kamu bisa mengisinya dimulai dari kerabat atau keluarga, disusul dengan teman-teman terdekat. 


3. Pilih Tema dan Jenis Barang

Menentukan tema dan jenis barang yang akan dimuat dalam hamper tak kalah penting. Kesenangan seseorang saat membuka hamper bergantung pada tampilan dan jenis barang yang sesuai untuk setiap individu. Jadi, isi hamper untuk setiap orang tak melulu harus sama ya Genhype!

Kamu bisa menyesuaikan dengan warna kesukaannya, barang yang menyangkut dengan hobinya, atau barang yang mungkin sangat dibutuhkan dan memiliki kesan berarti untuk orang tersebut. Semakin personal hamper untuk orang terdekat, maka pasti akan semakin berkesan!
 

4. Pilih Kemasan yang Tepat

Satu hal yang kerap menjadi masalah saat menata hampers adalah overloaded atau kelebihan muatan. Biasanya hal ini terjadi karena kita kurang memperhatikan dimensi barang dan kesesuaiannya dengan wadah atau kemasan yang dipilih.

Untuk itu, Genhype tidak boleh lupa untuk mengira barang yang akan dimuat ke dalam kemasan hamper. Misalnya untuk mengisi hampers dengan gelas mug, pastikan memilih kotak hamper dengan dimensi besar. Bisa juga menggunakan tas mug berbentuk serut supaya lebih mudah saat memberikan hadiahnya. 
 

5. Tentukan Pengiriman

Sebetulnya tidak ada aturan khusus mengenai kapan hampers dikirimkan. Namun, sebagian besar orang mulai melakukan pengiriman hampers sekitar satu pekan jelang lebaran. Maka sebaiknya, kamu sudah mulai menyiapkan hampers pada pekan ketiga saat Ramadan supaya enggak terburu-buru.

Tentukan pula soal bagaimana hampers akan diberikan. Apakah Genhype ingin memberikannya secara langsung agar lebih personal, atau menggunakan jasa kurir supaya lebih efisien. Keduanya tak ada yang salah. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan ya! 

Baca juga: Rekomendasi Ucapan Hampers Lebaran 2023, Mendalam & Penuh Makna

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kenali Kadar dan Fungsi SPF di Tabir Surya

BERIKUTNYA

Enggak Bisa Sembarangan, Begini Cara Aman Menyaksikan Gerhana Matahari Hibrida

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: