Ilustrasi daging sapi rump (Sumber gambar: Sam Field/Unsplash)

6 Jenis Potongan Daging Sapi Rump untuk Berbagai Jenis Masakan

18 April 2023   |   20:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Daging sapi sudah biasa kita temui sehari-hari sebagai hidangan protein. Bahkan menjelang lebaran, daging sapi kerap dijadikan masakan khas untuk menemani sajian ketupat. Rupanya, daging sapi memiliki jenis-jenis potongan yang spesifik untuk setiap hidangan.

Namun, ada salah satu potongan yang terbilang serbaguna untuk berbagai jenis masakan. Dengan jenis daging ini, kita bisa memasak berbagai hidangan tanpa perlu khawatir daging menjadi alot. Misalnya, potongan tajung atau rump yang bisa dimasak sesuai selera. Rump dapat diiris utuh menjadi steak atau didubrpimasikan untuk mendapat potongan dengan berbagai tekstur dan kelembutan.

Baca juga: Resep Sop Daging Sapi, Ide Mengolah Daging Kurban yang Praktis

Rump berada di antara sirloin dan again atas yang bentuknya berupa primal berotot lia tanpa tulang. Jenis potongan daging rump ini memiliki beberapa jenis tekstur yang bisa disesuaikan untuk memasak jenis hidangan tertentu. Dilansir dari Aussie Meat Academy, simak enam potongan daging sapi rump yang perlu diketahui!
 

Potongan daging rump (Sumber gambar: Andrew Relf/Unsplash)

Potongan daging rump (Sumber gambar: Andrew Relf/Unsplash)

 

1. Rump Steak

Rump steak diambil dari bagian tanjung dengan potongan serat otot yang lebih banyak. Teksturnya yang tender dan juicy sangat cocok dijadikan masakan steak. Namun tak hanya steak, potongan ini juga cocok untuk ditumis setelah diris menjadi potongan. Kamu juga bisa membuat potongan dadu sebagai isian kebab dengan jenis daging ini.
 

2. Rump Roast

Rump roast berbentuk ramping dan ekonomis. Sisi dalamnya berserat tetapi sisi luarnya sedikit berlemak, sehingga sangat cocok untuk hidangan dengan hasil yang tender-juicy. Potongan ini cocok digunakan untuk memasak dalam jumlah besar, seperti hidangan lebaran. Saat danggang dalam oven, potongan rump roast bisa dipotong tipis berlawanan dengan serat. Tujuannya gagar kelembutan daging lebih maksimal.
 

3. Rostbif

Rostbif terkenal sebagai jenis potongan daging terbaik di beberapa negara di dunia. Lantaran cita rasanya yang khas, rostbif kerap dijadikan hidangan khusus di beberapa negara. Biasanya, roastbif dimasak dengan metode panggang utuh di dalam oven panas. Untuk hidangan barbekyu, potongan rostbif disbeut paling cocok. Potongan ini dibumbui untuk menjadi steak, atau bisa diisis tipis untuk membuat tumisan daging sapi yang lembut dan lezat.
 

4. Rump Cap

Potongan rump cap juga dianggap menjadi salah satu yang terbaik selain rostbif. Jenis potongan ini populer di kawasan Amerika Selatan, terutama Brasil. Rump cap dinilai memiliki rasa yang kas, seingga tak mebutukan banyak bahan untuk memasaknya. Bisa dipanggang utuh dalam oven panas, dijadikan hidangan barbekyu, steak, atau tumis daging sapi yang empuk dan lezat dengan cara mengiris menjadi potongan tipis.


5. Rump Centre Steak

Seperti namanya, bagian rump ini berada di tengah-tengah. Bentuknya ramping dan berisi otot yang minim lemak tetai tetap lembut. Jenis daging ini cock dimasak dalam waktu cepat, misalnya tumisan di wajan panas atau barbekyu.

Aussie Meat Academy tidak menyarankan untuk asal potong untuk jenis daging ini. Potong lebih dari 1,5 cm agar dagingnya bisa matang dengan cepat. Usahakan tidak memasaknya lebih dari tingkat kematangan medium-rare karena jenis dagingnya yang lembut dan cepat matang. Rump center steak juga bisa dimasak sebagai idangan tumis daging dengan mengiris tipis-tipis.
 

6. Rump Medallion

Potongan rump medallion menjadi jenis potongan yang menarik di antara rump lainnya. Salah satu dari lima otot yang membutuk seluruh bagian rump, eye of rump adalah otot pendek, ramping dan membentuk batang kayu. Bagian inilah yang disebut sebagai rump medallion. Bentuknya bundar seperti medali dengan sisi yang rata.

Medallion cocok untuk dimasak cepat di atas permukaan yang panas, seperti barbekyu. Potongan yang terbilang serbaguna ini bisa diiris untuk tumisan. Bisa pula dipotong dadu untuk direbus atau casserole. Medallion bisa disimpan utuh dan diikat dengan tali untuk membuat bentuk yang sama untuk dipanggang. Hidangan populer yang kerap menggunakan potongan ini adalah beef wellington.

Baca juga: Yuk Cicipi Bistik Daging Sapi yang Empuk & Lezat, Ini Resepnya

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Rekomendasi 5 Tempat Makan Soto Betawi di Jakarta

BERIKUTNYA

3 Fakta Tentang Ari Wibowo, Pernah jadi Anggota Boyband

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: