Ilustrasi kulit (Sumber gambar: Fleur Kaan/Unsplash)

Mengenal Skin Fasting, Benarkah Kulit Juga Butuh Puasa?

16 April 2023   |   19:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Untuk itu, disarankan agar tetap memperhatikan nutrisi dasar untuk kulit yang sesuai dengan jenis, kebutuhan, dan permasalah kulitnya. Penggunaan skincare bertujuan untuk menjaga fungsi kulit dari potensi kerusakan. Skin care dapat digunakan sebagai pelindung yang efektif. Hindari efek yang tidak diinginkan dengan menggunakan basic skincare yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Hindari pula penggunaan skin care yang berpotensi mengembalikan pola asli kulit yang semakin mendukung kulit berminyak, kusam, atau berjerawat.
 

3. Konsultasi dengan Ahli Kulit

Karena memahami permasalahan kulit merupakan kunci, pastikan untuk melibatkan ahli kulit sebelum memutuskan menjalankan skin fasting. Dara Ayuningtyas mengungap, bahwa memahami jenis dan permasalahan kulit merupakan kunci untuk terus mendapatkan kondisi kulit yang sehat. Jangan asal, sebaiknya konsultasikan permasalahan kulit ini pada dermatologis agar mendapat saran terbaik sesuai yang dibutuhkan.

Dia juga menyebutkan untuk berhati-hati dalam mempraktikkan tips kencantikan yang ada di internet secara mentah-mentah. Beauty Index 2023 memang mencatat bahwa Instagram dan TikTok menjadi platform favorit wanita Indonesia dalam mengonsumsi konten kecantikan. Pengguna bisa menemukan beragam tren kencatikan seperti skin cycling hingga skin fasting di media sosial dengan mudah. Meski ini terbilang tren positif, ahli menyarankan untuk mempelajarinya dengan teliti sebelum mempraktikkannya.
 

4. Pengaruh Skin Fastig Sambil Berpuasa

Jika hasil konsultasi dengan dermatologis menyebutkan skin fasting bisa dilakukan untuk jenis kulitmu, maka kamu tak perlu khawatir melakukan skin fasting sembari berpuasa di bulan Ramadan ini. “Puasa justru memberikan dampak yang baik bagi tubuh karena terdapat perubahan metabolisme yang menambah kadar antioxidan dalam tubuh. Pertambahan antioksidan inilah yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit,” terang Dara Ayuningtyas.

Maka, kamu tak perlu mengkhawairkan adanya dampak negatif melakukan skin fasting sambil berpuasa jika sudah direkomendasikan oleh ahli kulit. Meski demikian, kita tetap tak boleh sembarangan melakukan skin fasting sambil berpuasa. Dara Ayuningtyas menambahkan, menjalankan pola makan yang baik, istirahat yang cukup, dan olahraga tertaur juga turut menjaga kesehata kulit selamaa berpuasa.

Tak lupa juga, konsumsi jenis makanan berserat dengan kandungan antioksidn tinggi seperti buah dan sayur pun tak boleh dilewatkan. Jika dibutuhkan, kamu bisa mengonsumsi suplemen oral dan menambahakan serangkaian perawatan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.
 
1
2


SEBELUMNYA

Hypereport: Kisah Para Penjaga Hari Raya

BERIKUTNYA

Mau Coba Olahraga Tenis Lapangan? Ini Teknik-Teknik Dasar yang Wajib Dipahami Pemula

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: