Ilustrasi mencintai diri sendiri. (Sumber gambar : Freepik/Prostooleh)

5 Kiat Membangun Self-love untuk Hidup yang Lebih Chill

16 April 2023   |   06:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

2. Pasang Batasan yang Jelas

Khususnya untuk kaum hawa, penting untuk menetapkan batasan yang jelas termasuk dengan pasangan. Pandai-pandailah membaca red flag dalam menjalin hubungan. Sebagai contoh, jika dalam tiga bulan pasangan kamu berbuat kasar, beri dia peringatan untuk tidak mengulanginya. Jika hal tersebut terulang lagi, tidak ada toleransi lagi untuk meninggalkannya.

“Dengan pasang batasan, orang jadi respect. Kalau dilanggar, kasih konsekuensi yang jelas. Kalau dia respect, kamu jadi happy,” tutur Kei. 


3. Fokus dengan Kekuatan dan Kelebihan

Setiap orang memiliki kekuatan dan kelebihan. Ketika kamu sudah menunjukkan kekuatan dan kelebihan seperti bisa menyelesaikan tugas dengan baik serta tepat waktu, pujilah diri kamu sendiri. Jangan suka menganggap diri bodoh atau tidak mampu karena bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri.

“Ketika berhasil melakukan sesuatu, misal berhasil lari 30 menit, kasih pujian ke diri sendiri, kemudian kasih hadiah sekalipun itu beli boba [minuman manis]. Kasih self reward,” jelas Kei.


4. Prioritaskan Kebutuhan dan Kebahagiaan Diri Sendiri

Tidak sedikit dari kita berupaya keras membahagiakan dan memenuhi kebutuhan pasangan, orang tua, ataupun keluarga. Namun, kita lupa untuk membahagiakan dan mencukupi kebutuhan diri sendiri. 

Padahal menurut Kei, membahagiakan dan memenuhi kebutuhan diri sendiri sangat penting untuk menimbulkan kebahagiaan untuk diri kita. Justru dengan kita bahagia, kamu akan bisa menemukan cara yang tepat untuk membahagiakan orang lain.

Kei mengatakan kondisi emosi dapat mempengaruhi cara berpikir dan pengambilan keputusan yang lebih jernih serta sehat. Kamu pun tidak perlu menuntut pasangan untuk memberikan kebahagiaan. “Kalau kamu santai, hubungan akan enak. Bisa memberi dan menerima cinta dengan cara yang sehat,” tegasnya. 


5. Berbicaraa dengan Diri Sendiri

Cara untuk membangun self-love adalah berbicara dengan diri sendiri. Cukup pejamkan mata, berbicara lah dengan jiwa yang ada di dalam diri kamu. Peluk diri dengan erat dan katakan kalau semua akan baik-baik saja.

Kamu sudah hebat melalui segala masalah dan persoalan. Bangun semangat untuk diri sendiri bahwa kamu bisa menghadapi hidup lebih baik lagi ke depannya dengan lebih baik tanpa harus ada paksaan. 

Semangat mencoba membangun self-love ya, Genhype. Semoga hidup kamu lebih bahagia!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 
1
2


SEBELUMNYA

5 Kegiatan yang Bikin Rebahan Jadi Bermanfaat dan Produktif

BERIKUTNYA

Ide Dekorasi Ruang Tamu & Ruang Makan yang Ciamik Untuk Sambut Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: