Ilustrasi dehidrasi. (Dok. Yogendra Singh dari Unsplash)

5 Makanan & Minuman Ini Efektif Mencegah Dehidrasi

16 July 2021   |   09:25 WIB

3. Buah melon.
Buah-buahan yang termasuk dalam kategori melon seperti buah melon hijau atau honeydew dan melon cantaloupe memiliki kandungan air yang tinggi sehingga menjadi makanan yang cocok di kala tubuh mengalami dehidrasi.

Untuk menikmatinya, Genhype bisa memotong melon yang kemudian ditaruh di kulkas atau bisa juga diletakkan di dalam freezer sehingga bisa dikonsumsi layaknya permen ketika mengalami mual.

4. Smoothies.
Jus ini bisa dibuat dengan menyiapkan buah dan/atau sayuran serta menambahkan bahan dasar cairan seperti susu, jus, dan teh tawar. Kadang dalam pembuatannya, susu bisa diganti dengan susu berbasis nabati (mis. susu kedelai dan susu almond) atau bubuk protein serta bisa ditambahkan yogurt sebagai sumber protein,

Dengan rasanya yang manis alami dan kental, smoothies bisa jadi minuman yang disesuaikan dengan preferensi pribadi dalam proses pembuatannya. Tidak hanya bisa meredakan dehidrasi, smoothies juga punya kandungan gizi lain berdasarkan bahan buah dan sayuran yang digunakan.

Misalnya vitamin C bisa didapat ketika smoothie yang dikonsumsi mengandung buah-buahan beri yang bisa membantu daya tahan tubuh serta berperan dalam dehidrasi akibat demam atau infeksi pada tubuh. Ada pun jahe dan daun mint bisa membantu tubuh ketika mengalami mual.

5. Susu.
Segelas susu bisa membantu meredakan dehidrasi sekaligus memberikan manfaat kesehatan dari kandungan protein, karbohidrat, lemak, dan elektrolit. Selain itu, susu juga bisa membantu orang-orang yang mengalami nafsu makan rendah atau mual.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

The Conjuring: The Devil Made Me Do It sudah Bisa Ditonton lewat CATCHPLAY+

BERIKUTNYA

Halo Survivors, Dukung Ya Pro Player Esports Merah Putih Berjuang di Free Fire All Stars 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: