Resep Mille Crepes (sumber gambar:Unsplash/MilleCrepes)

Resep Mille Crepes, Ide Makanan untuk Mengisi Waktu Ngabuburit

27 March 2023   |   18:30 WIB

Like
Bagi kalian penggemar makanan manis, pasti sudah tidak asing dengan makanan cantik yang menggugah selera satu ini. Cake klasik dari Prancis yang mulai viral beberapa belakang waktu ini di Indonesia, terbuat dari susunan crepe yang ditumpuk hingga berlapis - lapis dan diberi lapisan cream, hingga membentuk sebuah kue.

Baru kemudian susunan crepe ini dihias seperti cake dan dipotong berbentuk segitiga. Mille crepes berasal dari frasa “mille-feuilles” yang berarti a thousand leaves karena memiliki lapisan yang banyak (sekitar 20 lapis). 

Di pasaran, mille crepes dijual dengan rasa yang beraneka ragam dan warna yang menarik. Seperti rasa oreo, matcha, red velvet, lotus, tiramisu hingga rasa yang sudah sering digunakan untuk sebuah kue seperti cokelat.

Baca juga: Resep Mille Crepes, Kue Lapis Cita Rasa Manis Khas Prancis

Walaupun kebanyakan orang-orang mengetahui mille crepes dari Prancis, namun faktanya cake ini dibuat oleh seorang pembuat kue atau chef pastry bernama Emy Wada yang berasal dari Jepang. Dirinya lebih dikenal dengan nama Lady M di dunia kuliner.

Dilansir dari PergiKuliner, pembuatan mille crepes ini ternyata terinspirasi dari cara pembuatan mille feuille (kuliner khas Italia). Ketika Emy Wada melihat cara pembuatan mille feuille yang berlapis-lapis, ia pun ingin membuat cake yang serupa dengan metode tersebut. Dari situlah, Emy Wada kemudian mencoba untuk membuat inovasi baru  dan akhrinya terciptalah mille crepes.

Nah bagi Genhype yang bingung untuk mengisi waktu ngabuburit saat bulan puasa, membuat mille crepes di rumah dengan orang yang disayang adalah salah satu solusi yang bisa kalian lakukan. 

Apalagi membuat kue yang satu ini, sangatlah praktis dan mudah. Tanpa menggunakan oven, kalian sudah bisa mendapatkan dessert mewah ala cafe mahal.

Apa saja sih bahan dan cara pembuatannya? yuk simak resep simple ala Auralia Flaviana mahasiswa pastry sekaligus pemilik bisnis mille crepes.

Bahan Crepes

  • 15 sdm tepung terigu (flour)
  • 5 sdm gula pasir (sugar)
  • 4 sdm margarin
  • 500 ml susu (fresh milk)
  • 3 butir telur (egg)
  • 200 gr whipped cream 
  • 3 sdm icing sugar 
  • Bahan tambah perasa makanan


Cara Pembuatan

  1. Campurkan semua bahan (tepung terigu, gula pasir, margarin, susu dan telor) lalu campur menggunakan mixer hingga rata.
  2. Saring adonan untuk menghindari adanya gumpalan adonan yang tidak teraduk.
  3. Takar adonan sebanyak satu centong (ladle) dan masak menggunakan teflon anti lengket hingga membentuk layer tipis.
  4. Kocok whipped cream hingga kaku.
  5. Tambahkan perisa dan gula halus (icing sugar).
  6. Susun crepes yang telah dibuat dengan cream secara bergantian hingga adonan dan cream habis.
  7. Cover mille crepes lalu hias sesuai dengan rasa yang diinginkan.
Bagaimana Genhype, mudah dan praktis bukan untuk membuat dessert cantik satu ini? Selagi menunggu berbuka puasa, yuk re-cook resepnya !

Baca juga: Cocok buat Brunch, Yuk Bikin Crepes Krim Kayu Manis ala Joshua Weissman

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Begini Kata Rifat Sungkar Soal Elektrifikasi Mobil di Indonesia

BERIKUTNYA

3 Kiat Jaga Produktivitas pada Bulan Puasa ala Kreator Konten Vina Muliana

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: