Nintendo 3DS (Sumber gambar: Mike/Pexels)

Nintendo 3DS dan Wii U eShop Resmi Tutup Per Hari Ini

27 March 2023   |   12:48 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Perusahaan teknologi game, Nintendo mengumumkan akan menutup eShop untuk Nintendo 3DS dan Wii U per Senin (27/3). Kabar itu diperkuat dengan catatan penting di situs Nintendo mengenai penjualan untuk Wii U dan Nintendo 3DS.

“Mulai akhir Maret 2023, pembelian Nintendo eShop untuk Wii U dan keluarga sistem Nintendo 3DS tidak dapat lagi dilakukan,” tulisnya. Dilansir dari situs Nintendo, penghentian untuk Nintendo 3DS dan Wii U eShop mkan membuat kartu kredit tidak bisa digunakan untuk menambah dana ke akun per 23 Mei 2022 lalu.

Penghentian Nintendo 3DS dan Wii U juga berlaku untuk Nintendo 3DS Baru, Nintendo 3DS XL Baru, Nintendo 2DS XL Baru, Nintendo 3DS, Nintendo 3DS XL, Nintendo 2DS, Wii U Deluxe, dan Wii U Basic.

Baca juga: The Legend of Zelda: Tears of The Kingdom Siap Meluncur Mei 2023 di Nintendo Switch

Kartu Nintendo eShop juga tak bisa digunakan untuk menambahkan dana ke akun di Wii U atau sistem Nintendo 3DS per 29 Agustus tahun lalu. Nintendo perlahan menghentikan satu demi satu layanan menuju penutupan Nintendo 3DS dan Wii U eShop.

Mulai tahun lalu, pengguna menggunakan saldo bersama untuk membeli konten di sistem Wii U atau Nintendo 3DS dengan menautkan ID Nintendo dengan dompet ID Jaringan Nintendo yang dimiliki. Pembelian masih bisa dilakukan hingga hari ini, 27 Maret 2023.

Nintendo 3DS (Sumber gambar: Dids/Pexels)

Nintendo 3DS (Sumber gambar: Dids/Pexels)


Setelahnya, saldo yang ada di dompet jaringan Nintendo 3DS dan Wii U hanya bisa digankan untuk membeli konten sistem Nintendo Switch. “Semua Kartu Nintendo eShop dapat digunakan untuk menambahkan dana ke saldo Akun Nintendo untuk digunakan pada rangkaian sistem Nintendo Switch. Ini dapat dilakukan melalui Nintendo eShop di sistem itu sendiri atau melalui browser web di My Nintendo Store,” jelas narasi Nintendo mengenai penutupan eShop Wii U dan Nintend 3DS.

Mengenai perubahan ini, Nintendo menjamin tidak aka nada perubahan untuk Nintendo eShop pada sistem Nintendo Switch. “Perubahan pada Nintendo eShop di Wii U dan keluarga sistem Nintendo 3DS akan secara bersamaan berlaku dalam perangkat lunak pada platform ini yang memungkinkan untuk melakukan pembelian, seperti StreetPass Mii Plaza, Theme Shop, dan Nintendo Badge Arcade,” bunyi pernyataan Nintendo.

Game dan DLC masih bisa diunduh ulang, menerima pembaruan software, dan bermain di jaringan Wii U atau Nintendo 3DS setelah 27 Maret 2023. Jadi, hanya penjualan dari eShop saja yang dihentikan. Maka pengguna tidak bisa lagi membeli konten apapun, termasuk memuat konten berbayar, permainan dan pass dalam perangkat lunak seperti Pokemon Bank. 

Mengenai kartu Nintendo eShop, kartu-kartu masih terus dijual eceran selama persediaan ada. Jadi, kartu di pengcer yang menampilkan logo Wii U dan Nintendo 3DS tetap beredar.

Baca juga: 5 Fakta Unik Super Nintendo World Universal Studio Jepang, Ada Buger Ikonik & Semesta Virtual Super Mario

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Kiat-kiat Menyajikan Iklan di Ponsel yang Sesuai Preferensi Pengguna, Ini Teknologi yang Digunakan

BERIKUTNYA

Drawing Piala Dunia U-20 Dibatalkan, Bagaimana Status Indonesia Sebagai Tuan Rumah?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: