Stardew Valley (Sumber gambar: Steam)

Spesifikasi Stardew Valley, Game PC Simulasi RPG Bertema Kehidupan Desa

24 March 2023   |   08:24 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sejak seri game Harvest Moon meluncur, tak bisa dipungkiri jika banyak developer game yang turut terinspirasi dengan game serupa. Misalnya saja Stardew Valley yang mengangkat permainan simulasi bertema kehidupan desa. Meski sudah rilis sejak 2016, belakangan game ini kembali digandrungi dan dimainkan banyak YouTube gamers. Game yang dikembangkan dan dipublikasi oleh ConcernedApe ini cukup menarik perhatian.

Di platform Steam, Stardew Valley berhasil meraih review Overwhelmingly Positive dari lebih 400.000 gamers. Kategori ulasan yang sangat positif tersebut juga berhasil menghantarkan Stardew Valley  sebagai The Steam Awards 2017 Winner. Bisa dikatakan, Stardew Valley menjadi satu di anatra pilhan game yang santai untuk melepas penat.

Baca juga: Game Lokal Troublemaker Siap Rilis Akhir Maret 2023

Pemain merupakan pewaris lahan pertanian tua dari sang kakek. Lahan itu berada di Stardew Valley. Pemain akan memulai petualangan barunya di sebuah desa. Kamu diberi tugas mengembangkan ladang pertanian menjadi lebih bermanfaat, subur, dan menghasilkan panen yang melimpah.
 

Stardew Valley (Sumber gambar: Steam)

Stardew Valley (Sumber gambar: Steam)



Game bergenre RPG indie ini juga mengajak pemainnya untuk memilihara hewan disamping kegiatan bercocok tanam, memulai kebun, membuat mesin, dan tentunya berinteraksi dengan penduduk sekitar. Stardew Valley juga menggunakan sistem invitational hingga 4 pemain untuk bergabung dan bekerja sama membangun pertanian, dan berbagi sumber daya.

Pemain juga bisa meningkatkan komunitas lokal dengan berinteraksi di wilayah penduduk. Terdapat 30 karakter unik yang tinggal di Stardew Valley. Mirip seperti Harvest Moon, kamu sebaiknya menghafal jadwal harian, ulang tahun, dan hadiah kesukaan. Kedekatan memiliki tahapan hingga akhirnya karakter yang dimainan memiliki hubungan yang lebih tinggi, sehingga penduduk akan sering berkunjung meminta bantuan  untuk masalah pribadi mereka atau abahkan memberi tahu rahasia.

Pemain juga bisa berpartisipasi dalam festival musiman, melalui jalan ke gua misterius, hingga agenda bintang di musim dingin. Terdapat 12 karakter ldengan perkembangan karakter yang unik sebagai pasangan hidup di Stardew Valley. Karakter dan bagian rumahrnya juga dapat disesuaikan dengan aksesoris hingga peralatan dekoratif rumah yang menaik.

Terdapat berbagai level untuk setiap keahlian bertahan hidup di game ini. Misalnya untuk aktivitas bertani, memancing, menambang, hingga bertempur dan mencari makan. Pada tahap yang semakin tinggi, karakternya bisa mempelajari resep memasak, membuat kerajinan baru, hingga membuka area baru untuk dijelajahi. Setiap kenaikan level juga akan menyesuaikan dengan keterampilan sepsisifik dari berbagai profesi.

Dengan segala keunikan game ini, ada beberapa persyaratan sistem yang diperlukan untuk bisa menjalankan game ini di perangkat komuter secaara mulus. Berikut rekomendasi Steam untuk dapat memainkan game Stardew Valley:
  • OS: Windows Vista atau lebih tinggi
  • Prosesor: 2 Ghz
  • Memori: RAM 2 GB
  • Grafik: memori video 256 mb, model shader 3.0+
  • DirectX: Versi 10
  • Penyimpanan: 500 MB ruang yang tersedia

Stardew Valley dijual dengan harga normal RP116.000. Namun saat ini, Steam menyediakan diskon mencapai 30 persen sehingga kamu hanya perlu membayar RP 82.000, dengan harga konten game yang terpisah yaitu Rp33.000.

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Cek Ketentuan Berbuka Puasa di KRL Commuterline Selama Ramadan

BERIKUTNYA

Cara Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: