The Lost King (Sumber foto: IFC Films)

Stephen Frears Berupaya Ulang Kesuksesan Philomena Lewat Film The Lost King

23 March 2023   |   15:13 WIB

The Lost King yang merupakan sebuah film komedi-drama Inggris yang disutradarai oleh Stephen Frears dan ditulis oleh Steve Coogan dan Jeff Pope tayang pekan ini di bioskop Amerika Serikat dan Kanada, bersaing dengan John Wick: Chapter 4 dalam memperebutkan tahta box office.

The Lost King menyatukan kembali tim kreatif di balik film hit film Philomena, dengan sutradara Stephen Frears dan penulis Steve Coogan dan Jeff Pope, sementara Sally Hawkins, Harry Lloyd dan Steve mengambil peran utama.

Seperti diketahui film Philomena yang rilis pada 2013 telah dinominasikan untuk empat Oscar, termasuk Film Terbaik, Aktris Terbaik Judi Dench, Skor Asli Terbaik, dan Skenario Adaptasi Terbaik untuk Coogan dan Pope. Film ini akhirnya meraup lebih dari US$100 juta secara global. Philomena mengangkat kisah soal seorang jurnalis yang membantu seorang wanita dalam mencari putranya setelah beberapa dekade sebelumnya dia hamil dan dipaksa tinggal di biara dan terpisah dari anaknya tersebut.

Adapun The Lost King berdasarkan buku yang rilis pada 2013 berjudul The King's Grave: The Search for Richard III karya Philippa Langley dan Michael Jones.

Dalam kisah nyata yang menginspirasi ini, sejarawan amatir Philippa Langley (Sally Hawkins) percaya dia telah membuat penemuan arkeologi abad ini, yaitu situs pemakaman Raja Richard III yang hilang. Dia yang harus menghadapi perlawanan sejarawan paling terkemuka Inggris, memaksa mereka untuk memikirkan kembali warisan salah satu penguasa paling kontroversial dalam sejarah Inggris tersebut.

Kisah ini merupakan dramatisasi kisah Philippa Langley, wanita yang memulai pencarian untuk menemukan jenazah Raja Richard III yang ditemukan di bawah tempat parkir mobil di Leicester, dan perawatannya oleh Universitas Leicester untuk mengklaim penghargaan atas penemuan tersebut.
 

Dikisahkan Philippa Langley yang tinggal di Edinburgh, telah kehilangan promosi kerja. Dalam kebingungannya, mantan suaminya yang merawat kedua anak remaja mereka, malah menyuruh Langley untuk mempertahankan pekerjaan tersebut karena mereka membutuhkan uang.

Dia kemudian menghadiri drama Richard III, dan mengidentifikasi Richard yang menurutnya difitnah secara tidak adil sebagai bungkuk, pembunuh anak, dan perampas. Dia mulai mendapat pencerahan tentang Richard yang menampakkan diri padanya. Langley kemudian bergabung dengan komunitas lokal bernama Masyarakat Richard III yang percaya bahwa raja tersebut difitnah secara tidak adil oleh propagandis Tudor.

Film tersebut diproduksi oleh Pathé, Baby Cow Productions, BBC Film dan Ingenious Media, dan didistribusikan oleh Pathé di Prancis dan Swiss sebagai distributor mandiri, dan di Inggris melalui Warner Bros. Pictures.

Film ini sempat ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Toronto pada 10 September 2022, dan dirilis di Inggris Raya pada 7 Oktober 2022. Film ini umumnya mendapat ulasan positif dari para kritikus.

IFC Films telah memperoleh hak distribusi di Amerika Utara untuk film tersebut. “Saya senang bahwa The Lost King telah menemukan tempat di Amerika Utara melalui IFC Films. Sangat menyenangkan bekerja lagi dengan Steve dan Jeff dan kami diberkati dengan penampilan luar biasa dari Sally. Toronto selalu istimewa dan sekarang kami memiliki IFC di pihak kami,” kata Frears dalam sebuah pernyataan yang dirilis IFC Films.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Ingin Mudik dengan Tiket Kereta Terjangkau? Ikut Saja Tarif Promo Murah KAI

BERIKUTNYA

Mau Buat Akun Media Sosial Khusus Anak? Pahami Dahulu Hal Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: