Toyota salah satu APM yang memperkenalkan mobil baru (Sumber gambar: Amara Tujuh Perjuangan)

Ini Sejumlah Mobil Baru di Jakarta Auto Week 2023 yang Bisa Dijajal Saat Liburan Akhir Pekan

16 March 2023   |   18:52 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 yang masih berlangsung hingga 19 Maret 2023 dapat menjadi pilihan untuk mengisi liburan akhir pekan bersama keluarga dan orang terkasih. Beragam mobil baru yang diluncurkan oleh agen pemegang merek (APM) dapat menjadi bagian yang tidak boleh dilewatkan.  

Acara yang memasuki tahun kedua ini menampilkan beragam kendaraan roda empat dari agen pemegang merek (APM) anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), baik kendaraan dengan mesin pembakaran internal maupun kendaraan listrik.

GJAW juga menjadi ajang bagi para APM untuk meluncurkan kendaraan baru atau pun facelift yang tidak boleh terlewatkan. Kendaraan baru ini memiliki sejumlah spesifikasi dan tampilan yang jauh lebih segar jika dibandingkan dengan versi yang lawas.

Agen pemegang merek yang meluncurkan atau memperkenalkan produk terbarunya di antaranya adalah Toyota, Lexus, Nissan, Mazda, dan sebagainya. Berikut sebagian mobil – mobil tersebut.
 

Toyota

PT Toyota Astra Motor memperkenalkan mobil baru dan juga membawa kendaraan yang baru diluncurkannya di ajang ini. Kendaraan baru yang diperkenalkan adalah All New RAV4 GR Sport plug in hybrid electric vehicle (PHEV).  

Kendaraan listrik tersebut memiliki sejumlah keunggulan, seperti kapasitas baterai dan tenaga yang lebih besar jika dibandingkan dengan mobil listrik hibrida. Tidak hanya itu, efisiensinya juga lebih baik lantaran bisa menempuh jarak hingga 60 kilometer saat baterai terisi penuh.

 

All New RAV4 GR Sport PHEV (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

All New RAV4 GR Sport PHEV (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)


Sementara itu, mesin bensin yang digunakan adalah mesin dengan ukuran kubikasi mesin 2.500 cc. Fitur yang tersemat dalam kendaraan listrik hibrida colok ini juga diklaim sudah cukup lengkap mengingat segmen yang disasar adalah menengah atas.

Selain itu, manajemen juga membawa All-New Astra Toyota Agya dan Toyota Agya GR Sport. Kendaraan yang diluncurkan pada Februari 2023 itu dibanderol dari Rp167,9 juta hingga Rp256 juta untuk OTR DKI Jakarta.
 

Nissan

Agen pemegang merek lainnya yang meluncurkan kendaraan baru adalah Nissan. Perusahaan asal Jepang ini menghadirkan Nissan New Terra VL 2.5 4x4. Kendaraan ini menjadi kendaraan dengan segmen pasar hobi selain tambang.

 

 Nissan New Terra (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Nissan New Terra (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)


Kendaraan yang dibanderol seharga Rp749,9 juta itu diklaim mengusung teknologi mutakhir, seperti intelligent forward collision warning (IFCW) dan intelligent emergency braking (IEB).  Teknologi ini akan memperingatkan pengemudi akan potensi tabrakan dengan kendaraan yang berada di depan dan melakukan pengereman apabila posisi kendaraan tersebut dinilai sudah terlalu dekat.

Kemudian, intelligent around view monitor (IAVM) dengan moving object detection (MOD). Fitur ini akan menampilkan area sekeliling kendaraan dari tampak atas dan mendeteksi datangnya objek dari belakang.


Lexus


Lexus menjadi agen pemegang merek yang juga meluncurkan kendaraan baru. Di ajang ini, manajemen memperkenalkan kendaraan listrik full baterai All New Lexus RZ.

 

 Lexus RZ BEV (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Lexus RZ BEV (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)


Kendaraan ini memiliki kapasitas baterai sebesar71,4kWh dengan menggunakan baterai jenis lithium-ion, sehingga mempunyai jarak tempuh hingga 400 kilometer.  Tidak hanya itu, thermal management system yang tersemat membuatnya lebih tahan lama dan efisien.

The All New Lexus RZ memerlukan waktu sekitar 90 menit jika menggunakan pengisi daya cepat DC dengan daya 50 kWh dari kondisi low-battery hingga  penuh 100 persen. Jika menggunakan pengisi daya dinding AC dengan daya 7,4 kWh, pengisian ulang baterai memerlukan waktu sekitar 10 jam.
 

Mazda

PT Eurokars Motor Indonesia adalah APM lainnya yang meluncurkan mobil baru di ajang ini. Kendaraan terbaru yang dapat dinikmati oleh pengunjung adalah Mazda MX5 versi manual.
 

Mazda MX 5 - RF Manual (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Mazda MX 5 - RF Manual (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)


Dibanderol seharga Rp849,9 juta untuk OTR DKI Jakarta, kendaraan ini memiliki dapur pacu tipe SKYACTIV-G 2.0 sejajar, 4 silinder DOHC. Kemudian, ukuran kubikasi mesin yang tersemat sebesar 1.998 cc.

Baca juga: Mobil Mewah hingga Supercar Mejeng di Jakarta Auto Week 2023

Tidak hanya itu, kendaraan ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur keamanan seperti antilock brake system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBD), brake assist (BA), dynamic stability control (DSC), dan traction control system (TCS). Selain itu, terdapat juga hill launch assist (HLA), emergency stop signal (ESS), dan rear parking sensors (4-points).

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Kurangi Plastik, Yuk Isi Ulang Produk Pembersih Rumah di Refill Station

BERIKUTNYA

Hari Ini Terbang Ke Jakarta, Treasure Siap Menyapa Teume Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: