Ouzy Camel, menu Ramadan Alila Hotel Solo (Sumber gambar: Dok. Alila Hotel Solo)

Intip Menu Berbuka Puasa Bertema Indonesia hingga Timur Tengah di Berbagai Hotel di Solo

15 March 2023   |   18:39 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, Ramadan akan segera tiba. Berbicara puasa tentu selalu akrab dengan menu berbuka. Mulai dari penjualan yang menjajakan makanan di pinggir jalan hingga hotel berbintang sekalipun sibuk menyediakan menu berbuka puasa yang lezat. Begitupun dengan berbagai hotel-hotel di Solo.

Biasanya, restoran yang terdapat di hotel selalu punya konsep khusus yang unik dan berbeda untuk menu berbuka puasa. Misalnya saja konsep makanan dari Turki, wilayah yang khas dengan penduduk muslim Timur Tengah dan sekitarnya. Mungkin sebagian orang hanya mengetahui kebab sebagai hidangan khas Turki, Padahal, Turki memiliki berbagai hidangan lezat yang mungkin belum terlalu banyak dikenal loh.

Baca juga: Minat Belanja Berubah, Intip Strategi Dekoruma Jelang Bulan Ramadan

Namun selain jenis makanan timur tengah, ada pula restoran hotel yang berfokus dengan kuliner khas nusantara. Setelah menahan lapar dan haus, tak jarang orang ingin berbuka puasa dengan hidangan Indonesia. Untuk Genhype yang tinggal di Solo, kamu enggak perlu bingung untuk mencari menu makanan dari berbagai negara.


Alila Hotel Solo

Konsep makanan dari 4 negara  coba dibawa Alila Hotel Solo ke dalam menu berbuka puasa tahun ini. Menyelenggarakan dua program dalam memeriahkan bulan suci, Alila Hotel Solo membawa konsep Ramadan Lifestyle dan Magical Ramadan. Hotel bintang lima di kawasan Surakarta ini sengaja memilih konsep makanan timur tengah dengan perpaduan makanan Indonesia.

"Kita akan highlight konsep dari Timur Tengah, Turki, berikutnya karena kita di Indonesia kita juga bawa menu Indonesia dan negara-negara di asia," kata Director of Food & Beverages Alila Hotel Solo, Ketut Arya Bayuntara, dalam konferensi pers yang digelar pada 14 Maret 2023.

Bukan tanpa alasan. Sejak tahun lalu, Alila Hotel Solo selalu kedatangan tamu yang puas dengan menu berbuka puasa di hotel ini. Tak mau menurunkan kualitas menu berbuka puasanya, Alila Hotel siap menghadirkan beragam menu yang variatif dan berbeda setiap harinya. “Kami punya enam kali rotasi menu yang akan berulang lagi di hari ketujuh, dan begitu seterusnya," jelas Ketut Arya Bayuntara.

Pengunjung yang akan berbuka puasa di Alila Hotel Solo juga berkesempatan mencicipi menu baru yang dihadirkan para chef. Menu itu ialah olahan daging unta khas yang langsung didatangkan dari Timur Tengah. Daging unta bukanlah hal yang mudah dicari. Ketut Arya Bayuntara menjelaskan, dagingnya dipilih dengan kualitas terbaik dari pemasok daging impor yang siap memenuhi kebutuhan daging unta di Alila Hotel Solo selama bulan Ramadan 2023 ini berlangsung.

Ouzy Camel menjadi nama dari olahan daging unta yang spesial itu. Menu ini hanya tersedia pada program Ramadhan Lifestyle yang diusung Alila Hotel Solo di tahun ini. Didi Sarwono, Executive Chef Alila Hotel Solo mengatakan, ada  tantangan tersendiri dalam mengolah daging unta. Pasalnya, menu timur tengah ini harus dibuat sempurna agar tetap cocok dengan lidah dan cita rasa Indonesia.
1
2


SEBELUMNYA

Manfaat Kesehatan dari Dehumidifier, Bisa Cegah Tungau Hingga Peradangan

BERIKUTNYA

Catat Nih Rahasia Sukses Jadi Podcaster dari Ahlinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: