Komika Coki Anwar (Sumber: Suselo Jati/Bisnis)

Nantikan! Coki Anwar Akan Bikin Stand Up Comedy Special Tahun Ini

10 March 2023   |   15:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Setelah cukup lama berkecimpung di dunia stand up comedy, komika Coki Anwar akhirnya akan membuat pertunjukan tunggal untuk dirinya sendiri. Coki sedang merencanakan menggelar show stand up comedy special yang bakal digelar pada tahun ini.

Stand up comedy special merupakan pertunjukan khusus yang dilakukan oleh satu komika atau beberapa komika dalam judul dan durasi tertentu. Materi yang dibawakan pada pertunjukan juga biasanya adalah materi baru, segar, dan belum pernah dibawakan di mana pun dengan konsep tertentu. 

Bagi para pencinta stand up comedy, acara tersebut tentu akan sangat dinanti. Sebab, pertunjukan spesial yang diadakan secara offline kerap menampilkan sisi lain komika yang berbeda dari yang biasa ditampilkan di layar kaca televisi atau platform digital seperti YouTube. .

“Rencana sih tahun ini ya. Mungkin pertengahan tahun atau akhir tahun ini. Aku sudah mulai menabung materi beberapa waktu belakangan ini,” ucap Coki Anwar saat ditemui Hypeabis.id sesudah acara Kamis Santuy yang diadakan di wisma Bisnis Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (9/3).

Baca juga: Cerita Coki Anwar Menemukan Lucu dari Persona Komika Kuat
 

Komika Coki Anwar (Sumber: Suselo Jati/Bisnis)

Komika Coki Anwar (Sumber: Suselo Jati/Bisnis)

Rencananya pertunjukan spesialnya akan digelar selama dua jam. Oleh karena itu, dia butuh banyak materi dengan tingkat kelucuan yang sudah teruji agar penonton bisa puas menyaksikan stand up comedy special-nya. Proses persiapannya masih terus berjalan.

Coki mengaku memaksakan diri untuk terus menciptakan materi baru setiap harinya. Setidaknya dalam satu hari dia bisa membuat satu punchline. Lalu, dia akan menguji punchline pada open mic yang dilakukannya. Jika berhasil, materi itu akan masuk ke dalam pertunjukan spesialnya. Jika tidak, dirinya akan merombak lagi atau bahkan menggantinya.

Coki Anwar masih irit bicara terkait dengan stand up comedy special-nya. Namun, secara garis besar, materi-materi yang dibawakan di pertunjukan spesialnya akan membahas sesuatu yang lebih intim dan personal. Beberapa yang dibocorkan oleh Coki ialah materi soal keluarga, kota kelahirannya, dan beberapa hal lain yang menarik perhatiannya selama ini. Semua itu kemudian dikemas dari sudut pandang komika kuat alias personanya selama ini.
 

Sekilas Tentang Coki Anwar

Coki Anwar merupakan komika asal Pati, Jawa Tengah. Pria kelahiran 2 Januari 1984 itu mengawali perkenalannya dengan dunia stand up comedy pada 2014. Saat itu, dirinya masih tinggal di Yogyakarta. Dia lantas bergabung dengan komunitas Stand Up Comedy Yogyakarta.

Pada masa-masa awal bergabung, dirinya masih kesulitan mencari punchline yang bisa membuat penonton tertawa. Berbagai komedi dan persona sudah dicoba, tetapi hasilnya selalu nihil. 2 tahun bergabung dengan komunitas, Coki mengaku selalu gagal membuat penonton tertawa.

Namun, dia kemudian tidak sengaja menciptakan karakter komika kuat. Saat mencoba karakter tersebut di atas panggung, penonton tertawa. Dengan persona tersebut, dirinya pun mulai melontarkan materi komedi yang absurd, tetapi selalu sukses menciptakan LPM atau laugh per minutes yang baik.

Penampilannya yang songong dan seolah mengintimidasi penonton cukup sukses membuatnya dikenal publik. Badannya yang atletis makin mendukung karakter yang dibangunnya. Komika yang kerap melontarkan kalimat “orang-orang lemah” itu pun mulai mencoba peruntungan dengan mengikuti sejumlah kompetisi stand up comedy.

Dia menjadi salah satu finalis Stand Up Comedy Academy (SUCA) Musim ke-2 yang ditayangkan Indosiar pada 2016. Dalam ajang tersebut, Coki berhasil bertahan hingga delapan besar. Setahun setelahnya, Coki mengikuti Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) Season 7 yang tayang di Kompas TV hingga lima besar. 

Selain menjadi komika, Coki juga kerap membintangi sejumlah film atau serial web. Misalnya, pada 2018, dia berakting di film Partikelir. Kemudian, pada 2020, dirinya juga bermain di serial Cek Toko Sebelah Babak Baru

Baca juga: Mau Jadi Komika? Intip Peluang Stand Up Comedy di Indonesia Dulu Yuk!
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Pentingnya Persona dalam Stand Up Comedy, Bisa Mempertebal Joke & Jadi Ciri Khas

BERIKUTNYA

Season 3 Game Halo Infinite Resmi Rilis, Yuk Cek Pembaruan & Spesifikasinya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: