Melengkapi halaman salah satu cara membuat jumlah pengikut bertambah (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Bastian Riccardi)

8 Cara Menambah Pengikut di LinkedIn

05 March 2023   |   15:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Sebagian besar pemilik akun media sosial ingin memiliki banyak pengikut atau follower, tidak terkecuali pemilik akun di Linkedin baik perusahaan maupun individu. Berbeda dengan yang lainnya, platform ini kerap digunakan untuk memukan sebuah lowongan pekerjaan selain berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Berdasarkan laman Linkedin, media sosial ini menuliskan bahwa pengguna bisa memanfaatkan platform untuk menemukan lowongan dan kesempatan magang, terhubung dan memperkuat hubungan profesional, dan mempelajari keahilan yang dibutuhkan demi kesuksesan dalam berkarir.

“Anda dapat mengakses LinkedIn melalui desktop, aplikasi seluler LinkedIn, pengalaman web seluler, atau aplikasi seluler LinkedIn Lite android,” demikian tertulis.

Baca juga: 4 Cara Membangun Branding Digital ala Profesional di LinkedIn

Aplikasi ini juga menuliskan profil LinkedIn yang lengkap dapat mendekatkan pengguna dengan berbagai peluang, dengan menampilkan cerita profesional yang unik melalui pengalaman, keahlian, dan pendidikan.

Tidak hanya itu, platform ini juga memungkinkan pengguna menyelenggarakan acara secara luring, bergabung dengan grup, menulis artikel, mempos foto dan video, dan banyak lagi.

Selain layanan gratis, pengguna juga dapat memanfaatkan sejumlah fitur dengan cara berbayar. “Anda akan mendapatkan akses lebih lanjut ke produk dan fitur LinkedIn. Langganan berbayar kami termasuk produk pemasaran, perekrutan, penjualan, dan pembelajaran,” demikian tertulis.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menambah jumlah pengikut di media sosial ini bagi para pemula menurut laman LinkedIn.


1. Lengkapi Halaman LinkedIn

Pengguna LinkedIn perlu perlu mengisi halaman profil dengan lengkap, menarik, dan jelas bagi audiens atau individu yang ingin ditarik sebagai pengikut sebelum melakukan hal lain dengan media sosial ini.

Halaman yang memiliki informasi lengkap tercatat memiliki 30 persen lebih banyak penayangan dibandingkan dengan yang tidak. Pengunjung profil akan cenderung mengeklik tombol ikuti/follow jika konten yang terdapat di halaman bermanfaat bagi target audiens.


2. Dapat Ditemukan & Tarik Pengguna dari Luar LinkedIn

Setelah melengkapi halaman yang dimiliki, langkah selanjutnya adalah dengan menjadikan akun mudah ditemukan. Caranya adalah dengan mengoptimalkan halaman LinkedIn agar mudah ditemukan oleh pengguna lain di atau dari luar platform.

Pengguna harus memastikan bahwa halaman yang dimiliki dapat ditemukan sepenuhnya di mesin pencari seperti Google. Selain itu, bagi pengguna perusahaan, dapat juga meyematkan tombol Ikuti/Follow di situs perusahaan dan menambahkan tautan di bagian tanda tangan email.


3. Lebih Dikenal

Langkah selanjutnya adalah agar memiliki pengikut adalah dengan membuat halaman mudah untuk diperhatikan berulang kali. Jadi, konten merek yang konsisten seperti warna dan logo akan “menempel” di dalam pikiran pengguna ketika muncul di feed.

Setelah beberapa kali terlihat dengan menonjol dan dikenal, pengguna akun lainnya akan cenderung menjadi pengikut.  


4. Konsisten

Langkah lainnya yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan pengikut adalah dengan konsisten memiliki konten segar yang stabil di halaman, sehingga membuatnya lebih terlihat di feed. LinkedIn mencatat halaman yang mempos setidaknya seminggu sekali dapat memperoleh engagement dua kali lebih banyak.

Pada akhirnya, kondisi tersebut dapat membuat jangkauan halaman menjadi lebih besar, dan menjadikannya lebih menarik bagi calon pengikut. Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur saran konten jika kekurangan ide.


5. Mencolok

LinkedIn menemukan kolase gambar khusus mendorong tingkat keterlibatan yang lebih tinggi di platform. Jadi, cara lainnya untuk memiliki banyak pengikut adalah menjadi mencolok dengan memanfaatkan konten video dan visual.

Pastikan mempos konten dengan perpaduan banyak visual yang menarik. Gambar unik dan video cenderung lebih menonjol di feed, membantu merek/akun diperhatikan.


6. Publikasikan Konten Yang Menjadi Pemikiran

Pemikiran yang inovatif dan menarik yang dapat menginspirasi jalannya bisnis seseorang selalu dicari oleh eksekutif dan pembuat keputusan di semua tingkatan. Konten berkualitas yang mendorong keingintahuan dan percakapan yang baik akan membuat pemilik akun lebih menonjol dibandingkan dengan yang lain.
 

7. Menjadi Menarik Saat Menanggapi Komentar

Cara lainnya agar kalian memiliki pengikut adalah dengan membalas atau berkontribusi dengan bijaksana setiap komentar di halaman meskipun tidak setiap komentar pantas ditanggapi. Langkah ini dapat membantu mendorong visibiltas feed yang lebih tinggi untuk unggahan tersebut.

Selain itu, menanggapi komentar yang masuk juga menandakan bahwa halaman kalian melibatkan komunitas secara aktif. LinkedIn mencatat pengguna lainnya lebih cenderung mengikuti halaman tersebut.
 

8. Sesuaikan Konten Berdasarkan Data Analitik

Pengguna dapat mengakses serangkaian analitik canggih yang memberikan informasi demografis tentang pengikut, pengunjung, dan data keterlibatan untuk pembaruan. Jadi, gunakan segala bentuk informasi yang dimiliki tersebut untuk mencari tahu apa yang akan beresonansi dan tidak. Lalu, selaraskan dengan konten yang akan dipos dengan apa yang diinginkan oleh para pengunjung yang diinginkan.

Baca juga: Buat Profil LinkedIn yang Baik tanpa 5 Kesalahan Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

5 Rekomendasi  Serial Prime Video Sepanjang Maret 2023, Ada V BTS di Jinny’s Kitchen

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Spot Glamping di Sekitar Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: