Burny Mattinson (Sumber gambar: Twitter.com/DisneyAnimation)

Mengenang Burny Mattinson, Animator Legendaris Disney yang Telah Tiada

01 March 2023   |   19:48 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Salah seorang legenda animator Disney, Burnett Mattinson, atau yang akrab dengan panggilan Burny wafat pada 27 Februari 2023 di usianya yang ke-87 tahun. Kepergian animator yang sudah malang melintang di Disney itu menyisakan duka bagi studio animasi terkemuka itu.

Kabar meninggalnya Burny disampaikan melalui akun Twitter Disney Animation. "Dengan berat hati kami berbagi tentang meninggalnya Legenda Disney tercinta, Sutradara, dan Artis Cerita Burny Mattinson. Anda menjadikan dunia kami tempat yang lebih bahagia dan menginspirasi generasi seniman dengan hati, humor, dan cerita Anda. Terima kasih atas warisanmu, Burny," bunyi pernyataan Disney dikutip dari Twitter @DisneyAnimation.

Baca juga: Rayakan Rilis Ant-Man and The Wasp: Quantumania, Disney Hadirkan 3 Karya Seni Kolaborasi Unik

Burny dikenal berjasa dalam perjalanan panjang Disney. Tidak hanya sebagai animator, dia juga merupakan sutradara dan produser untuk banyak film-film dari Walt Disney Animation Studios.

Burny dilahirkan di San Francisco, Calidornia, Amerika Serikat pada 13 Mei 1935 dari pasangan Bernie Mattionson dan Sylvia Mattinson.

Pada usianya yang ke-18 tahun, Burny sudah bekerja di Disney tepatnya pada 1953. Menjalani kariernya di dunia studio animasi sejak remaja, Burny dikenal sebagai salah satu yang paling getol mengabdi di Disney. Bahkan, dia pernah dinobatkan sebagai sosok berpengaruh di Disney dalam program Disney Legends pada 2008.

Dia menjadi orang penting di balik film fairytale populer Disney seperti Aladdin dan Beauty and The Beast di tahun 90-an. Meski akhirnya terkenal dengan kariernya yang mentereng, tentu tak mudah bagi Burny berjuang membesarkan namanya.

Burny mencapai puncak kejayaan kariernya pada1980-an. Kala itu, namanya terpatut dalam banyak nominasi penghargaan dalam ajang film bergengsi seperti Edgar Allan Poe Award, Hugo, dan Awards Circuit Community Awards (ACCA). Di ACCA, dia dinominasikan dalam kategori Best Adapted Screenplay berkat karyanya berjudul Beauty and the Beast yang tayang pada 1991.

Dalam Edgar Allan Poe Awards, nama Burny andil dalam nominasi Best Motion Picture dalam film The Great Mouse Detective yang rilis pada 1986. Sementara untuk penghargaan Hugo, Burny pernah dua kali dinominasikan untuk kategori yang sama.

Pada 1992, dia dilirik berkat film Beauty and The Beast untuk Best Dramatic Presentation. Satu tahun setelahnya, Burny kembali dinominasikan untuk Best Dramatic Presentation dalam film Aladdin yang rilis pada 1992.

Nama Burny juga pernah tercatat dalam nominasi Best Short Film Animated untuk flm Mickey’s Christmas Carol di Oscar pada 1984. Meski belum menang, nama Burny semakin dikenal sebagai animator dan sutradara film animasi yang kian tenar. Dari deretan nominasi yang didapat, Burny memenangkan Winsor McCar Award dalam Annie Awards pada 1996.
 
 
Di penghujung hidupnya, Burny sempat dirawat di Canyoan Oaks Canoga Park, Los Angeles sebelum dinyatakan meninggal dunia. Disney Animation juga memberi ucapan belangsungkawa terhadap salah satu pekerja paling lama di Disney itu. Selamat jalan Burny, sang legenda animasi.

SEBELUMNYA

Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi, Tanda Ban Sudah Enggak Beres

BERIKUTNYA

Apa Motivasi Utama Seseorang Mencari Pekerjaan Baru? Yuk Simak Hasil Riset Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: