Huawei MatePad SE Kids Edition (Sumber Foto: hkstrategies)

4 Tips Menggunakan Gadget yang Aman untuk Tingkatkan Kreativitas Anak

27 February 2023   |   18:26 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Orang tua perlu memantau penggunaan gadget yang aman untuk anak-anak. Pilihlah gadget yang memang didesain untuk anak anak. Dalam hal ini, gawai-gawai itu sebaiknya memiliki fitur ramah anak, serta memungkinkan orang tua mengawasi mereka selama bermain gawai. 

Meski begitu, pemakaian gadget bagi anak dapat menjadi dilema untuk sebagian orang tua. Lantaran khawatir anak kadi kecanduan gadget, kehilangan fokus, dan ketidakstabilan emosi. Padahal, pemberian gadget dengan cara yang tepat dapat membantu dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Baca juga: Diklaim Ramah Anak, Cek 4 Fitur Canggih Tablet Huawei Matepad SE Kids Edition

Dikutip dari keterangan pers MatePad SE Kids Edition milik Huawei, berikut empat tips memberikan gadget yang aman untuk anak.
 

1. Terapkan Metode Screen Time untuk Anak

Salah satu cara paling jitu untuk menghindari anak kecanduan gadget adalah dengan menetapkan screen time yang sudah disepakati dengan mereka. Oleh karenanya, penting sekali mencari gadget yang memiliki fitur screen time. Menurut Saskhya Aulia Prima, Psikolog Anak, ada dua metode screen time yang dapat diterapkan oleh orang tua.

“Selain menetapkan durasi screen time, orang tua juga dapat memecah waktu screen time menjadi 3-4 kali per hari. Dengan ini, anak tidak merasa dirinya dikekang dan memberikan anak kemampuan untuk mengingat jatah  screen time yang mereka punya.”


2. Kenalkan Permainan untuk Mengasah Hobi dan Minat Anak

Sebagai orang tua cerdas, penting sekali untuk mengenal potensi dan minat anak. Orang tua dapat mengenalkan anak dengan permainan yang dapat menstimulasi kepintarannya. Saat mencari gadget untuk anak, pastikan untuk melakukan riset tentang aplikasi dan permainan yang tepat bagi anak.
 

3. Manfaatkan Gadget untuk Kreativitas dan Motorik Anak

Orang tua juga dapat mencari aktivitas yang bisa dikombinasikan antara stimulasi kreatifitas dan perkembangan motorik anak melalui gadget. Contohnya ketika anak ingin menggambar, orang tua dapat mencari referensi dan tutorial menggambar melalui aplikasi Youtube atau Azoomee, sehingga anak dapat mengikutinya saat menggambar di buku gambar.

Orang tua juga dapat mengawasi anak ketika bermain gadget dan tetap berinteraksi seperti bertanya tentang apa yang anak lakukan saat bermain gadget atau meminta anak bercerita tentang pengalamannya setelah bermain gadget. Dengan begitu pemakaian gadget tidak akan berdampak negatif pada anak.


4. Pilih Gadget yang Didesain Khusus untuk Anak

Sejumlah produsen ponsel memiliki gawai yang didesain khusus untuk si kecil. Seperti Huawei dengan MatePad SE Kids Edition. Tablet ini dirancang nyaman dalam genggaman anak, sehingga meminimalisir kemungkinan jatuh.

Hand-grip yang multifungsional membuat tablet ini lebih mudah dibawa ke mana-mana, sekaligus dapat menjadi penyangga yang kokoh untuk berbagai sudut peletakan. Selain itu juga dilengkapi dengan casing berbahan food grade yang sudah lolos tes standar FDA dan LFGB, sehingga aman digigit.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Ini Akibat Anak Susah Makan Sayur, Salah Satunya Risiko Obesitas

BERIKUTNYA

CEO HBO Beri Bocoran Penayangan House of The Dragon Season 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: