114 Pelajar Indonesia Raih Penghargaan. (Sumber gambar: Cambridge Assessment International Education)

Keren, 114 Pelajar Indonesia Raih Penghargaan The Outstanding Cambridge Learner Awards

25 February 2023   |   11:04 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Cambridge Assessment International Education menganugerahkan 133 penghargaan kepada 114 pelajar dari seluruh Indonesia dalam ajang The Outstanding Cambridge Learner Awards di Jakarta. Di antara 114 pelajar, 5  di antaranya meraih penghargaan kategori Top in the World karena mendapatkan nilai tertinggi pada satu mata pelajaran.

Peraih penghargaan tersebut adalah Ida Ayu Jenny Pradnyaneswari Putri dari Regents Secondary School Bali; Owen Tristan Wiryawan dari BPK Penabur Jakarta - Kelapa Gading; Kezia Liu dari Sekolah Lentera Kasih; Nicole Callista Ng dari BPK Penabur Jakarta; dan Kayla Nadia yang masuk sebagai private candidate.

Ida Ayu Jenny Pradnyaneswari dari Regents Secondary School Bali yang menerima penghargaan untuk mata pelajaran Environmental Management dan Global Perspectives berbagi mimpinya untuk melanjutkan studi di bidang Ilmu Lingkungan atau Teknik Lingkungan.

Baca juga: Membanggakan, Pelajar Indonesia Ini Meraih Penghargaan di Ajang Kompetisi Matematika Internasional

Dia berharap dapat berkontribusi dalam berbagai upaya melawan pemanasan global pada masa yang akan datang. “Memenangkan penghargaan ini merupakan kehormatan yang luar biasa," katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id.

Selain isu lingkungan, Jenny juga memiliki minat dalam bidang seni dan menghabiskan waktu luangnya membuat karya seni digital
Pemenang Top in Indonesia untuk Cambridge International A Level bidang Fisika Alban Mulky Adiguna Turnip dari SMAN M.H. Thamrin mengatakan tertarik dengan fisika dan aplikasinya setelah banyak menonton film dokumenter tentang hal itu selama pandemi.

“Keputusan untuk melanjutkan untuk mempelajari Fisika di A Level membuat saya lebih semangat untuk mempelajari Fisika,” kataya. Dia berharap dapat menciptakan sesuatu yang akan membantu orang dan juga mengubah dunia menjadi lebih baik pada masa depan.

Saat ini, dia melamar ke beberapa universitas internasional dan mengambil jurusan teknik, mekanik, dan mekatronik untuk mewujudkan keinginannya menciptakan sesuatu.

Adapun, peraih penghargaan High Achievement dalam bidang Sosiologi AS Level Kayla Anandhiya Naura dari MAN 4 mengatakan suka dengan sosiologi karena bisa belajar tentang manusia dan interaksi yang dilakukannya.

“Teori dalam Sosiologi juga terkait dengan mata pelajaran lain seperti Ekonomi dan Sejarah," katanya. Dia menginginkan untuk melanjutkan studi di Ilmu HUbungan Internasional atau Pemasaran Digital setelah lulus dari bangku sekolah menengah.

Sementara itu, Kapokja Inovasi Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbudristek Irfan Hary Prasetya mengatakan Cambridge International memiliki peran penting dalam pendidikan global dan juga nasional dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

“Mengingat Indonesia memiliki bonus demografi, tujuan dari pendidikan adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita untuk meningkatkan daya saing. Para siswa yang meraih penghargaan ini meningkatkan optimisme dalam pendidikan Indonesia untuk unggul di masa depan,” katanya.

Untuk diketahui, kategori-kategori yang dimenangkan oleh 114 siswa dalam ajang Cambridge IGCSE, Cambridge AS, dan A Level dari seluruh Indonesia, yakni Top in Indonesia untuk Cambridge IGCSE; Top in Indonesia untuk Cambridge International AS Level.

Kemudian, Top in Indonesia untuk Cambridge International A Level; Best Across Eight Cambridge IGCSEs; Best Across Four Cambridge International AS Levels; Best Across Three Cambridge International A Levels; High Achievement di Cambridge IGCSE.

Lalu, High Achievement di Cambridge International AS Level; High Achievement di Cambridge International A Level; Top in the World untuk Cambridge IGCSE; dan Top in the World untuk Cambridge International A Level.

Baca juga: Keren! Ini 5 Anak Indonesia yang Berprestasi di Kancah Internasional

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Yogurt Baik untuk Pencegahan Hipertensi? Cek Dulu Ini!

BERIKUTNYA

Lakon Identikit, Antara Metafora & Memori Kehilangan dari Sekat Studio

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: