Ogud Tom Tam (Sumber gambar: Instagram.com/paski_official_)

Profil Ogud Tom Tam, Kiprah Sang Pelawak Legendaris di Industri Hiburan Indonesia

19 February 2023   |   17:48 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kabar duka kembali menghampiri industri hiburan Indonesia. Salah satu pelawak legendaris, Ogud Tom Tam dikabarkan berpulang ke pangkuan Tuhan pada Minggu, 19 Februari 2023 Pukul 09.45 WIB. Informasi meninggalnya Ogud Tom Tam  diumumkan oleh akun Instagram Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PASKI).

Kabarnya, Ogud akan dimakamkan di kawasan TPU Bojong Nangka, Tangerang. “Segenap pengurus PASKI mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah. Dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin,” dikutip dari Instagram PASKI.

Pihak keluarga belum mengonfirmasi penyebab  kematian sang legendaris komedi itu. Unggahan itu turut dikomentari oleh sejumlah artis kenamaan Indonesia seperti Panji Pragiwaksono dan Jarwo Kuat.

Baca juga: Pelawak Rini S Bon Bon Meninggal Dunia, Simak Perjalanan Kariernya
 


Kepergiannya jelas memberi duka bagi rekan seniman, utamanya yang bergelut dalam dunia komedi. Ogud Tom Tam memiliki nama asli Rosihan Anwar. Bisa dikatakan, Ogud Tom Tam adalah senior dalam hiburan lawak. Mungkin banyak yang mengenalnya sebagai sosok kakak dari Jimmy Gideon, yang juga merupakan seorang pelawak.

Seperti diketahui, sang adik sudah berpulang lebih dahulu pada 26 Desember 2021 lalu karena sakit. Darah seni lawak memang mengalir di keluarga mereka. Buktinya, Jimmy turut menyumbang cikal bakal kesuksesan dunia lawak dengan membentuk grup lawak bernama Gideon. Alih-alih bergabung, Ogut juga semangat bergabung dengan grup lawaknya sendiri bernama Tom Tam yang sangat populer pada 80-an.

Bersama Ogud, Tom Tam merupakan grup kwartet komedi yang juga dianggotai oleh Kimung, Firman, dan Qomar. Mereka sangat naik daun mengisi panggung hiburan 80-an, termasuk dengan ragam film. Salah satu film paling terkenal yang pernah diperankan Ogut dan kawan-kawan adalah Sama-Sama Senang yang rilis pada 1984. Film komedi berdurasi 96 menit itu diproduseri oleh Haryadi Siswanto dengan sutradara Iksan Lahardi dibawah produksi PT Nugraha Mas Film.

Dilansir dari situs Indonesian Film Center, tak menampik jika Tom Tam Group ikut bermain dalam film ini dengan alasan mereka sedang tenar di tahun tersebut. Filmnya menceritakan kisah drama menyedihkan berbalut komedi khas dari Tom Tam Group. Pamor Ogut memang beriringan dengan gemilangnya Tom Tam kala itu.

Ketenaran Tom Tam juga turut dibesarkan oleh TVRI sebagai stasiun televisi yang ikut menayangkan hiburan komedi yang khas. Meski terbilang lebih junior dibanding Pelita Grup, kehadiran anggota TomTam Group turut memberi kesegaran baru dalam dunia lawak.

Mereka turut membintangi program TVRI berjudul Aneka Ria Safari pada 1988. Ogut bersama anggota lainnya berhasil mengocok perut hingga menjadikan mereka kwartet terpopuler sepanjang 80-an.

Naik daunnya TomTam Group menjadi banyak inspirasi bagi acara-acara komedi di stasiun televisi saat ini. Itu tak lepas dari usaha Ogud dan kiprahnya bersama Tom Tam memajukan industri komedi Indonesia. Selamat jalan, Ogud Tom Tam.

Baca juga: Komedian Kawakan Hollywood Norm Macdonald Tutup Usia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Brand Lokal Ini Angkat Keindahan Tapis Lampung di Panggung New York Fashion Week

BERIKUTNYA

Ada Dewa 19 dan Yura Yunita, Cek Daftar Musisi yang Tampil di IIMS 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: