Para Pemenang Economic Research Competition Cak Investment (sumber gambar Hypeabis.id/Prasetyo Agung)

Ajak Milenial Melek Investasi, Cak Investment Gelar Economic Research Competition

19 February 2023   |   07:38 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Implementasi teknologi di era modern semakin membuat generasi muda sadar pentingnya investasi. Geliat kesadaran masyarakat terhadap passive income pun turut memunculkan wadah-wadah baru para investor di Tanah Air untuk berbagi pengalaman mengenai pentingnya mengelola keuangan yang baik.

Cak Investment, salah satu komunitas investasi dari Jakarta pun membuat kompetisi bagi anak-anak muda di Indonesia dalam riset ekonomi dan saham. Salah satunya, dengan mengundang mereka untuk memaparkan prospek bisnis yang memiliki peluang investasi yang baik bagi masyarakat. 

Adapun, lomba yang dibuka sejak 15 Januari 2023 itu diikuti sekitar 70 kelompok anak-anak muda dari penjuru Tanah Air. Setelah disaring, akhirnya terpilih 10 kelompok yang berhak menuju fase final secara offline di depan para juri untuk berebut hadiah total Rp50 juta di Jakarta pada Sabtu, (18/2/23).

Baca juga: Punya Pengalaman Berinvestasi, Join Aja di Komunitas Cak Investment Biar Tambah Ilmunya

Founder Cak Investment, Cakra Praditya Himawan mengatakan, kompetisi tersebut merupakan upaya branding Cak Investment Club agar semakin dikenal publik. Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk menjaring anak-anak muda yang memiliki minat terhadap investasi agar saling berbagi pengalaman satu sama lain.

"Kegiatan ini sebenarnya untuk memperingati setahun berdirinya Cak Investment Club sebagai komunitas investor. Jadi, kami mengundang anak-anak muda yang didominasi mahasiswa untuk memaparkan hasil riset  mereka di depan juri, dan yang memenangkan akan dapat hadiah dari kami," papar Cakra saat ditemui Hypeabis.id.
 
 

Bevan Pramudito, selaku Head of Media dari Cak Investment berharap dari lomba tersebut para pemenang dapat membantu para investor pemula dalam bermain saham. Jadi, mereka juga bisa memiliki dampak positif bagi masyarakat terhadap ilmu yang mereka punya.

"Dengan kegiatan ini kami berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya investasi. Selain itu, agar literasi finansial masyarakat semakin baik, soalnya di banyak di kota kecil itu masih banyak yang belum melek investasi, padahal jika dipelajari dengan benar peluang keuntungannya banyak," ungkap Bevan.

Sementara itu, pemenang lomba riset dari kelompok Meow Kinsley yang mengambil riset ekonomi dari saham bank OCBC berharap lomba tersebut juga sering digalakkan. Michael, perwakilan dari pemenang mengungkap kenapa mengambil isu tersebut, pasalnya di masa pandemi kondisi keuangan perbankan selalu stabil.

"Kita memilih perbankan karena prospek bisnis dari pekerjaan mereka itu luar biasa. Jadi asumsi untuk forecasting kami tidak hanya melihat valuasi data saham, tapi manajemen, dan gurita bisnis. Dan ini jarang dibahas, tapi prospek ke depannya dipastikan lebih baik," papar Michael.

Populer di kalangan milenial, cak Investment telah berkembang menjadi wadah untuk sharing edukasi, pengalaman serta berbagai konten informatif mengenai investasi di Indonesia. Adapun, konten-konten tersebut dibagikan melalui berbagai sosial media Cak Investment Club dengan nama pengguna bernama @cakinvestmentclub.

Keunikan Cak Investment Club dibanding trading broker community lainnya adalah mereka memberikan konten informasi secara gratis bagi investor.  Tak hanya itu, member Cak Investment Club pun terdiri atas berbagai sektor, mulai dari retail trader, stock influencers, analis, broker, fund managers dan masih banyak lagi untuk menyemarakkan geliat investasi di Indonesia.

Baca juga: Sebelum Berinvestasi Saham, Yuk Lakukan Persiapan Ini dengan Matang

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Festival Reba, Antusiasme Generasi Muda Ngada Lestarikan Budaya

BERIKUTNYA

Mengenal Tahapan dan Filosofi Ritual Reba Ngada

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: