Gimmari, salah satu kudapan khas Korea Selatan. (Sumber: Freepik/Dewi Ambarwati)

Resep Gimmari, Rumput Laut Gulung Renyah Khas Korea Selatan

07 February 2023   |   11:14 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sebagian besar masyarakat Indonesia doyan mengonsumsi camilan. Dipengaruhi drama Korea alias drakor dan selebritas K-Pop, ada banyak kudapan asal Negeri Ginseng yang juga digandrungi karena punya tampilan yang menarik dan menggugah selera, terutama yang dijajakan para penjual kaki limanya. 

Dari ragam jenis kudapan tersebut, gimmari menjadi salah satu yang menjadi favorit para pemburu kuliner khas Korea. Gimmari merupakan camilan yang terbuat dari rumput laut kering (gim atau nori), soun (dangmyeon) dan bahan sayuran opsional seperti kucai bawang putih atau wortel. 

Mirip seperti gorengan risol, gimmari memiliki tekstur renyah di bagian luar dan sedikit kenyal di bagian dalam. Biasanya, kudapan ini menjadi pelengkap kue beras pedas atau tteokbokki. Kombinasi sempurna antara kenyalnya tteokbokki dan renyahnya gimmari ketika beradu di dalam mulut.

Baca juga: Mengenal Daechang, Makanan Korea Berbahan Usus Sapi yang Viral
 

Tteokbokki (Sumber gambar : Freepik/Jcomp)

Tteokbokki (Sumber gambar : Freepik/Jcomp)

Buat kamu penggemar kuliner Korea Selatan, mudah loh untuk membuat gimmari. Ketimbang beli di restoran dengan porsi yang kecil, bikin gimmari saja yuk di rumah. Berikut resepnya yang bisa kamu coba.
 

Bahan

  • 3 lembar besar rumput laut kering, potong memanjang menjadi dua
  • 115 gram japchae atau bihun 
  • 45 gram, potong dadu halus 
  • 10 gram kucai bawang putih, cincang halus
  • Sedikit minyak sayur untuk menggoreng 
 

Saus Japchae atau Bihun

  • 1 sdm kecap asin biasa 
  • 1 sdt garam laut halus
  • 1/4 sdt minyak wijen
  • Lada hitam bubuk secukupnya


Adonan

  • 1 cangkir tepung jagung
  • 3/4 gelas air
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1 putih telur 


Cara Memasak

  1. Rendam japchae/bihun dalam mangkuk besar selama 10 menit untuk melembutkannya. Rebus selama 5 menit dengan api sedang, lalu tiriskan mie dan cuci dengan air dingin. Sisihkan kembali sampai air tidak ada yang tersisa. 
  2. Pindahkan japchae/bihun ke dalam mangkuk berukuran sedang. Potong japchae/bihun menggunakan gunting menjadi potongan seukuran jari kelingking.
  3. Di wadah terpisah, tambahkan tepung jagung dan air untuk membuat adonan untuk digoreng. Aduk sampai rata dengan lembut menggunakan spatula. Jangan dikocok. Jika sudah merata, diamkan sekitar 10-20 menit untuk memisahkan air dan pati tepung.
  4. Setelah pati dan airnya sudah terpisah, buang airnya, sisakan endapan kanji. Campurkan endapan kanji dengan minyak goreng dan putih telur. Aduk rata sampai teksturnya halus. 
  5. Sementara itu, campurkan bahan saus dalam mangkuk kecil dan aduk rata. Tambahkan wortel, daun bawang, dan saus ke dalam mangkuk mie, aduk rata menggunakan tangan.
  6. Langkah selanjutnya, ambil lembaran rumput laut menjadi dua. Kemudian, tempatkan sedikit soun dan campuran sayuran di atas lembaran rumput laut, menutupi sekitar dua pertiga dari lembaran tersebut. Oleskan bagian atas dengan air untuk merekatkan, gulung rumput laut berisi bahan. Ulangi proses ini dengan sisa bahan.
  7. Jika sudah tergulung sempurna, potong rumput laut yang dengan gunting menjadi 3 bagian berukuran sama.
  8. Siapkan wajan dan isi dengan minyak. Panaskan hingga mencapai 175 derajat Celcius, butuh waktu sekitar lima menit untuk mencapai suhu ini. 
  9. Ambil mangkuk adonan berisi tepung jagung, lalu lapisi gulungan rumput laut satu per satu ke dalam mangkuk. Kemudian masukkan gulungan rumput laut yang sudah dilumuri tepung ke dalam penggorengan.
  10. Goreng sampai matang sepenuhnya (1-2 menit). Jangan terlalu banyak gulungan rumput laut saat menggoreng. Ketika matang, sisihkan minyak, lalu tempatkan pada piring, dan sajikan. Gimmari siap disantap. 
Baca juga: Dari Korea Hingga Lokal, Intip Makanan Viral Sepanjang 2022

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resensi Buku This Album Could Be Your Life: 50 Album Musik Terbaik Indonesia 1955-2015

BERIKUTNYA

Strategi Menangkan Hati Konsumen untuk Berbelanja di TikTok saat Ramadan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: