Indonesia Comic Con (Sumber gambar: Instagram.com/indocomiccon)

Fakta Menarik Indonesia Comic Con, Tempat Pencinta Pop Kultur Tumpah Ruah

02 February 2023   |   20:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Budaya populer atau pop kultur tak pernah mati.  Pasalnya, pop kultur selalu beriringan dengan tren di masyarakat. Mulanya, budaya pop kultur tenar pada awal 1960-an, menjadi perbincangan generasi muda pada masanya. Meski pop kultur identik dengan perkembangan budaya Asia, nyatanya pop kultur bermula dari Eropa.

Seiring waktu, budaya pop kultur semakin luas merambah Asia, termasuk Indonesia. Indonesia juga termasuk salah satu negara yang turut merayakan semaraknya budaya pop kultur. Memang, pop kultur acap kali dikaitkan dengan tumbuh kembang industri komik di Asia terutama Jepang. Inilah yang menggerakan Indonesia, salah satu pasar yang menyukai pop kultur juga semakin riuh.

Indonesia bahkan sering membuat agenda khusus untuk merayakan pop kultur. Misalnya, event tahunan bernama Indonesia Comic Con yang sudah berlangsung sejak 2015 lalu. Selama hampir 8 tahun, event ini menghadirkan banyak sesi merayakan pop kultur. Tahu enggak Genhype, ternyata ada beberapa fakta menarik tentang Indonesia Comic Con lho! Penasaran? Yuk simak!
 

1. Bukan hanya tentang komik

Sebagai informasi nih Genhype, ngomongin pop kultur tidak selalu identik dengan komik ya. Kata Comic dalam event ini merepresentasikan keseluruhan budaya opop kultur, bahkan dari budaya barat dan budaya timur. Artinya, event ini enggak hanya cocok untuk para penggemar budaya Jepang saja.

Dilansir dari situs Indonesia Comic Con, event ini membawa informasi terbaru dari konten-konten budaya populer, misalnya mainan, collectibles, games, dan tentu saja anime dan komik menjadi bagiannya. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang acara televisi yang populer di wilayah timur dan barat, film, atau hiburan lainnya di Indonesia.

Baca juga: Jadi Wadah Monetisasi Konten, Yuk Ikutan Kompetisi Komik Digital Ini!
 

2. Banyak item eksklusif

Nah untuk merasakan pengalaman yang maksimal dengan budaya pop kultur favorit, kalian juga bisa membeli barang-barang atau item yang kamu sukai lho Genhype! Indonesia Comic Con biasanya akan menjual barang-barang limited edition atau item sksklusif yang dijual di showcase event.

Item eksklusif ini dibawa langsung dari brand yang berpatirispasi dalam acara ini. Brand ini tentu berbeda-beda setiap tahunnya. Banyak brand pop kultur yang merilis produk terbaru mereka eksklusif juga di acara ini. Seru banget enggak sih?
 
 

3. Kompetisi hingga sneak peeks menarik

Indonesia Comic Con juga menyajikan beberapa special screening dan sneak peeks dari ragam brand yang ikut dalam agenda ini. Ada juga art sketch yang bisa kamu saksikan secara langsung. Nama-nama artis penggerak budaya pop juga akan mejeng di Walk of Fame, menemui para penggemarnya secara langsung.

Ada juga kompetisi cosplay karakter fiksi yang kamu sukai di event ini. Penggemar karakternya bisa mengambil foto di sana. Penggemar game akan dimanjakan dengan demo game terbaru, berkumpul dengan komunitas penyuka game, hingga menikmati malam dengan musik dari DJ. Seru kan!
 

4. Bertabur bintang

Pihak Indonesia Comic Con belum mengumumkan kapan event ini akan digelar tahun ini. Akan tetapi jika melihat tahun lalu, event ini digelar menuju akhir tahun, tepatnya pada Oktober 2022. Jelas jika Indonesia Comic Con bertabur bintang pop kultur yang semakin menarik setiap tahunnya.

Pada 2022 lalu, event ini menghadirkan Vtuber terkenal seperti Kobo kanaeru, Moona Hoshinova, hingga Mythia Batford. Selain itu, ada juga cosplayer terkenal seperti Echow dan KNITE. Terakhir, tentu saja para comic artist terkenal seperti Carlo Pagulayan, Ario Anindito, Fajar Hadria Putra, dan masih banyak lagi.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Potret Aura Kasih Cosplay jadi Boa Hancock, Karakter One Piece yang Nyentrik

BERIKUTNYA

Pria Muda Ini Sukses Kembangkan Bisnis Konstruksi Beromzet Miliaran Rupiah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: