Aktor Hyun Bin dalam film The Point men (sumber gambar: twitter Hyun Bin Jpg)

Berbagai Fakta Unik Film The Point Men, Sinema Korea yang Dibintangi Aktor Terkenal Hyun Bin

31 January 2023   |   22:14 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira nih bagi para pencinta sinema korea. Pasalnya, film The Point Men yang dibintangi aktor terkenal Hyun Bin akan segera tayang menyapa penggemar. Diadaptasi dari kisah nyata, film tersebut dijadwalkan tayang di bioskop Indonesia pada Rabu, 1 Februari 2023.

The Point Men atau yang dikenal dengan nama Bargaining merupakan karya besutan sineas asal Negeri Gingseng, Yim Soon-rye. Film ini sendiri didasarkan dari peristiwa penyanderaan 23 misionaris Korea Selatan oleh kelompok Taliban pada 2007 di Afghanistan.

Baca juga: Song Joong Ki Terlahir Kembali Jadi Sosok Jauh Lebih Muda dalam Reborn Rich
 
 



Nah, bagi yang penasaran mengenai aksi dari Hyun Bin dan bagaimana sutradara perempuan Yim Soon-rye mengemas film yang menorehkan kesuksesan di korea itu, yuk simak beberapa fakta menarik mengenai film The Point Men dalam ulasan berikut.


1. Kuasai Box Office di Korea

Film ini tayang perdana di Korea pada 17 Januari 2023 dan berhasil menduduki peringkat pertama di box office negara tersebut selama liburan tahun baru imlek. Menurut Soompi, selama sepekan penayangannya, dewan film Korea mencatat lebih dari 1 juta orang telah menonton film tersebut.

Alhasil, film  ini pun juga mulai ditayangkan ke berbagai negara lain termasuk Amerika dan Kanada yang sudah mulai tayang pada 27 Januari 2023. Dihimpun dari laman Box Office Mojo pendapatan internasional film ini sekarang sudah mencapai US$ 5,4 juta dolar dengan diputar di lebih 1.281 bioskop.


2. Diadaptasi dari Kisah Nyata 

The Point Men merupakan film bergenre kriminal thriller yang diadaptasi dari kisah nyata saat misionaris dari Korea disandera oleh kelompok Taliban. Mereka terdiri atas 16 perempuan dan 7 laki-laki yang sedang menjalankan misi dari Gereja Presbiterian Saemmul.

Namun, alih-alih membahas kisah para sandera yang mengakibatkan rasa traumatis, Yim lebih menguatkan cerita dari sisi perjuangan para agen intelijen, yaitu saat mereka saling bahu-membahu untuk membebaskan para sandera meski dua di antaranya tewas setelah dieksekusi Taliban.


3. Film Korea Pertama Syuting di Yordania

Sinema berdurasi 1 jam 48 menit ini juga menjadi film asal Korea yang pertama kali melakukan proses syuting di Yordania. Pemilihan negara tersebut sebagai lokasi syuting karena berhasil dianggap sebagai negara percontohan untuk pencegahan Covid-19. Pasalnya syuting dilakukan saat dunia masih dalam kondisi pandemi.

Adapun, pihak produksi sebelumnya melakukan proses syuting di dalam negeri selama dua bulan. Barulah pada Juli sampai September 2020 seluruh kru berangkat untuk mengambil berbagai lokasi yang identik dengan berbagai kota di Afghanistan untuk memberi visual sesuai kejadian nyata penyanderaan.


4. Dibintangi Aktor Papan Atas Korsel

Selain dibintangi oleh Hyun Bin yang dikenal lewat aksinya di film Crash Landing on You (2019), film ini juga diisi oleh aktor dan artis papan atas Korsel lainnya. Salah satunya adalah aktor senior Hwang Jung Min yang meraih penghargaan Best Actor lewat perannya di film Ode to My father (2014).

Selain itu ada juga  Kang Ki-young (bintang film Extraordinary Attorney Woo, Exit), Lee Chun-moo (bintang film 20th Century Girl, dan The Golden Spoon), dan Cha Yu Joo (bintang film Waiting for Rain,dan  Fanletter Please) yang turut berperan di The Point Men.


5. Tampilkan Adegan Dramatik & Menegangkan

Kisah utama dari The Point Men adalah aksi penyelamatan yang dilakukan oleh seorang diplomat dari Korea dan agen National Intelligence Service (NIS). Mereka berdua terus berupaya membebaskan para sandera yang diculik oleh Taliban.

Namun, upaya yang mereka lakukan tidaklah semudah membalik telapak tangan. Pasalnya pada waktu itu juga terjadi gesekan antara pemerintah dan Taliban yang tidak menemukan titik temu saat bernegosiasi. Selain itu, The Point Men juga turut menyoroti isu mengenai perbedaan keyakinan agama.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Reborn Rich, Drakor Terbaru Song Joong Ki dengan Kisah Reinkarnasi


Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Resep Tamagoyaki, Telur Dadar Khas Jepang

BERIKUTNYA

Brand Catering Makanan Sehat Asal Indonesia Ekspansi ke Singapura

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: