kapasitas kereta mencapai 38 tempat duduk (Sumber gambar: PT Kereta Api Pariwisata)

Kereta Panoramic Siap Beroperasi Februari, Yuk Cek Jadwalnya!

31 January 2023   |   06:27 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kalian yang belum merasakan perjalanan dengan menggunakan kereta Panoramic, dapat menikmatinya sebentar lagi lantaran PT Kereta Api Pariwisata akan mengoperasikan kembali pada Februari 2023. Kereta dengan kaca lebar ini akan tersedia dalam dua rangkaian dengan jumlah tumpat duduk sebanyak 38 penumpang untuk setiap gerbongnya.

Humas PT Kereta Api Pariwisata, M. Ilud Siregar, mengatakan kapasitas angkut sebanyak 38 tempat duduk ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan ketersediaan yang lalu, yakni 46 tempat duduk.

Baca juga: Pengalaman Baru Berwisata dengan Kereta Panoramic, Cek Fasilitasnya Yuk!

Perubahan atau pengurangan seat tersebut adalah sebagai bentuk upaya perusahaan dalam meningkatkan pelayanan dan memberikan kenyamanan kepada para pelancong yang menggunakan kereta Panoramic.

“Sehingga para penumpang dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan dan melihat pemandangan alam dan pegunungan yang indah, jembatan yang tinggi serta terowongan yang panjang melalui jendela kereta panoramic yang besar,” katanya .

Dia menuturkan bahwa perjalanan kereta Panoramic akan tersedia setiap akhir pekan dengan menjadi bagian dari rangkaian Kereta Api Argo Parahyangan relasi Bandung–Gambir (PP) dan rangkaian KA Argo Wilis dengan relasi Bandung–Surabaya Gubeng PP.

Tarif kereta Panoramic sekitar Rp350.000 untuk relasi Bandung–Gambir (PP) dan Rp1,12 juta dengan relasi Bandung–Surabaya Gubeng (PP).

Selain itu, para pelancong juga bisa melakukan charter atau sewa jika ingin menggunakan kereta api Panoramic karena perusahaan menyediakan pola perjalanan sewa selain perorangan.

Dia menambahkan bahwa kereta Panoramic yang akan beroperasi pada Februari 2023 juga memiliki tambahan mini pantry sebagai tempat sajian snack, makanan, dan minuman  yang akan diberikan oleh petugas Train Attendent Pramugari (TAP) ke para penumpang kereta Panoramic.

Sementara itu, setiap penumpang akan mendapatkan luggage tag atau tag bekasi sebagai tanda pengenal yang disematkan pada barang bawaan penumpang seperti koper atau tas untuk keamanan bagasi.

“Dalam setiap perjalanan para pelanggan Kereta Panoramic  akan mendapatkan layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma serta free wifi,” katanya.

Menurutnya, kereta Panoramic memiliki fasilitas berupa kursi yang nyaman, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta, dan rak bagasi khusus di ujung kereta.

Para pelancong dapat menikmati panorama pemandangan yang indah dan menyenangkan ketika menggunakan kereta Panoramic lantaran memiliki jendela dengan dimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis. “Sehingga memberikan pengalaman perjalanan yang menarik dan berkesan,” katanya.  

Berikut jadwal keberangkatan Kereta Panoramic

KA Argo Parahyangan Panoramic (44Pc)
Keberangkatan Stasiun Gambir pukul 04:55 WIB dan tiba di Bandung pukul 07:52
Waktu   : setiap Jumat.

KA Argo Wilis Panoramic (6Pc)
Keberangkatan Bandung pukul 08:15 WIB dan tiba di Surabaya Gubeng pukul 18:10
Waktu : setiap Jumat.

KA Argo Wilis Panoramic (5Pc)
Keberangkatan Surabaya Gubeng pukul 07:30 WIB dan tiba di Bandung pukul 17.25 WIB
Waktu : setiap Minggu.

Baca juga: Wisatawan Antusias Naik Kereta Panoramic

KA Argo Parahyangan Panoramic (51Pc)
Keberangkatan Bandung pukul 18:15 WIB dan tiba di Gambir pukul 21:19 WIB
Waktu   : setiap Minggu.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

7 Drakor Bakal Tayang Februari, Siap-siap Disambut Deretan Oppa Tampan Ini

BERIKUTNYA

Ajang Balapan Formula One 2023 Dimulai Maret, Platform OTT Ini Punya Hak Siar!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: