PEPSO Hills Circuit Bogor adalah sirkuit tersembunyi karena terletak di area Puncakdua Eco Park dengan akses yang masih terbatas. (Sumber gambar: pexels/ Saeid Anvar)

Kejuaraan Nasional Speed Offroad 2023 Siapkan Sirkuit Penuh Tantangan di PEPSO Hills Bogor

28 January 2023   |   12:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang kejuaraan Nasional Speed Offroad 2023 akan berlangsung pada 25 – 26 Februari 2023 di PEPSO Hills Circuit Bogor. Sirkuit yang terletak di Kecamatan Citeureup, Bogor, itu diklaim mampu memacu adrenalin bagi para pembalap.

Sirkuit PEPSO Hills Circuit Bogor menyuguhkan trek cukup menantang dengan mengusung konsep lintasan ganda dan memiliki banyak tikungan. Sirkuit temporarer ini memiliki dengan profil trek lurus sepanjang 300 meter untuk clockwise dan 500 meter untuk anti-clock.

Sebagai informasi, ajang Kejuaraan Nasional Speed Offroad 2023 terelisasi atas hasil kolaborasi yang terjadi antara PEPSO dan Cipta Para Juara Indonesia (Ciparai). Ciparai adalah sebuah klub otomotif baru di bawah naungan IMI Provinsi DKI Jakarta. Klub baru ini digawangi oleh penggiat otomotif Wijaya Kusuma Subroto dan Ahmad Badawi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Bertemakan Balapan, Menegangkan & Penuh Adrenalin!

Bambang Prihadi Irianto, Direktur Utama PT. Internusa Jayaraya Abadi Perkasa, mengatakan PEPSO Hills Circuit Bogor adalah sirkuit tersembunyi karena terletak di area Puncakdua Eco Park dengan akses yang masih terbatas. Meski demikian, lokasi ini diklaim memiliki potensi sangat tinggi.

"Pada edisi tahun ini para peserta akan beradu cepat di lintasan tanah PEPSO Hills Circuit dengan permukaan gravel berkarakter cepat, dilengkapi bridge, dan underpass yang penuh tantangan untuk para pengemudi atau pun navigator," ujarnya dalam keterangan yang diterima Hypeabis.id.

Menurutnya, sirkuit ini dibangun dengan memenuhi standar keamanan yang memrioritaskan keselamatan para pembalap, penonton, dan juga panitia.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ciparai (@ciparaipepsohills)


Prasetyo Edi Marsudi, Dewan Pembina Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, berharap ajang kejuaraan nasional ini dapat terus menggairahkan semangat para pembalap offroad di dalam negeri. Karakter unik lintasan dan suasana alam dapat menyokong semangat para pembalap.

Tidak hanya itu, karakter yang dimiliki oleh sirkuit ini juga akan memberikan pengalaman bagi para pembalap di dalam negeri saat adu cepat mencapai garis finis.

Tommy Hadi, Pebalap Senior dan Pemilik Gazpoll Racing Team, mengatakan seri kejuaraan nasional kali ini menjadi berbeda lantaran diadakan di sirkuit multipurpose track pertama yang ada di Pulau Jawa. Dia pun berharap bahwa ajang yang diadakan selama dua hari dapat berkontribusi positif dalam perkembangan olahraga otomotif di dalam negeri.

Berdasarkan laman pepsohillscircuit.id, sirkuit ini berada di atas lahan Puncakdua Eco Park, sirkuit multipurpose track ini digarap oleh para konsultan otomotif yang diklaim handal dan terpercaya dalam proses pembangunannya.

Penggarapan sirkuit ini untuk menjadi wadah dalam mendukung para offroader dan pereli untuk terus menyalurkan bakat dan mengasah kemampuan di kancah balap offroad dan rally. Dengan panjang lintasan mencapai 5,8 kilometer, sirkuit ini memiliki tikungan sebanyak 13 tikungan.

Kemudian, waktu tempuh yang diperlukan oleh para pengunjung untuk mencapai PEPSO Hills Circuit adalah 60 menit dari Sentul International Circuit.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Lima Strategi Agar Bisnis Kuliner Berkembang Cepat Pada 2023

BERIKUTNYA

Peluang Kemitraan Sambal Bakar Indonesia yang Sedang Viral, Segini Perhitungan Usahanya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: