Stasiun Pasar Senen adalah salah satu stasiun tempat naik KA Jarak Jauh (Sumber gambar: PT KAI)

Libur Imlek, Penumpang Kereta Api Alami Lonjakan

24 January 2023   |   12:57 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Libur Tahun Baru Imlek 2574 dan cuti bersama yang jatuh pada 22 – 23 Januari 2023 membuat banyak orang berlibur. Tercatat jumlah traveller yang melakukan perjalanan dari 20 hingga 23 Januari tahun ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI), Joni Martinus, mengatakan jumlah pelancong yang melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api jarak jauh mencapai 456.103 orang selama empat hari pada 20 – 23 Januari 2023. “Dengan okupansi mencapai 99,6 persen dari keseluruhan tiket yang disediakan pada masa libur imlek ini,” katanya.

Baca juga: Ini Alasan KAI Gunakan Nama Blambangan Untuk Kereta Api Baru Rute Semarang Banyuwangi

Dia menuturkan jumlah pelesir yang melakukan perjalanan pada periode tersebut lebih tinggi sebesar 13 persen jika dibandingkan pekan sebelumnya. Tercatat, akhir pekan sebelum periode libur natal jumlah pelancong yang menggunakan kereta api jarak jauh mencapai 400.309 orang.

Rute-rute yang menjadi favorit bagi para pelancong ketika bepergian pada masa libur Tahun Baru Imlek 2574 antara lain, dari Jakarta ke Yogyakarta; Jakarta ke Surabaya; Jakarta ke Semarang; dan sebagainya.

Menurutnya, perusahaan mengoperasikan kereta api jarak jauh sebanyak 919 rangkaian pada periode Tahun Baru Imlek 2574. Jumlah tersebut membuat rata-rata kereta api yang beroperasi mencapai 230 perjalanan.

Jumlah kereta api yang beroperasi sepanjang masa libur Tahun Baru Imlek 2574 itu juga tercatat lebih tinggi jika dibandinkan dengan jumlah rangkaian kereta api yang beroperasi pada satu pekan sebelum periode libur tahun baru imlek.

Untuk diketahui, PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai operator memberikan promo tiket New Year Deals mulai 20 sampai 31 Januari 2023 untuk keberangkatan periode 21 Januari - 7 Februari 2023. New Year Deals adalah promo yang diberikan oleh perusahaan bertepatan dengan Tahun Baru 2023 dan Tahun Baru Imlek 2574.

"KAI berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk bepergian naik Kereta Api dengan tarif yang sangat terjangkau," kata Joni.

Dalam promo tersebut, pelancong dapat membeli tiket promo kelas eksekutif hanya Rp200.000, kelas bisnis Rp150.000, dan ekonomi Rp100.000. Pelancong dapat memperoleh tiket promo melalui KAI Access dengan kuota terbatas, yakni lebih dari 18.000 tiket.

Selain hanya dapat diperoleh melalui KAI Access, syarat dan ketentuan lainnya terkait dengan kereta tersebut adalah tarif promo berlaku parsial dengan tarif flat, yakni jauh dan dekat sama. Kemudian, pembayaran sesuai channel yang tersedia di KAI Access, dapat dibatalkan dan diubah jadwal sesuai ketentuan yang berlaku.

Tarif promo New Year Deals tidak berlaku reduksi kecuali infant, tarif khusus, gabungan diskon atau promo lainnya, dan di kereta api bersubsidi PSO, luxury, priority, panoramic, dan kereta wisata lainnya. Tercatat, terdapat 38 kereta api jarak jauh yang dapat digunakan oleh para pelancong dengan tarif tiket promo.

Kereta api itu seperti Kereta Api Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp); KA Argo Dwipangga (Gambir - Solo Balapan pp); KA Argo Lawu (Solo Balapan - Gambir pp); KA Argo Muria (Gambir - Semarang Tawang pp); KA Argo Sindoro (Gambir - Semarang Tawang pp); KA Argo Wilis (Bandung - Surabaya Gubeng pp); dan sebagainya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Game Lokal KISS: KPOP Idol StorieS Road to Debut Segera Rilis di Steam

BERIKUTNYA

Review A Man Called Otto, Gambaran Frustasi Lewat Adegan Menggelitik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: