Contoh outfit formal saat sidang skripsi. (Sumber gambar : Instagram/ @bellaalfira08)

Intip 5 Outfit Tampil Formal saat Sidang Skripsi

15 January 2023   |   21:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sidang skripsi menjadi hari paling penting bagi mahasiswa. Ujian terbuka ini adalah momen penentu dari perjuangan mereka untuk memperoleh gelar sarjana setelah bertahun-tahun menjalani kuliah. Selain merepresentasikan hasil penelitian atau skripsi yang menjadi poin utama, penampilan juga jadi hal yang perlu diperhatikan. 

Enggak mungkin dong saat sidang skripsi kamu pakai kaos oblong dan jeans seperti saat masuk ke kelas mata perkuliahan? Dengan penampilan rapi dan sesuai, itu bisa menunjukan keseriusan kamu mengikuti sidang skripsi, lho. Buat kamu yang masih bingung mau pakai apa di sidang skripsi, berikut rekomendasi outfit yang bisa kamu ikuti. 

Baca jugaTips Mengatasi Demotivasi saat Menyusun Skripsi


1. Kemeja Putih

Ini menjadi outfit utama saat sidang skripsi. Kemeja putih berperan memberikan kesan rapi dan formal. Pakaian ini juga cocok dikenakan pria maupun wanita. Fashion Stylish dari Blibli, Nadine menyarankan untuk memilih kemeja putih polos tanpa ornamen.

Kemeja ini bisa kamu padu padankan dengan blazer, jas, atau vest. Namun demikian, kamu harus selektif memilih bahan kemeja putih yang digunakan ya. Pastikan kemeja tersebut memiliki bahan yang tebal dan tidak tembus pandang ya, Genhype.


2. Blazer Hitam atau Vest

Agar terkesan lebih formal dan resmi, blazer hitam bisa melengkapi tampilan outfit saat kamu menjalani sidang skripsi. Blazer hitam biasanya memiliki model yang standar dengan kerah tidur dan juga kancing tunggal di bagian perut, yang akan membuat penampilan tampak rapi. 

Sebagai alternatif yang lebih santai dan bergaya, kamu bisa memakai vest atau rompi. Namun demikian, pilih vest polos berwarna hitam atau gelap. Jangan pakai yang bercorak atau berwarna terang. Ingat kamu datang untuk sidang skripsi bukan mau hangout bareng teman.


3. Celana atau Rok Gelap

Untuk pria, kamu bisa menggunakan celana bahan berwarna hitam atau gelap. Bila perlu sesuaikan dengan jas atau vest yang kamu gunakan. Sementara untuk wanita, kamu bisa memilih memakai celana atau rok hitam maupun berwarna gelap. Baik celana maupun rok, pastikan ukurannya tidak sempit atau terlalu longgar yang justru memberi kesan tidak rapih. 


4. Sepatu Formal

Nadine menjelaskan sepatu formal adalah sepatu yang menutup jari kaki dan juga tumit, biasanya memiliki aksen tali ataupun velcro sebagai kancingnya agar sepatu tidak lepas, sebagai contoh Oxford Shoes. 

Untuk kebutuhan sidang skripsi wanita, jangan tergoda untuk memilih sepatu terbuka ataupun dengan hak tinggi meskipun warnanya hitam atau gelap. Dia menyarankan untuk memilih sepatu datar atau flat shoes karena memudahkan mobilitas. Sepatu datar juga lebih memberikan kesan sederhana. 


5. Hijab Netral

Untuk mahasiswa pengguna hijab, pilih warna-warna netral seperti hitam atau putih yang menyesuaikan dengan pakaian yang kamu gunakan. Biasanya penggunaan warna ini sudah diatur oleh kampus, jadi kamu tinggal menyesuaikan saja.

Soal gaya, pakailah hijab dengan model simpel. Tidak perlu banyak riasan atau dekorasi. Cukup pakai bros untuk mempertahankan posisi hijab sekaligus mempermanis tampilan kamu. 

Baca juga5 Ide Outfit Kuliah Buat Cowok yang Simpel Nan Modis

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Laksmi Gagal Masuk Top 16, Ini Pemenang & Hasil Akhir Miss Universe 2022

BERIKUTNYA

5 Kiat Mengoleksi Karya Seni ala Arsitek & Kolektor Cosmas Gozali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: