Film Six Triple Eight diangkat dari artikel karya Kevin M. Hymel yang diterbitkan di WWII History Magazine. (sumber gambar Flickr)

Oprah Winfrey dan Kerry Washington Bakal Duet di Film Sejarah Six Triple Eight

12 January 2023   |   15:11 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pemandu acara terkenal asal Amerika Oprah Winfrey akan kembali membuktikan kepiawaiannya berakting dengan membintangi film garapan Tyler Perry. Tak hanya itu, di film teranyarnya ini dia juga akan duet dengan artis Kerry Washington sebagai dua pemain utama dalam film berjudul Six Triple Eight.

Dihimpun dari Variety, dua wanita papan atas industri hiburan di Amerika Serikat itu akan memerankan karakter perempuan kulit hitam pada masa Perang Dunia II. Mereka, dan ratusan orang lainnya diberi tugas berat untuk memilah dan mengirimkan surat backlog yang tidak terkirim pada fase perang besar itu. 
 
 


Film Six Triple Eight sendiri diangkat dari artikel karya Kevin M. Hymel yang diterbitkan di WWII History Magazine oleh Sovereign Media. Sinopsisnya menyebutkan bahwa para perempuan kulit hitam itu dihadapkan pada masalah diskriminasi, kehidupan di tanah asing, serta dalam negara yang dilanda perang. 

Mereka pun bertahan hidup dengan menyortir lebih dari 17 juta surat yang dapat menghubungkan para tentara Amerika yang sedang berperang dengan keluarganya di rumah. Tugas berat itu  mereka jalani selama tiga tahun penuh bersama sekitar 855 perempuan kulit hitam di Amerika.

Selama hampir 75 tahun, kisah-kisa perjuangan mereka pun dijauhkan dari buku-buku sejarah dan jauh dari sorotan nasional. Namun, pada 2022, Presiden AS Joe Biden akhirnya memberikan penghargaan medali emas dan pengakuan kepada batalion tersebut.

Sutradara Perry tahun lalu memang sempat mengatakan pada Variety bahwa film karya terbarunya akan berlatar Perang Dunia II. Secara khusus dia menyampaikan bahwa film itu menampilkan perempuan-perempuan yang turut membentuk sejarah tapi diabaikan oleh negara. 

Kepada media yang sama, tahun lalu,  Perry mengatakan bahwa film dia berikutnya akan berlatar Perang Dunia II. Secara khusus dia menyampaikan bahwa film itu memang akan menampilkan perempuan-perempuan luar biasa yang selama ini diabaikan oleh negara Amerika.

Six Triple Eight sendiri menandai film keempat Tyler Perry yang diproduksi untuk Netflix.  Yaitu setelah dia menggarap film-film populer seperti A Fall From Grace (2020), A Madea Homecoming (2022), dan A Jazzman's Blues (2022). 

Selain Washington dan Winfrey, film juga akan melibatkan bintang-bintang papan atas lain seperti Ebony Obsidian, Milauna Jackson, Kylie Jefferson, Shanice Shantay, dan masih banyak lagi. Sementara itu, lawan main Winfrey, Kerry Washington juga akan menjadi produser eksekutif di film tersebut. 

Oprah Winfrey populer berkat acara bincang televisinya, The Oprah Winfrey Show. Berlangsung sejak 1986 hingga 2011, acara televisi tersebut berhasil memenangkan penghargaan televisi Emmy Awards sebanyak 10 kali. Sementara itu, dalam dunia film, perempuan kelahiran Mississippi pada 1954 itu juga sudah membintangi sederet film terkenal.

Beberapa di antaranya adalah Lee Daniels' The Butler (2013), Charlotte's Web (2006),  The Butler (2013), Selma (2014),  dan A Wrinkle in Time (2018). Adapun, Netflix secara resmi mengumumkan film tersebut pada Desember lalu. Produksi Six Triple Eight sendiri akan dimulai pertengahan bulan ini.


Editor: Indyah Sutriningrum


 

SEBELUMNYA

Alasan Personal Sutradara Fajar Nugros Garap Film Balada Si Roy

BERIKUTNYA

3 Fakta yang Perlu Kamu Tahu tentang Kraken, Subvarian Covid-19 Omicron

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: