Seseorang berkirim pesan (Sumber gambar: pexels/ cottonbro studio)

Berkenalan dengan Proxy WhatsApp dan Cara Penggunaannya

08 January 2023   |   17:53 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Saat hendak menggunakan WhatsApp, tidak jarang sambungan internet menjadi penghalang. Kondisi ini pun membuat kalian tidak bisa berkirim pesan kepada orang-orang terkasih atau pun terdekat. Kini, kalian tidak perlu khawatir lagi lantaran pengembang aplikasi WhatsApp mengeluarkan dukungan proksi (proxy). 

Whatsapp meluncurkan dukungan proksi yang dapat digunakan oleh para pengguna di seluruh dunia agar dapat tetap mengakses aplikasi tersebut dan mengirimkan pesan, meskipun koneksi internet terganggu atau pun terblokir.

Baca juga: Cek! Mulai Awal Tahun WhatsApp Tidak Bisa Dipakai Lagi di Handphone Ini 

Berdasarkan laman Blog WhatsApp, manajemen sadar bahwa banyak pengguna yang masih belum memiliki kemampuan untuk menjangkau orang-orang yang dikasihi karena kebijakan penutupan internet.

“Untuk menangani hal tersebut, hari ini kami meluncurkan dukungan proksi bagi pengguna WhatsApp di seluruh dunia. Ini artinya, kami memberikan kemampuan untuk mempertahankan akses ke WhatsApp kepada orang-orang apabila koneksi mereka terblokir atau terganggu,” demikian tertulis.

Genhype dapat terhubung ke aplikasi melalui server yang disiapkan oleh relawan dan organisasi di seluruh dunia, yang berdedikasi untuk membantu banyak orang berkomunikasi dengan bebas dengan memilih proksi.

Perusahaan mengklaim penggunaan proksi akan mempertahankan tingkat privasi dan keamanan yang disediakan . Pesan pribadi yang terkirim akan tetap terlindungi melalui enkripsi end-to-end, sehingga memastikan pesan hanya berada di antara pengirim dan orang yang menerima pesan.

Orang lain tidak dapat melihat isi pesan dengan perlindungan tersebut, termasuk server proksi, WhatsApp, atau Meta.

Perusahaan pun berharap tidak ada lagi kebijakan penutupan jaringan internet. WhatsApp menilai bahwa kebijakan penutupan jaringan internet adalah tidak sesuai dengan hak asasi manusia. Tidak hanya itu, penutupan itu juga memberikan hambatan dalam menyampaikan bantuan.

Sebelum menggunakan proksi, dalam laman faq.whatsapp.com, terdapat catatan yang perlu Genhype ketahui. Pertama, saat kalian menggunakan proksi pihak ketiga, alamat IP akan dibagikan dengan penyedia proksi.

Kedua, WhatsApp pihak ketiga tidak disediakan oleh WhatsApp. Ketiga, jika ingin membantu pengguna lain membangun kembali koneksi ke WhatsApp, kalian dapat membuat server proksi yang dapat digunakan oleh pihak lain. Kalian yang hendak menggunakan proksi dalam berkomunikasi melalui internet, berikut cara pengaturannya.
 

Mencari Proksi

Pertama-tama sebelum menggunakan proksi adalah kalian perlu mencari prksi yang akan digunakan terlebih dahulu. Jika memiliki akses internet, kalian bisa mencari sumber yang dapat dipercaya yang telah membuat proksi. Kalian dapat mencarinya melalui media sosial atau mesin pencari yang ada saat ini untuk menemukan pembuat proksi.


Versi Terbaru

Setelah menemukan proksi yang akan digunakan untuk mengakses WhatsApp, kalian perlu memastikan bahwa aplikasi yang sedang digunakan sudah di-update atau diperbarui ke versi paling anyar dari aplikasi ini.


Hubungkan

Jika sudah menemukan proksi yang hendak digunakan dan memiliki aplikasi versi terbaru, kalian bisa membuat setelah di tab chat. Kemudian, ketuk penyimpanan dan data. Setelah itu, pilih proksi.

Lalu, ketuk gunakan proksi. Langkah selanjutnya adalah ketul setel proksi dan masukkan alamat proksi yang ingin kalian gunakan. Alamat proksi ini adalah alamat yang sudah kalian temui melalui mesin pencari atau media sosial. Kemudian, kalian dapat menyimpan alamat proksi yang sudah dimasukan. Saat itu, tanda centang akan muncul jika koneksi berhasil.

Kalian dapat mengirim atau menerima pesan saat tanda itu muncul. Namun, kalian tidak akan menerima atau mengirim pesan jika alamat proksi telah diblokir. Saat alamat proksi terblokir, maka kalian dapat menghapusnya dengan menekan yang lama alamat tersebut untuk menghapusnya. Setelah menghapus alamat proksi, kalian dapat memasukkan alamat yang baru untuk mencobanya kembali.

Baca juga: WhatsApp Kini Kebagian Fitur Avatar, Begini Cara Pakainya

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Resep Kue Lapis Legit yang Manis dan  Mengenyangkan

BERIKUTNYA

Kisah Karakter Anyar Genshin Impact Versi 3.4, Alhaitham & Yaoyao

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: