kuliahdiiain (sumber gambar: elma)

Tips Sukses Kuliah di PTKIN

05 January 2023   |   17:00 WIB
Image
ELMA FATMAWATI mahasiswi manajemen

Tidak dapat dipungkiri mungkin kebanyakan dari teman-teman adalah mahasiswa baru terkhusus mahasiswa baru di perguruan tinggi keagamaan atau masih calon mahasiswa baru untuk mencari referensi sebagai bekal menghadapi dunia perkuliahan nanti.

Beberapa hal yang ditakuti oleh banyak calon mahasiswa ketika memasuki perguruan tinggi keagamaan adalah harus menguasai bahasa arab dan mempunyai basic keagamaan yang kebanyakan telah dibekali ketika semasa sekolah madrasah. Sehingga membuat calon mahasiswa dari sekolah umum ketar ketir untuk berkuliah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Memang di PTKIN diterapkan bahasa arab maupun ilmu keagamaan seperti fikih dan sejarah keislaman, hal ini terlihat ketika dalam ujian masuk terdapat sub bab bahasa arab dan pengetahuan keagamaan. Namun, hal ini tidak perlu ditakuti karena hal tersebut dapat kita pelajari dengan memahami dasar-dasarnya dan dapat kita perdalam lagi ketika telah memasuki di dunia perkuliahan nanti.

Baca juga: Mau Kuliah? Yuk Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Memilih Perguruan Tinggi

Masa perkuliahan dengan masa sekolah SMA sangatlah berbeda. Mulai dari mata pelajaran yang di jenjang kuliah disebut mata kuliah, jam perkuliahan, hingga keorganisasian. Nah, sebelum kita menyesal karena kurangnya ketidaktahuan tentang dunia perkuliahan, maka perlu memerhatikan hal-hal yang perlu dipersiapkan ketika masih awal semester atau mahasiswa baru.


1. Satukan Niat dan Tujuan

Seperti statement di awal bahwa dunia perkuliahan sangatlah berbeda dengan dunia semasa sekolah menengah atas, begitu juga dengan kondisi lingkungan disana. Kondisi lingkungan yang begitu kompleks terkadang membuat mahasiswa mudah terlena atau berleha-leha sehingga mereka cenderung menyepelekan niatan awal mereka berkuliah yaitu untuk belajar. Terlebih ketika kita masuk di PTKIN maka kita harus lebih extra belajar tentang keagamaan di dalamnya. Oleh karena itu, pentingnya menjaga niat dan tujuan pendidikan kita supaya kita dapat lebih fokus dalam berkuliah dan menghindari hal-hal yang mengganggu pendidikan kita selama berkuliah.


2. Pahami Sistem Perkuliahan

Di perkuliahan, terdapat istilah KRS (Kartu Rencana Studi)/IRS (Isian Rencana Studi)/FRS (Formulir Rencana Studi) dimana merupakan daftar mata kuliah yang akan diikuti atau diambil oleh mahasiswa dalam satu semester kedepan dan akan dibimbing oleh Dosen Wali atau Pembimbing Akademik. Setiap perguruan tinggi menerapkan kebijakan masing-masing dalam pengambilan KRS. Dan di dalam KRS nantinya akan tercantum NIM (Nomor Induk Mahasiswa), angkatan, jurusan, fakultas, mata kuliah beserta SKS-nya masing-masing.


3. Pahami Sistem Mengajar

Berbeda dengan semasa SMA dimana guru akan masuk ke kelas sesuai jadwal yang telah ditentukan, di perguruan tinggi mahasiswa harus mencari kelas mata kuliah yang telah ditentukan di jadwal. Selain itu, tak jarang dosen seringkali mengajak mahasiswa untuk pembelajaran via online. 
Setiap dosen akan memiliki sistem mengajarnya masing-masing, sehingga kita perlu memahami sistem ajar dosen supaya kita faham dan tidak ketinggalan materi yang diberikan oleh dosen.


4. Gabung Organisasi

Selain fokus di akademik, kita dapat bergabung menjadi anggota organisasi yang ada di perguruan tinggi. Di sana kita dapat meningkatkan potensi softskill maupun hardskill melalui program yang disediakan di organisasi mahasiswa tersebut. Kita dapat memilih organisasi yang sesuai dengan minat dan bakat kita. Di samping itu, dengan mengikuti organisasi akan banyak keuntungan yang kita dapatkan antara lain wawasan/keilmuan tentang keorganisasian, belajar public speaking karena kita banyak berdiskusi dan menyampaikan pendapat, kepemimpinan, memperluas relasi, open minded karena kita akan bertemu dengan banyak pendapat yang berbeda dalam sebuah forum, dan keuntungan hal lainnya.


5. Perluas Relasi & Wawasan

Di dunia perkuliahan, kita akan menemukan lingkungan yang sangat luas dan beragam. Mulai dari latar belakang asal daerah, pemikiran, dan kebiasaan. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa baru perlu cermat dalam memilih teman pergaulan. Tidak salah jika kita mengenal teman yang banyak dengan berbagai macam perbedaan, asal kita pandai untuk memilah informasi yang perlu kita tiru/ikuti atau tidak. 

Sistem di dunia perkuliahan sangatlah luas. Sebagai mahasiswa baru, kita perlu menyiapkan bekal sedari awal agar kita tidak tertinggal maupun kurang maksimal dalam menjalani masa perkuliahan. Maka pentingnya kita menjaga niat & tujuan dan aspek-aspek di atas. Manfaatkan waktu maupun fasilitas yang disediakan oleh setiap perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kita sebagai mahasiswa dan dapat menjadi lulusan yang terbaik.


Disclaimer: Seluruh konten dalam tulisan ini merupakan hasil karya artikel yang bersangkutan sebagai penulis independen. Hypeabis.id tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat kekeliruan atau gugatan dari pihak lain.

SEBELUMNYA

Jadwal Knockout Stage M4 World Championship, Dua Tim Esports Indonesia Duduki Upper Bracket

BERIKUTNYA

EXO-L Bersiap, Suho Umumkan EXO Bakal Comeback Tahun Ini!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: