Ilustrasi makanan tahun baru (sumber gambar Unsplash/Masaaki Komori)

5 Makanan Tahun Baru yang Dipercaya Membawa Keberuntungan 

01 January 2023   |   12:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Tahun baru 2023 sudah tiba, semangat baru pun harus lebih menyala! Mungkin itu sebabnya beberapa negara di berbagai belahan dunia memiliki tradisi-tradisi unik yang dipercaya dapat membawa keberuntungan di tahun yang akan datang. 

Ya, perayaan tahun baru memang selalu dihiasi dengan tradisi khas di beberapa negara. Seperti membakar orang-orangan sawah di Ekuador, hingga menyelam ke danau beku di Siberia untuk memeriahkan pergantian tahun.

Namun, selain kegiatan tersebut, ternyata ada sejumlah budaya di dunia memiliki tradisi menyantap makanan yang dipercaya membawa keberuntungan sepanjang tahun. Daripada penasaran, yuk simak daftarnya yang dihimpun Hypeabis.id dari berbagai sumber dalam ulasan berikut.

Baca juga: Intip 5 Shio yang Diprediksi Hoki pada Tahun Kelinci Air


1. 12 Anggur, Spanyol

 

ilustrasi anggur (sumber gambar Unsplash/Manuel Venturini)

ilustrasi anggur (sumber gambar Unsplash/Manuel Venturini)


Masyarakat di Spanyol memiliki kebiasaan unik bernama las doce uvas de la suerte yang dilakukan saat malam pergantian tahun. Yaitu makan 12 buah butir buah anggur yang dipercaya akan membawa keberuntungan bagi dan menangkal kejahatan bagi yang menyantapnya. 

Tradisi unik itu telah ada sejak tahun 1800-an dan sampai saat ini masih banyak dilakukan oleh orang Spanyol. Uniknya, jumlah 12 anggur yang mewakili jumlah bulan dalam kalender Masehi, harus habis  disantap dalam hitungan detik sebelum pergantian tahun.


2. Berliner, Jerman

Makananan berbentuk seperti donat ini juga menjadi salah satu kudapan khas di Jerman yang dipercaya membawa hoki. Dikenal sebagai Berliner atau Krapfen, sajian ini akan banyak dijajakan toko roti pada malam pergantian tahun di Jerman dan pasti ludes diborong masyarakat.

Berliner biasanya diberi taburan gula halus dan diisi dengan senaca semacam selai buah. Beberapa orang bahkan memakan donat ini untuk mengobati sisa mabuk di hari berikutnya sebagai sarapan pagi. Adapun, selai buah yang biasa  dijadikan isian adalah raspberry, plum, dan aprikot.


3. Mie Soba, Jepang

 

ilustrasi soba (sumber gambar Unsplash/Fidel Fernando)

ilustrasi soba (sumber gambar Unsplash/Fidel Fernando)

Pada malam pergantian tahun, masyarakat di Jepang akan menikmati semangkuk mie soba hangat bernama toshikoshi soba alis mie tahun berlalu. Berbeda dengan mie lainnya, toshikoshi memiliki bentuk lebih panjang karena melambangkan umur yang panjang.

Cara menyantap mie ini pun berbeda. Pemakan harus menghindari memotong mie dan menelannya secara utuh. Hal ini dikarenakan agar keberuntungan yang menyertai mereka tidak terputus dan bertahan lama. Jadi, makan mie soba sebaiknya diseruput. 


4. Oliebollen, Belanda

Orang-orang di Belanda juga memiliki tradisi unik menyantap Oliebollen, semacam gorengan khas Belanda yang terbuat dari adonan tepung, telur, dan susu yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan dijual pada malam tahun baru.

Mereka percaya, orang yang memakan oliebollen pada saat pergantian tahun akan lolos dari murka Perchta, dewi pagan yang membelah perut suku pemberontak. Selain itu, Oliebollen diyakini juga akan membawa hoki sepanjang tahun bagi yang menyantapnya pada detik-detik pergantian tahun.


5. Daging Babi, Italia

Di Italia, menyantap daging babi saat malam pergantian tahun juga dianggap bakal membawa keberuntungan. Makanan tersebut biasanya disajikan bersama kacang lentil dan diberi nama cotechino con lenticchie, yang dianggap mewakili dua simbol keberuntungan.

Pertama, karena hewan tersebut bergerak maju saat makan yang diyakini sebagai simbol kemajuan. Bentuk babi yang bulat juga melambangkan dompet yang terisi penuh. Sementara itu, lentil yang berwarna kuning seperti koin juga dianggap sebagai pundi-pundi yang akan menyertai kesejahteraan mereka sepanjang tahun. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Kelinci Air, Cek Fengsui Dekorasi Ruang yang Bawa Hoki

BERIKUTNYA

Waduh, Proyek Serial Game of Thrones Kena Imbas Gejolak di HBO Max

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: