Ilustrasi jalan Jakarta (Sumber gambar: Eugenia Clara/Unsplash)

Cek Rekayasa Lalu Lintas Kendaraan di Jakarta saat Malam Tahun Baru 2023

31 December 2022   |   13:35 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyambut baik antusias masyarakat untuk merayakan malam pergantian tahun di ruang terbuka. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata menyampaikan Jakarta siap mewadahi perayaan malam tahun untuk warga Jakarta dan sekitarnya.

Disparekraf akan memfasilitasi acara malam tahun baru yang tersebar di sepanjang jalan MH. Thamrin hingga Jalan Sudirman dengan tajuk Malam Muda-Mudi. Ada beberapa panggung hiburan musik dan kesenian yang siap mengisi pergantian tahun baru yang bisa dinikmati generasi muda di Jakarta.

Dengan berlangsungnya acara tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengubah jalan arteri Jakarta dengan konsep car free night. Untuk mewujudkan lalu lintas yang berjalan baik, Pemerintah bekerja sama dengan Dinas Perhubungan akan melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik lokasi di Jakarta.

Baca jugaCek Jam Operasional Transportasi Umum dan Spot Perayaan Tahun Baru 2023 di Jakarta

Sejumlah tujuh panggung Festival Malam Tahun Baru 2023 akan menyebar di Sarinah, Bundaran HI, Dukuh Atas, JPO Sudirman, Bendungan Hilir, dan SCBD. Menurut keterangan resmi dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta, lalu lintas di sekitar jalan perayaan akan mengalami penyempitan dua lajur. Penutup jalan dilakukan secara bertahap mulai pukul 18.00 – 20.00 WIB.
 

Ilustrasi lalu lintas Jakarta (Sumber gambar: Zalfa Imani/Unsplash)

Ilustrasi lalu lintas Jakarta (Sumber gambar: Zalfa Imani/Unsplash)


Sedangkan mulai pukul 20.00 WIB, jalan direncanakan sudah ditutup secara total. Tidak boleh ada lagi kendaraan yang memasuki jalan Sudirman dan MH Thamrin kecuali kendaraan bersifat emergency. Penutupan dilakukan secara bertahan dari Bundaran Patung Pemuda untuk area Jalan Sudirman, dan mulai dari Bundaran Air Mancur untuk Jalan MH Thamrin.

Terdapat empat akses jalan dari arah Timur menuju Barat dan sebaliknya yang masih bisa dilintasi oleh kendaraan yaitu di Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Medan Merdeka Selatan, jalan Kebon Sirih dari awah barat, Jalan KH Wahid Hasyim, dan Jalan Galunggung Penjernihan 1.

Sedangkan jalan menuju kawasan Sudirman dan MH Thamrin seperti Bendungan Hilir, KH Mas Mansyur, Kebon Kacang, Sumenep Tosari, Prof. Dr. Stario, dan lainnya akan mengalami penutupan akses jalan.

Bagi pengunjung yang ingin hadir di lokasi Festival Malam tahun Baru Jakarta, pemerintah menyediakan 40 lokasi parkir di  dekat festival berlangsung. Namun warga diimbau untuk menggunakan moda transportasi umum untuk mengantisipasi padatnya kendaraan pribadi di area parkir. Moda transportasi MRT, LRT, dan KRL akan beroperasi hingga pukul 02.00 WIB khusus di malam tahun baru nanti.

Khusus untuk pelanggan Transjjakarta, busway koridor 1 akan mengalami perubahan rute mulai pukul 22.00 – 01.00 WIB. Busway dari arah Selatan hanya akan melayani sampai Halte Transjakarta Polda kemudian berbelok ke kiri menuju Jalan Gatot Subroto -Kota.

Sementara busway dari arah Utara hanya akan melayani sampai Halte Transjakarta Harmoni kemudian langsung berbelok kanan menuju Jalan Suryopranoto-Blok M.

Baca jugaCek 6 Titik Lokasi Festival Malam Tahun Baru 2023 di Jakarta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Tren Desain Arsitektur 2023, Gaya Simpel & Material Lokal Jadi Incaran

BERIKUTNYA

Perhatikan, Ini Risiko yang Mengintai dari Petasan & Kembang Api

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: