Ilustrasi berlibur pada momen Nataru (Sumber gambar: Freepik)

Tips Hemat Biaya Transportasi Saat Liburan, Yuk Praktikan

25 December 2022   |   11:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Biaya transportasi kerap jadi yang paling membengkak di antara hal lain saat liburan. Bagi wisatawan yang ingin memaksimalkan bujet liburan, tentu hal ini jadi permasalahan tersendiri. Wisatawan mesti pintar memainkan strategi yang tepat agar biaya transportasi bisa berkurang jumlahnya.

Belum lagi, jika waktu liburan berbarengan dengan high season, seperti libur Natal dan tahun baru kali ini. Hampir dipastikan semua biaya transportasi akan naik.

Mari kita bedah. Biaya transportasi menuju ke tempat wisata, seperti pesawat, bus, dan kereta, biasanya akan mengalami kenaikan. Di sisi lain, biaya transportasi selama di destinasi wisata juga akan lebih tinggi dibanding hari biasa.

Travel Blogger Trinity mengatakan berlibur pada musim liburan, seperti momen Nataru ini memang agak sedikit tricky. Sebab, biasanya pada high season, semua harga memiliki kecenderungan naik, termasuk dari sisi transportasi.

Baca juga: 4 Kiat Aman Liburan di Tengah Kondisi Cuaca Ekstrem

Terlebih bagi wisatawan yang opsi transportasi satu-satunya ke lokasi wisata ialah menggunakan pesawat. Namun, jangan khawatir, Trinity masih punya cara jitu agar bisa berhemat.

Pertama, merencanakan liburan jauh-jauh hari sehingga wisatawan dapat membeli tiket pesawat lebih dini. Cara ini biasanya efektif untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah.

Kedua, jangan terpaku dengan satu maskapai saja. Cobalah untuk melihat harga tiket dari maskapai lain yang memiliki rute penerbangan yang sama. Jika ada yang lebih terasa menguntungkan, kenapa tidak mencoba menggunakan maskapai lain?

Ketiga, cobalah untuk melakukan riset sederhana ke beberapa aplikasi pemesanan. Sebab, maskapai yang sama dan rute penerbangan yang sama akan memiliki harga berbeda di tiap aplikasi. Wisatawan dapat memilih harga tiket yang lebih murah atau memiliki promo agar terasa lebih menguntungkan.

Keempat, Trinity menyarankan wisatawan agar berangkat liburan pada H-1 dari tanggal merah. Sebab, harga tiket pada hari tersebut sangat mahal.
 

Ilustrasi liburan (Sumber gambar: Freepik)

Ilustrasi liburan (Sumber gambar: Freepik)


Jika ingin menikmati liburan pada malam pergantian tahun, biasanya harga tiket yang masih normal ada di sekitar tanggal 28 Desember. Namun, jika makin mendekati tanggal merah, harganya pasti akan lebih melonjak.

“Malam tanggal 31 Desember atau 1 Januari juga biasanya lebih murah. Sebab, jarang orang mau tahun baruan di atas pesawat. Wisatawan tinggal berkompromi dengan hari cuti untuk menikmati liburannya,” imbuhnya.

Trinity mengatakan dibanding menggunakan pesawat, wisatawan sebaiknya mempertimbangkan opsi perjalanan darat. Memilih menggunakan bus atau kereta untuk menuju ke tempat wisata bisa jadi pilihan bijak untuk menekan bujet traveling.

Menggunakan transportasi darat dapat memotong bujet secara signifikan dibanding naik pesawat. Jalur darat, kata Trinity, sekarang juga lebih nyaman dengan adanya banyak tol di Indonesia, khususnya yang masih di Jawa.

Jika ingin menekan bujet traveling lagi, Trinity menyarankan untuk road trip menggunakan kendaraan pribadi. Cara ini terbilang lebih seru karena wisawatan dapat berhenti atau mengubah rute sesuai keinginan tanpa terikat oleh apa pun.
 

Kendaraan Pribadi Jadi Pilihan Wisatawan 2022

Kendaraan pribadi memang menjadi pilihan transportasi favorit wisatawan saat berlibur pada momen Nataru 2022. Hal itu terlihat dalam survei Vakansi Akhir Tahun 2022 yang dibuat oleh DataIndonesia.id.

Survei Vakansi Akhir Tahun 2022 ini dilakukan secara daring pada 27 Oktober-23 November 2022 dengan melibatkan 380 responden yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Margin of error survei ini sebesar 7%.

Dalam survei tersebut, diketahui sebanyak 56,85 persen responden berencana menggunakan kendaraan pribadi untuk menikmati libur Nataru. Sebanyak 17,82 persen lainnya memilih bepergian menggunakan pesawat terbang. Kemudian, sebanyak 13,01 persen responden menggunakan kereta api untuk menuju lokasi wisata tujuannya.

Selanjutnya, ada 11,64 persen responden yang menggunakan bus sebagai moda transportasi liburan akhir tahun. Sisanya, hanya 0,68 persen responden saja yang berencana menggunakan kapal untuk berlibur.

Head of DataIndonesia.id Team Setyardi Widodo dalam webinar bertema Geliat Liburan Akhir Tahun 2022, Sektor Pariwisata Mulai Pulih? mengatakan bahwa penggunaan kendaraan pribadi sebagai moda transportasi utama tampak menjadi pilihan semua generasi.

Namun, bagi gen Z, pilihan moda transportasi favorit keduanya ialah kereta. Hal itu berbeda dengan generasi pendahulunya yang lebih memilih pesawat sebagai opsi transportasi kedua mereka.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Survei DataIndonesia.id: Wisata Domestik Jadi Favorit Saat Libur Nataru

BERIKUTNYA

6 Inspirasi Outift Pesta Makan Malam, Cocok Jadi OOTD Malam Perayaan Natal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: