Di berbagai negara, gereja-gereja dengan arsitektur menawan biasanya merupakan peninggalan kerajaan yang mayoritas rakyatnya memeluk agama Katolik atau Nasrani. Ilustrasi Sagrada familia (Sumber gambar: Unsplash/Miltiadis Fragkidis)

8 Gereja dengan Arsitektur Terindah di Dunia

24 December 2022   |   14:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

5. St John’s Co-Cathedral, Malta

 

Ilustrasi St John’s Co-Cathedral (sumber gambar Unsplash/Joran Quinte)n

Ilustrasi St John’s Co-Cathedral (Sumber gambar: Unsplash/Joran Quinte)

Negara kepulauan di Eropa bagian selatan, Malta juga memiliki bangunan gereja indah yang wajib masuk bucket list destinasi tujuan wisata religi Natal dan tahun baru. Salah satunya adalah St John’s Co-Cathedral yang didesain dengan gaya barok.

Mulai dibangun pada abad ke-16, di katedral ini selain menikmati keindahan arsitekturnya yang khas dengan berbagi ukiran unik di pilar-pilarnya, kamu juga bisa melihat karya seni rupa pelukis Italia terkenal bernama Caravaggio, seperti St John the Baptist dan St Jerome Writing. 
 

6. St Stephen’s Basilica, Hongaria

 

Ilustrasi St Stephen’s Basilica, Hongaria (sumber gambar Unsplash/Liam McKay)

Ilustrasi St Stephen’s Basilica, Hongaria (Sumber gambar Unsplash/Liam McKay)

Terletak di kota Budapest, gereja St Stephen’s Basilica juga bisa menjadi tujuan wisata saat traveling ke luar negeri. Pasalnya, gereja dengan gaya bangunan neo klasik ini  merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Hongaria, sehingga sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke sana.

Keunikan gereja ini selain memiliki pola-pola simetris pada desain arsitekturnya juga memiliki interior desain yang mewah. Termasuk altar berlapis emas serta kubah tinggi menjulang yang menakjubkan. Selain itu, gereja ini juga menjadi rumah bagi Santo Stephan, yang menjadi pelindung rakyat Hongaria.
 

7. St Basil’s Cathedral, Rusia

 

Iuastrasi St Basil’s Cathedral (sumber gambar Unsplash/Klim Musalimov)

Iuastrasi St Basil’s Cathedral (Sumber gambar: Unsplash/Klim Musalimov)

Gereja dengan bangunan indah nan unik lainnya adalah St Basil’s Cathedral yang berada di kota moskow, Rusia. Bangunan itu terkenal dengan eksteriornya yang menyerupai api unggun. Katedral di negeri Beruang Merah ini juga menjadi salah satu gereja yang cukup populer di dunia dengan warna-warninya yang khas.

Situs gereja yang dibuat atas prakarsa kaisar, Tsar Ivan Grozny atau Ivan The Terrible ini terdiri dari sembilan kapel utama untuk menghormati Santo Basil. Adapun, gereja ini juga sudah dinobatkan sebagai situs warisan budaya oleh UNESCO pada 1990.
 

8.Westminster Abbey, Inggris

 

Ilustrasi Westminster Abbey (sumber gambar Unsplash/Ming Jun Tan)

Ilustrasi Westminster Abbey (Sumber gambar Unsplash/Ming Jun Tan)

Gereja ikonik dengan bangunan indah lainnya adalah Westminster Abbey yang terletak di London. Katedral dengan menara mmenjulang ini merupakn bangunan bersejarah berusia ribuan tahun dengan gaya arsitektur gotiknya yang menakjubkan. Gereja ini sendiri dibangun oleh para biarawan Benediktin yang diprakarsai oleh Raja Henry III.

Dengan desain arsitekturnya yang unik, gereja ini juga memiliki langit-langit ruangan setinggi 31 meter, hingga menjadi bangunan dengan langit-langit tertinggi di Inggris. Beberapa tokoh penting dunia juga dimakamkan di gereja ini, seperti Rudyard Kipling, Charles Dickens, hingga Stephen Hawking.

Baca juga8 Fakta Menarik Vatikan, Rumah bagi Uskup Roma & Pemimpin Gereja Katolik
 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

5 Lagu Natal Paling Populer, Cek Maknanya Yuk!

BERIKUTNYA

5 Lukisan Ikonik tentang Yesus, dari Karya Leonardo da Vinci hingga El Greco

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: