Aminah Cendrakasih, aktris senior yang memerankan karakter Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak sekolahan tutup usia. (Sumber gambar: Instagram Si Doel)

Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak di Si Doel Anak Sekolahan Tutup Usia

21 December 2022   |   23:38 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kabar duka kembali menyelimuti dunia seni Tanah Air. Aminah Cendrakasih, aktris senior yang memerankan karakter Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan tutup usia di umur 84 tahun pada Rabu (21/12/22) malam, sekitar pukul 20.00 WIB.

Kabar duka meninggalnya Aminah Cendrakasih diumumumkan oleh media sosial Si Doel Anak Sekolahan. Selain itu kabar kepergian Mak Nyak juga dipastikan oleh rekan Mak Nyak, Rano Karno dalam melalui media sosial Instagramnya di hari yang sama. 

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun telah Wafat Mak Nyak (Aminah Cendrakasih). Semoga Almarhumah diterima seluruh amal ibadahnya Dan diberikan tempat terbaik disisi Allah SWT Aaminn YRA," tulis Rano Karno dikutip dari akun Instagram @si.rano.

Baca jugaProfil & Film Populer yang Dibintangi Aminah Cendrakasih Semasa Hidupny
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rano Karno (@si.rano)



Ucapan selamat jalan pada pada aktris legendaris itu juga disampaikan oleh pemain sinetron Si Doel lainnya, yakni Suty Karno pemeran Atun, serta Cornelia Aghata pemeran Sarah. Mereka berdua menyampaikan ucapan bela sungkawa dalam Instagram story masing-masing.

Aminah Cendrakasih lahir pada 29 Januari 1938 di Magelang, Jawa Tengah. Dia merupakan anak dari pasangan Husni Nagib dan aktris legendaris Indonesia, Wolly Sutinah alias Mak Wok. Sosok aktris yang sempat meramaikan sederet film komedi era 1970 hingga 1980-an bersama Iskak, S. Bagio, Bing Slamet, serta Benyamin S.

Laman Festival Film Indonesia mencatat, Aminah Cendrakasih adalah salah satu pemeran senior di Indonesia. Dia sudah mengenal dunia panggung sejak kecil dengan bermain sandiwara di perkumpulan sandiwara milik Ibunya, Miss Wolly Opera sebagai penyanyi dan penari pada 1955.

Selain itu, dia juga mendapat kesempatan tampil di film Oh, Ibuku (1955) karya Ali Yugo. Sempat juga beradu akting dengan Ibunya, Wolly Sutinah di film Gambang Semarang (1955) besutan sutradara Tan Sing Hwat. Serta didapuk sebagai pemeran utama film Ibu dan Putri (1955) yang disutradari oleh Ha van Wu.

Baca jugaWolly Sutinah, Sosok Ibu di Balik Kiprah Aminah Cendrakasih di Kancah Seni Peran

Sejak 1955 hingga 1989, Aminah telah sudah membintangi sekitar 101 film, baik sebagai pemeran pembantu maupun pemeran utama. Berkat pengabdiannya inilah dia kemudian mendapat Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional pada 1992.

Pamor Aminah sendiri mulai meroket saat dia membintangi sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang diproduseri dan dibintangi oleh Rano Karno. Di film legendaris ini dia memainkan karakter sebagai Mak Nyak istri dari Babe Sabeni yang diperankan oleh Benyamin Suaeb.

Selain aktif di dunia film, Aminah Cendrakasih juga aktif di organisasi HSBI dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Di organisasi tersebut dia pernah menjabat Ketua I Divisi Kesenian. Selain itu dia juga menjabat Komisaris PT. Jayanti Adhikara Sinema.

Selamat jalan Mak Nyak.

Baca juga7 Film Terpopuler yang Dibintangi Aminah Cendrakasih, Siap Bikin Nostalgia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Intip 4 Akuarium Terbesar di Dunia dan Beragam Ikan Uniknya

BERIKUTNYA

Profil & Film Populer yang Dibintangi Aminah Cendrakasih Semasa Hidupnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: