Aminah Cendrakasih (Sumber gambar: festivalfilm.id)

Profil & Film Populer yang Dibintangi Aminah Cendrakasih Semasa Hidupnya

22 December 2022   |   08:34 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Aktris legendaris, Aminah Cendrakasih mengalirkan duka bagi dunia perfilman Indonesia atas kepulangannya ke pangkuan Yang Maha Esa. Wanita yang akrab dengan peran Mak Nyak tersebut menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu, 21 Desember 2022 pukul 20.00 WIB tadi malam di Tangerang Selatan.

Sang aktris yang akrab dengan Rano Karno tersebut berpulang pada usianya yang ke-84 tahun. Semasa hidupnya, dara kelahiran Magelang itu memiliki karier yang gemilang dalam dunia seni peran dan model di Indonesia. Kiprahnya dalam dunia film selalu dirindukan.

Baca jugaAminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak di Si Doel Anak Sekolahan Tutup Usia

Aminah memulai kariernya sebagai aktris sejak puluhan tahun lalu. Salah satu film yang membantunya merangkak di industri peran adalah Setulus Hatimu dan Habis Gelap Terbitlah Terang. Bukan hal asing jika Aminah sukses dalam industri peran. Aminah mendapatkan darah seni peran itu dari ibunya yang merupakan aktris Indonesia bernama Wolly Sutinah.

Namun namanya mulai terangkat saat membintangi film Serampang 12 dan Dara Asrama pada 1958. Aminah Cendrakasih berhasil membintangi lebih dari 100 film dalam masa puncak kejayaan kariernya selama 34 tahun hingga 1989. Tidak sampai itu saja, dia kembali eksis dalam peran-peran nyentrik di film lainnya. Beberapa film terkenal yang dibintanginya antara lain Ken Arok Ken Dedes (1983) dan Si Doel Anak Sekolahan (1994-2006).

Film Si Doel Anak Sekolahan itulah yang berhasil membawanya semakin merekot dalam peran ibu yang membuatnya akrab disapa Mak Nyak. Sejak film itu tenar pada 1994, sapaan Mak Nyak sudah menempel pada diri Aminah. Dalam film yang disutradarai oleh Rano Karno tersebut, Aminah menemani hari-hari penonton Indonesia semasa televisi swasta berkembang lebih dari satu dekade.

Dalam kehidupan pribadinya, wanita yang lahir pada 29 Januari 1938 tersebut pernah menikahi Idris pada 1959 hingga 1986. Pernikahannya harus kandas setelah sang suami berpulang lebih dahulu ke pangkuan Tuhan. Dia juga dikaruniai 6 anak dalam hidupnya.

Menjelang usia tuanya, Aminah harus menderita penyakit glukoma hingga membuat pengelihatannya hilang. Dia mengalami kebutaan karena perjuangan melawan penyakit yang dideritanya sekitar 13 tahun.

Kondisinya tersebut tidak membuat Aminah lantas menerima keadaan begitu saja. Di tengah keterbatasan ekonomi pada masa tua, dia masih semangat membintangi sekuel lainnya dari film Si Doel Anak Sekolahan yang tayang pada 2018. Dalam film itu, Aminah memang hanya syuting dengan dalam keadaan berbaring.

Berikut rangkuman daftar film populer yang pernah dibintangi Aminah Cendrakasih.
  • Asmara Dara (1958)
  • Setulus Hatimu (1974)
  • Kau Tercipta Untukku (1980)
  • Senyum dan Tangis (1974)
  • Sinyo Adi (1977)
  • Kadarwati (1983)
  • Ken Arok Ken Dedes (1983)
  • Gitar Tua Oma Irama (1976)
  • Cinta Kembar (1985)
  • Si Doel Anak Sekolahan (1994-2006)
Meski sudah berpulang, karier Aminah Cendrakasih sebagai aktris legendaris di Indonesia akan selalu dikenang. Namanya tak akan hilang dari ingatan penikmat sinetron dan serial televisi pada masanya.

Selamat jalan, Mak Nyak.

Baca jugaHari Film Nasional, Melihat Peran Usmar Ismail dan Industri Perfilman Hari Ini

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak di Si Doel Anak Sekolahan Tutup Usia

BERIKUTNYA

Ada Risiko Resesi, Minat Masyarakat untuk Traveling pada Tahun Depan Masih Tinggi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: