Ilustrasi stadion sepak bola (Sumber gambar: Dino Januarsa/Unsplash)

Intip 6 Stadion Piala Dunia U-20 Indonesia, Mulai dari GBK hingga Jakabaring

20 December 2022   |   10:16 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang. Gelaran akbar sepak bola dunia itu akan dilaksanakan mulai 20 Mei – 11 Juni 2023. Indonesia pun menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 kedua di Asia Tenggara setelah terakhir dilaksanakan di Malaysia dan Thailand.

Menjalankan edisi ke-23 dari turnamen sepak bola bagi pemuda, FIFA akan menilik sejumlah stasion yang akan menjadi  saksi bagi laga sengit puluhan negara dalam dunia sepak bola. Terdapat 6 stadion yang direncanakan akan menjadi tempat bagi pesepakbola muda mengejar trofi bergengsi. Yuk simak!

Baca juga: Kenalan dengan Bacuya, Maskot Piala Dunia U-20 Indonesia yang Tampak Gagah
 

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta


Menjadi jantung bagi negara Indonesia, tentu saja Jakarta masuk dalam salah satu kota yang akan menyaksikan secara langsung kemeriahan PIala Dunia U-20. Mengambil tempat di kawasan Stadion GBK, bangunan mahakarya arsitek Friedrich Silaban itu mampu menampung sekitar 77.000 orang di tribun.

Pertama kali dibuka pada 24 Juli 1962, GBK telah menjadi saksi bisu berbagai perhelatan olahraga skala nasional dan dunia. Mulai dari SEA Games, Asian Games, hingga Piala AFF yang sekarang tengah berlangsung.
 

2. Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali

Berlokasi di Kabupaten Gianyar, Bali, Stadion Kapten I Wayan Dipta juga akan menjadi wadah bagi para atlet sepak bola muda mengejar asanya. Stadion ini memiliki kapasitas sekitar 25.000 orang yang pertama kali dibuat pada 1977.

Saat ini, Stadion Kapten I Wayan Dipta sedang menjadi wadah bagi turnamen sepak bola terbesar Indonesia yaitu Liga 1. FIFA sudah melakukan pengecekan terhadap stadion ini dan berencana melakukan pengecekan ulang menjelang 2023 mendatang.

Baca juga: Segera Dimulai, Yuk Cek Jadwal Piala AFF 2022


3. Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

Terletak di pusat kota Jawa Timur, warga Surabaya juga berkesempatan melihat secara langsung serunya duel dari timnas masing-maisng negara yang bertanding. Stadion yang dibuka pada 6 Agustus 2010 itu masih terbilang baru dan terjaga. Pembangunannya mengocek biaya hingga Rp500 miliar. Dengan harga fantastis itu, tribun Stadion Gelora Bung Tomo mampu menampung sekitar 55.000 orang.


4. Stadion Manahan, Solo


Stadion megah yang terletak di Surakarta dibuka pada 21 Februari 1998. Indonesia memasukkan stadion ini ke dalam daftar tempat gelaran Piala Dunia U-20 tahun depan. Stadion yang menampung sekitar 20.000 orang ini sempat mengalami renovasi pada 2008. Melan dana Rp300 miliar, Stadion Manahan kini telah dipoles menjadi lebih modern. Tentunya, sudah memenuhi standar FIFA untuk menggelar pertandingan bertaraf internasional. 


5. Stadion Si Jalak Harupat, Bandung

Kota Kembang juga siap menyambut bintang sepak bola dunia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Stadion ini pertama kali dibangun pada 2003 dan dibuka pada 26 April 2005. Stadion  megah itu juga mampu memuat sekitar 30.000 orang. Sama seperti Stadion Manahan, stadion Si Jalak Harupat juga sudah menggunakan sumput standar FIA berjenis Zoyzia matrella lin mer untuk meminimalisir cedera pemain.


6. Stadion Jakabaring, Palembang

Kota Palembang sudah taka sing menyambut atlet-atlet terbaik dunia. Palembang sudah sering menjadi tuan rumah ajang olahraga besar seperti  Asian Games, SEA Games, Fornas. Sekarang, stadion ini siap mencetak sejarah baru bagi Piala Dunia U-20. Stadion Jakabaring dengan kapasitas sekitar 23.000 orang itu pun siap bersolek demi FIFA. Pertama kali dibuat pada 1 Januari 2001, stadion dengan fasilitas standar internasional ini pun sudah dibuka sejak 2004.

Baca juga: Intip Fasilitas Keren 8 Stadion Piala Dunia Qatar 2022

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Kaleb J & Sezairi Rilis Single Hit It's Only Me & It's You Versi Duet

BERIKUTNYA

5 Destinasi Kota Wisata Perbukitan, Cocok untuk Glamping bareng Keluarga di Liburan Nataru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: