Kiri atas ke kanan bawah: BIG Naughty, Billlie, THE BOYZ, dan Yena. (Sumber gambar: HIGHR MUSIC, Mystic Story, IST Entertainment, Yuehua Entertainment)

MBC Gayo Daejejeon Umumkan 40 Artis Penampil, Adakah Favorit Kalian?

15 December 2022   |   17:56 WIB

Sejumlah stasiun televisi Korea Selatan segera menyelenggarakan acara festival musik akhir tahun pada bulan ini. Setelah sejumlah acara seperti KBS Gayo Daechukje dan SBS Gayo Daejeon mengumumkan rangkaian artis yang akan tampil, kini giliran MBC Gayo Daejejeon yang mengumumkan 40 artis dan pembawa acara.

MBC Gayo Daejejeon merupakan acara akhir tahun yang diadakan setiap tahun oleh stasiun televisi Munhwa Broadcasting Corporation (MBC). Acara ini diadakan sejak 1966 dan awalnya merupakan kompetisi menyanyi dengan penghargaan, tapi acara ini dialihkan menjadi penampilan musik dari sejumlah artis sejak 2005.

Bertemakan With Love, acara yang dikenal dengan judul alternatif MBC Music Festival yang digelar pada 31 Desember 2022 ini akan membawakan sejumlah artis dari berbagai aliran. Untuk deretan solois, artis yang dikonfirmasi akan hadir adalah soprano Jo Su-mi, Yoon Jong-shin, Ryeowook Super Junior, Younha, Youngtak, Taeyang SF9, 10CM, Arin OH MY GIRL, Song Ga-in, Choi Yoo-jung Weki Meki, Lee Mu-jin, Chuu, BIG Naughty, Jung Dong-won, BE'O, Kim Yo-han WEi, dan Choi Ye-na.

Sementara itu, grup dan band yang akan tampil meliputi Jaurim, Koyote, Moonbin & Sanha ASTRO, NCT 127, NCT DREAM, THE BOYZ, FORESTELLA, Stray Kids, (G)I-DLE, ATEEZ, ITZY, aespa, Billlie, IVE, Kep1er, NMIXX, TEMPEST, dan CLASS:y. 
 

Deretan 40 penampil di MBC Gayo Daejejeon. (Sumber gambar: MBC)

Deretan 40 penampil di MBC Gayo Daejejeon 2022. (Sumber gambar: MBC)

 

Poster acara MBC Gayo Daejejeon 2022. (Sumber gambar: MBC)

Poster acara MBC Gayo Daejejeon 2022. (Sumber gambar: MBC)


Meski belum ada bocoran penampilan spesial untuk festival musik tahun ini, penampilan spesial yang diperkirakan akan hadir dengan kombinasi beberapa artis yang datang secara solo dan grup. Merujuk pada daftar penampilan spesial pada tahun sebelumnya, penampilan spesial ini bisa bervariasi dari kombinasi artis dalam kategori tertentu (mis. tahun kelahiran dan posisi pembawa acara musik).

Penampilan potensial lainnya adalah kolaborasi lintas genre sebagaimana yang dilakukan oleh penyanyi folk veteran Yang Hee-eun, Solar MAMAMOO, Wendy Red Velvet, dan Hyojung OH MY GIRL; band YB dengan NCT; penyanyi veteran Kim Yeon-ja dengan Sunwoojunga, 10CM, dan Hwasa MAMAMOO; serta STAYC dan Celeb Five.

Untuk pembawa acara yang akan hadir, Lee Jun-ho 2PM, YoonA Girls' Generation, dan Jang Sung-kyu akan kembali menjadi pembawa acara setelah penampilannya selama beberapa kali. YoonA akan menjadi pembawa acara untuk acara ini selama delapan tahun berturut-turut, Lee Jun-ho kembali untuk kedua kalinya, dan Jang Sung-kyu akan mengisi acara ini untuk keempat kalinya di MBC Gayo Daejejeon.

Sementara itu, dua acara akhir tahun lain dari KBS dan SBS telah mengumumkan deretan pembawa acara, artis, dan tanggal acara. Untuk SBS Gayo Daejeon yang hadir pada 24 Desember 2022 dengan 18 penampil. Artis yang dikonfirmasi telah hadir adalah NCT 127, NCT DREAM, Stray Kids, (G)I-DLE, ATEEZ, ITZY, TXT, aespa, ENHYPEN, IVE, NMIXX, LE SSERAFIM, NewJeans, Younha, THE BOYZ, fromis_9, CRAVITY, dan TEMPEST.

Penampilan yang akan dibawakan oleh Key SHINee, Cha Eun-woo ASTRO, dan An Yu-jin IVE ini baru mengonfirmasi penampilan spesial antara Younha dengan Minnie dan Yuqi (G)I-DLE. Rencananya, SBS Gayo Daejeon akan diselenggarakan di Gocheok Sky Dome pukul 17.30 WIB.

KBS Song Festival yang diselenggarakan pada Jumat (16/12/2022) pukul 18.30 KST akan menghadirkan Jang Won-young IVE, Na In-woo, dan Kim Shin-young sebagai pembawa acara. Ada 24 artis yang hadir dalam acara ini seperti NCT 127, NCT DREAM, Stray Kids, TXT, ATEEZ, ITZY, aespa, (G)I-DLE, ENHYPEN, IVE, LE SSERAFIM, NewJeans, THE BOYZ, NMIXX, Kep1er, STAYC, fromis_9, PENTAGON, ONEUS, Choi Ye Na, UP10TION’s Kim Woo Seok, BoA, Koyote, dan FORESTELLA.

Penampilan spesial yang dikonfirmasi hadir pada acara esok hari meliputi panggung spesial antara Minji dan Hyein NewJeans, Eunchae LE SSERAFIM, Leeseo IVE, dan Sullyoon NMIXX; Chaewon LE SSERAFIM dan Haewon NMIXX dalam grup proyek VJ Two-Wons; serta unit Yu-Won-Mi yang diduga terdiri dari Yuna ITZY, Wonyoung IVE, dan Miyeon (G)I-DLE.

Ada juga unit vokalis Yoon STAYC, Yuqi (G)I-DLE, dan Liz IVE; kolaborasi Juyeon, Q, dan Sunwoo THE BOYZ dengan Leedo, Hwanwoong, dan Seoho ONEUS; serta penampilan perdana lagu remake Candy dari NCT DREAM.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Mengenal Rempah Kayu Manis Kualitas Terbaik Asal Indonesia

BERIKUTNYA

Penuh Kegemasan, Begini Tampilan Destinasi Pokémon Festival Jakarta 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: