Betutu Ibu Ray Hadir di Restoran Antarasa (sumber gambar : Dewi Andriani)

Betutu Ibu Ray, Menikmati Cita Rasa Tradisional yang Dikemas Modern

15 December 2022   |   17:37 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Bagi Genhype yang senang mencicipi kuliner khas Bali, tentu sudah tidak asing lagi dengan menu Ayam atau Bebek Betutu. Yup, ini merupakan salah satu olahan kuliner legendaris khas pulau Bali yang sudah ada sejak abad ke-15 bersamaan dengan kejayaan kerajaan Majapahit.

Proses pembuatannya sendiri adalah daging ayam atau daging bebek utuh dibaluri berbagai macam jenis rempah pilihan dan bumbu base genep khas Bali kemudian dibungkus daun pisang dan dibakar dengan tungku sehingga menghasilkan aroma asap yang khas dan wangi rempah sedap yang muncul dari pemanasan lemak.

Nah, salah satu restoran khas Betutu yang sudah berdiri sejak 1975 dan menjadi salah satu pilihan masyarakat adalah Betutu Ibu Ray yang berlokasi di Denpasar. Dalam proses pengolahannya, Betutu Ibu Ray menggunakan cara-cara tradisional yang dikemas secara modern.

Wanita yang kini berusia 75 tahun ini mengisahkan dirinya memulai usaha ini diawali ketika resep ayam betutunya menjuarai pesta kesenian di Bali pada tahun 1970-an. Karena cita rasanya yang khas dan nikmat, maka Ibu Ray pun didorong oleh teman-temannya untuk mengembangkan bisnis ayam dan bebek betutu
 
“Maka pada tahun 1975 saya mulai mengembangkan usaha Betutu Ibu Ray yang dimulai dari rumah dengan pemasaran mulut ke mulut,” ujarnya.

Betutu Ibu Ray memiliki keistimewaan karena menggunakan bumbu base genep khas Bali dengan proses pengolahan yang memadukan antara cara tradisional dan modern sehingga menghasilkan cita rasa khas dengan pengemasan yang lebih higienis.

Tjok Gek, anak menantu Ibu Ray mengatakan sejak empat tahun terakhir ini, Betutu Ibu Ray mulai membuka warung makan dengan tujuan untuk lebih melestarikan masakannya tersebut sekaligus agar bisnis ini bisa terus dilanjutkan oleh anak-anaknya.

Setelah membuka warung makan, bisnis ini kian berkembang bahkan dalam sehari Betutu Ibu Ray bisa menerima pesanan hingga 75 ekor. . Adapun harga yang ditawarkan untuk ayam dan bebek yaitu Rp180.000 per ekor.

Untuk ayamnya sendiri, Betutu Ibu Ray menggunakan ayam kampung sehingga rasa dagingnya lebih nikmat dan bisa tahan lama jika disimpan di dalam freezer atau dijadikan frozen food. Selain bebek dan ayam betutu, pihaknya juga menghadirkan kuliner khas Bali lainnya seperti nasi campur, sate lilit, sayur daun belimbing, dan lain sebagainya.

Kenikmatan cita rasa khas bebek dan ayam betutu Ibu Ray ini rupanya sampai ke telinga Chef Juna Rorimpandey yang juga merupakan bagian dari Dailybox Group atau Daily Family.

Bahkan Chef Juna mengunjungi langsung Bebek Betutu Ibu Ray dan mendokumentasikan kisah inspirasi dan proses pembuatan bebek betutu khas Bali tersebut melalui channel youtube Kisara Episode 1. Tak disangka, episode ini menjadi primadona dan mendapat banyak perhatian para pecinta kuliner Indonesia.

Ibu Ray mengakui setelah tayang di Kisarasa, orderan Bebek Betutu pun seketika membludak. Padahal, dirinya hanyalah pelaku industri rumahan biasa dengan kapasitas yang terbatas. Beruntung, Dailybox Group dan Chef Juna mau turun tangan membantu agar dirinya dan tim tidak kewalahan mengerjakan orderan.

 

Betutu Ibu Ray, Berdiri Sejak 1975/Bisnis.com

Betutu Ibu Ray, Berdiri Sejak 1975/Bisnis.com


Untuk lebih memperkenalkan cita rasa otentik kuliner legendaris, Menu Bebek Betutu Ibu Ray ini juga dibawa ke luar Pulau Bali untuk dihadirkan sebagai salah satu menu istimewa dari Restoran Antarasa yang baru saja dibuka di kawasan Puri Indah Mall, Jakarta.

Semua menu Bebek Betutu Ibu Ray ini dikirimkan langsung dari Bali ke Jakarta dalam bentuk frozen food yang sudah dikemas secara modern dan higienis dan diolah kembali di restoran Antarasa sehingga siapapun bisa mencicipi menu legendaris ini.

Menurut Chef Juna, salah satu tantangan dalam menjaga kuliner Nusantara adalah bagaimana agar dapat menjaga konsistensi rasa karena banyaknya jenis rempah yang digunakan. Selain itu, ketika menggandeng UMKM, Dailybox juga sangat menjaga konsistensi produksi sehingga jangan sampai permintaan banyak tetapi ketersediaan produknya tidak mencukupi.

Karena itulah,  untuk membantu meningkatkan kapasitas produksi dan menjaga kualitas menu serta standar mutu dari Betutu Ibu Ray, Dailybox Group mendirikan central kitchen di Denpasar dan mempekerjakan warga sekitar.

“Kami hadir mengangkat kuliner-kuliner legendaris sebagai satu bentuk komitmen dari Dailybox untuk membina UMKM kuliner Indonesia,” ucapnya.

Editor: M R Purboyo
 
SEBELUMNYA

Resensi: Memaknai Hidup lewat Buku Love Is The Answer

BERIKUTNYA

Indonesia Punya Emas Hijau, Bakal Jadi Andalan Ekspor?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: