pengoperasian kembali rute penerbangan Melbourne – Bali pulang dan pergi dapat memperkuat berbagai rencana strategis pemerintah dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan. (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ pixabay)

Garuda Indonesia Resmi Operasikan Penerbangan ke Melbourne dari Denpasar

12 December 2022   |   08:33 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Wah, ada kabar gembira nih buat para traveler. Maskapai Garuda Indonesia resmi kembali menerbangi rute penerbangan langsung Melbourne, Australia – Bali, Indonesia pulang dan pergi (PP) dengan menggunakan pesawat Airbus A330-300 sebanyak satu kali setiap minggu.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan bahwa pengoperasian kembali rute penerbangan Melbourne – Bali pulang dan pergi dapat memperkuat berbagai rencana strategis pemerintah dalam mengembangkan pariwisata berkelanjutan.

Baca juga: Garuda Indonesia Kembali Operasikan Rute PP Jakarta-Melbourne Mulai 23 November 2022

“Yang memiliki nilai manfaat lebih bagi perekonomian masyarakat serta berdaya saing unggul sebagai pariwisata nasional di tengah ragam pariwisata Asia Tenggara,” katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id.

Dia menuturkan bahwa penerbangan langsung Melbourne – Bali akan menggunakan penerbangan dengan nomor GA-719 dari Bandara Internasional Melbourne. Penerbangan ini tersedia setiap Sabtu dengan keberangkatan pukul 9.10 waktu setempat.

Pesawat tersebut akan mendarat di Bali pada pukl 12.05 waktu setempat. Sementara itu, penerbangan dari Bali menuju Melbourne akan beroperasi setiap Jumat dengan menggunakan penerbangan bernomor GA-718 yang akan berangkat pada pukul 23.00 waktu setempat.

Berangkat dari Bandara Internasonal I Gusti Ngurah Rai, pesawat akan tiba di Bandara Internasional Melbourne pada pukul 07.35 waktu setempat.

“Kami berupaya memanfaatkan momentum pulihnya situasi pariwisata nasional saat ini untuk secara berkesinambungan mendukung tumbuhnya kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia,” katanya.

Dia menambahkan bahwa penambahan rute Indonesia-Australia membuat perusahaan memiliki tujuh kali penerbangan pulang dan pergi setiap minggu menuju Australia, yakni rute Jakarta-Sydney pp (2x/minggu); Bali-Sydney pp (2x/minggu); Jakarta-Melbourne (2x/minggu); dan Bali-Melbourne pp (1x/minggu). 

Menurutnya, perusahaan akan mengimplementasikan perluasan jaringan penerbangan Garuda Indonesia baik domestik maupun internasional secara bertahap, terutama di destinasi dengan trafik penerbangan yang tinggi.

“Menyusul permintaan pasar yang terus meningkat, dengan tujuan turut mampu berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia yang sehat dari aspek ekosistem pariwisata yang adaptif dan kompetitif,” katanya.

Sebelumnya, Garuda Indonesia juga kembali mengoperasikan penerbangan rute Narita - Denpasar pulang pergi yang ditandai dengan penerbangan perdana GA 881 pada Selasa (1/11/2022).

Rute tersebut menggunakan armada A330-300 berkapasitas 251 penumpang yang terdiri dari konfigurasi 36 kursi bisnis dan 215 kursi ekonomi. Pada penerbangan perdana dari Narita, Tokyo tersebut, Garuda Indonesia mengangkut sedikitnya 130 penumpang untuk menuju Denpasar, Bali.

Adapun penerbangan Narita (Tokyo) – Denpasar PP tersebut selanjutnya akan dioperasikan tiga kali dalam seminggu, yaitu pada Selasa, Kamis dan Sabtu. Penerbangan dari Narita (Tokyo) akan dilayani dengan GA 880 yang diberangkatkan dari Bandara Internasional Narita pukul 11.00 waktu setempat, dan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pukul 18.05 WITA.

Sementara itu, penerbangan Denpasar – Narita (Tokyo) akan dilayani dengan GA881 dan diberangkatkan pada pukul 00.25 WITA untuk kemudian tiba di Bandara Internasional Narita pada pukul 08.40 waktu setempat.

Baca juga: Garuda Indonesia Mulai Melayani Penerbangan Internasional Reguler Perdana ke Bali dari Narita

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Daftar Top Assist Piala Dunia 2022 Qatar, Antoine Griezmann Masih Memimpin

BERIKUTNYA

Begini Kata Sutradara Ernest Prakasa tentang Teater Musikal Cek Toko Sebelah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: