Ilustrasi penggunaan masker beras. (Sumber gambar : Freepik/Gpointstudio)

Bikin Wajah Kinclong, Intip Cara Membuat Masker Beras Yuk

04 December 2022   |   19:47 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Beras merupakan salah satu sumber makanan pokok mayoritas masyarakat di Indonesia. Namun, selain mengenyangkan perut kamu, beras ternyata memiliki manfaat yang baik loh untuk kesehatan dan kecerahan kulit, terutama area wajah. 

Dermatologis dari klinik dr. HEN Bali, dr. Nyoman Rama Aditya Kurniawan menjelaskan bahwa beras mampu menutrisi dan mengencangkan kulit. Beras mengandung vitamin B, C, E, dan gamma oryzanol yang membuat kulit menjadi kinclong. 

Baca juga: Terlalu Sering Pakai Masker Bikin Jerawatan, Cek Cara Mengatasinya

Gamma oryzanol adalah senyawa yang menjadi sumber tenaga, zat antikanker, dan mengandung antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas. Zat ini juga berguna mengurangi penyerapan kolesterol jahan dari makanan sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dari dalam darah.

“(Gamma oryzanol) juga buat menyamarkan pori dan menghilangkan bekas luka,” ujarnya dikutip Hypeabis.id dari YouTube Channel dr. Richard Lee, Minggu (4/12/2022).  
 

Beras memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan wajah. (Sumber gambar : Freepik/Jcomp)

Beras memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan wajah. (Sumber gambar : Freepik/Jcomp)


Selain bulir, airnya pun memiliki manfaat buat kulit wajah kamu nih Genhype. Air rendaman beras kata Aditya, berfungsi untuk mencerahkan kulit. Air tersebut juga bersifat anti aging karena mengandung selenium akibat meningkatnya elastin dan kolagen.

“Untuk kulit berminyak bagus, menghilangkan kelebihan minyak tetapi tidak membuat kulit kering. Beras buat scrub dan airnya buat toner,” tambah Richard Lee yang merupakan pemilik kecantikan Athena. 

Selain itu, beras juga dipercaya mampu memutihkan kulit secara alami dan membuatnya lebih halus. Kata dr. Richard, untuk mendapatkan ragam manfaat dari beras tersebut, bisa dengan menjadikan beras sebagai masker. 

Untuk membuatnya sangatlah mudah. Namun, Richard menyarankan untuk menambahkannya dengan kopi dan oatmeal. 

Kopi menurutnya sangat baik untuk wajah berjerawat karena bersifat antibakteri. Bubuk dari biji tanaman berwarna hitam tersebut juga dapat menghilangkan tanda hitam di wajah dan area hitam di mata. Sementara oatmeal, mengandung beta-glukan yang mampu melembabkan kulit dan bersifat menenangkan.

“Beras memberi nutrisi, kopi mengangkat kulit mati, oatmeal meregenerasi, menyembuhkan sehingga memberi efek halus lembut. Jadi kita bereskan sampai ke akarnya,” tutur Richard. 

Sementara itu, Richard mengimbau untuk tidak asal menggabungkan beras dengan lemon, cuka apel, bawang putih, hingga pasta gigi. Kecuali jika kamu memiliki pengetahuan yang tepat dalam menggunakan takaran dan kandungan dari bahan-bahan tersebut. 


Berikut cara membuat masker beras ala dr. Richard Lee:

  1. Sediakan 15 sdm makan beras yang sudah dicuci bersih. Tuang ke dalam blender dan masukkan air secukupnya. Blender sampai beras dan air menyatu hingga membentuk pasta.
  2. Tuang pasta beras ke dalam wadah. Masukkan satu sendok makan kopi bubuk dan oatmeal ke wadah berisi beras. Aduk rata.
  3. Masukkan air secukupnya atau satu cangkir. Aduk sampai pasta beras, kopi, dan oatmeal menyatu. 
  4. Pakaikan masker beras tersebut ke area wajah. Masker ini juga bisa dipakai untuk badan sebagai lulus sekaligus scrub. Gosokkan perlahan, tunggu sampai kering.
  5. Bilas wajah atau tubuh kamu sampai bersih. Efek lembut dan cerah akan langsung terasa. Akan tetapi, sebaiknya digunakan secara rutin untuk mendapat manfaat maksimal ya.

Baca juga: Awas Ketipu, Ini 5 Cara Membedakan Masker Spirulina Asli & Palsu

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Film Autobiography Sabet Penghargaan Golden Hanoman, Cek Daftar Lengkap Pemenang JAFF 2022

BERIKUTNYA

Seger! Intip Resep Strawberry Frappuccino Ala Starbucks

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: