Ilustrasi kue bawang (Sumber gambar: Unsplash/Farhad Ibrahimzade)

Macam-Macam Resep Kue Bawang, Cita Rasa Gurih dengan Bahan Sederhana!

30 November 2022   |   19:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Pernah mendengar makanan bernama kue bawang? Yup, kue bawang kerap kali ditemukan pada toples-toples lebaran sebagai camilan gurih. Rasanya yang asin dan garing membuat siapa saja menyukai makanan ini. Kue bawang pun dapat dibuat dengan berbagai bentuk dengan cita rasa yang berbeda.

Menggunakan bawang putih sebagai dasar bahan, membuat kue ini terbilang cukup mudah dan sederhana. Kue bawang dapat dikreasikan dalam bentuk stick atau keripik sesuai dengan keinginan. Camilan ini sangat cocok menemani kamu bersantai sambil nonton drama Korea loh. Yuk simak cara membuat kue bawang yang simple dan bisa kamu coba di rumah!

Baca jugaReferensi Resep Camilan Hemat dari Tahu dan Tempe
 

Ilustrasi kue bawang (Sumber gambar: Youtube.com/Dapur Dessy)

Ilustrasi kue bawang (Sumber gambar: Youtube.com/Dapur Dessy)


1. Stick Kue Bawang

Kue bawang bisa dibuat dalam bentuk stick yang renyah. Kamu hanya membutuhkan bawang putih, tepung terigu, mentega cair, potongan seledri, tepung tapioka, penyedap rasa, telur, soda kue, garam dan air mineral secukupnya. Untuk membuatnya pun cukup mudah.

Siapkan wadah berukuran sedang, lalu masukkan seluruh bahan kering. Kemudian aduk hingga rata. Masukkan 1 butir telur ke dalam wadah dan air mineral secukupnya ke dalam wadah tersebut. Pastikan adonan tidak terlalu encer. Agar lebih rata, aduk adonan menggunakan tangan hingga adonan terasa kalis dan lembut.

Kemudian ratakan pada permukaan wadah, lalu potong-potong dengan bentuk memanjang seperti bentuk fettuccine. Setelah selesai, kamu tinggal menggoreng stick kue bawang dengan minyak panas lalu angkat dan tiriskan.
 

2. Keripik Kue Bawang

Kue bawang juga bisa dibuat dengan bentuk keripik yang mirip seperti pangsit. Cukup siapkan bahan tepung terigu dan tepung gandum, telur, mentega, bawang putih dan bawang merah, daun bawang, daun seledri, dan air serta garam secukupnya.

Pertama, iris terlebih dahulu bahan-bahan seperti daun bawang, daun seledri, bawang merah, dan bawang putih. Kemudian tuangkan seluruh bahan ke dalam wadah. Hati-hati saat menuangkan air karena adonan tidak boleh terlalu encer. Adon bahan tersebut dengan tangan hingga kalis.

Selanjutnya bentuk adonan menjadi tipis dan memanjang sebelum dimasukkan ke dalam kulkas hingga teksturnya keras. Setelah sudah keras, iris tipis-tipis kue bawang hingga membentuk seperti keriping. Goreng kue bawang hingga kecokelatan kemudian tiriskan.
 

3. Kue Bawang Jadul

Kue bawang jadul merupakan variasi pertama yang membuat kue ini semakin banyak mengalami modifikasi. Bentuknya lebih kotak dan bantet dengan cita rasa yang lebih garing. Siapkan tepung terigu dan tepung tapioka, bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, telur, margarin, santan, daun seledri, serta garam dan kaldu secukupnya.

Masukkan tepung terigu, tepung tapioka, dan satu butir telur ke dalam wadah. Kemudian haluskan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, ketumbar dan merica. Jika sudah halus, tuangkan ke dalam wadah berisi tepung.  Panaskan santan dengan api sedang sebelum dituang ke dalam wadah berisi tepung dan bumbu halus.

Aduk semua bahan hingga kalis. Lalu tambahkan irisan daun seledri sesuai selera. Cetak adonan hingga bentuknya lebih tipis, kemudian goreng dengan minyak panas lalu tiriskan. Jangan lupa untuk meletakan kue bawang di toples yang kedap udara agar kerenyahannya tetap terjaga ya!

Baca jugaResep Nasi Ulam yang Gurih dan Pulen

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Petarung Veteran Indonesia Egi Rozten Akan Tampil di MFA Series 1 di Turki

BERIKUTNYA

Prediksi Starting Line Up Polandia vs Argentina, Skuat Orly Punya Robert Lewandowski

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: