Mohammed bin Salman Al Saud (Sumber gambar: Instagram.com/special_royal)

Profil Mohammed bin Salman Al Saud, Sang Putra Mahkota Tajir Melintir dari Arab Saudi

25 November 2022   |   14:12 WIB

Like
Nama Mohammed bin Salman Al Saud sempat membuat gempar dunia maya berkat langkah yang diambilnya pasca skuad Arab Saudi berhasil mengalahkan Argentina. Pasalnya, sang putra mahkota dari Kerajaan Arab Saudi itu langsung membagikan mobil mewah Rolls Royce Phantom kepada masing-masing pesepakbola Arab Saudi.

Sebagaimana diketahui, mobil asal London itu dibanderol seharga Rp24 milyar. Sementara Mohammed bin Salman menghadiahkan mobil itu kepada seluruh pemain Arab Saudi menumpas Messi dan kawan-kawan di fase grup C Selasa lalu. Langkah ini membuat masyarakat dunia mempertanyakan sosok Mohammed bin Salman dan kekayaan yang dimilikinya.

Mohammed bin Salman Al Saud merupakan putra mahkota penerus ayahnya yang saat ini memimpin Kerjaan Arab Saudi yaitu Salman bin Abdulaziz Al Saud. Mohammed akan meneruskan ayahnya memimpin Arab Saudi di masa depan. Sebagai putra raja, dia juga membawa jabatan Perdana Menteri Arab Saudi dan Ketua Dewan urusan Ekonomi dan Pembangunan.

Baca jugaIntip 7 Pemimpin Tajir di Dunia, Berapa Kekayaannya?

Mohammed lahir pada 31 Agustus 2985 di kota Riyadh, Arab Saudi. Sang ayah telah menunjuknya sebagai putra mahkota sejak 21 Juni 2017 lalu. Dia menikahi Sarah binti Pangeran Masyhur bin Abdul Aziz Al Saud sejak 2008. Dari pernikahannya selama 14 tahun, lahirlah 5 anak bernama Nora, Salman, Fahdah, Mashour, dan Abulaziz.

Dia langsung membuat banyak perubahan melalui kampanye yang digaungkannya. Salah satunya adalah dia menggalakkan kampanye anti korupsi pada November 2017. Siapa sangka, kampanye yang dilakukannya itu mampu menjaring tokoh-tokoh penting Arab Saudi yang terjerat korupsi. Mereka pun ditangkap pihak berwajib dan dipaksa menyerahkan seluruh hasil kekayaannya.

Kampanye Mohammed itu langsung mengacak-acak daftar miliarder terkaya versi Forbes. Tercatat sekitar 10 miliarder asal Arab Saudi dikeluarkan dari daftar miliarder dunia. Pria berusia 37 tahun ini  juga berpengaruh besar dalam gerakan geopolitik Timur Tengah untuk generasi selanjutnya.  

Sebagai keturunan bangsawan, Mohammed dinobatkan sebagai orang paling berpengaruh di dunia versi Forbes pada 2018. Dia menduduki peringkat 8 dalam kategori itu. Selain itu, Mohammed juga didapuk sebagai Global Game Changers 2017 dimana penobatan ini diberikan kepada orang yang membantu membuat perubahan bagi miliaran orang di seluruh dunia.

Dia juga masuk dengan deretan orang terkaya di dunia. Dilansir dari Celebrity Net Worth, perkiraan total kekayaan Mohammed bin Salman berkisar US$5 Miliar atau setara Rp78,2 Triliun.

Dalam misinya, Mohammed juga mendirikan Misk Foundation, sebuah organisasi non profit yang berfokus pada pendidikan, kebudayaan, dan media. Misk juga rutin melakukan forum global yang mengajak pemimpin muda dan kreator dunia untuk saling bertukar pikiran. Pada 2019, perusahaan milik Mohammed ini menandatangani lebih dari 5.000 kontrak perusahaan startup di seluruh dunia untuk mendukung entrepreneurship.

Baca jugaJadi Wanita Muda Terkaya di AS, Ini Sumber Pendapatan Rihanna

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 
SEBELUMNYA

Sulit Menghapal Password? Pakai Passkey Saja

BERIKUTNYA

Reviu Keramat 2: Caruban Larang, Kisah Mistis dalam Balutan Dokumenter

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: