Bukan hanya segi kesehatan dan lingkungan, keberadaan pohon juga menentukan keberlangsungan hidup generasi yang akan datang. Ilustrasi Pohon (sumber gambar Unsplash/Johann Siemens)

Tak Banyak yang Sadar, Yuk Intip 5 Manfaat Pohon bagi Kehidupan

21 November 2022   |   13:21 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pohon memiliki peran penting bagi masa kini dan masa depan umat manusia. Dalam kehidupan, pohon adalah salah satu elemen vital karena mampu menghasilkan oksigen untuk manusia bernapas, menyerap karbon, hingga memberi ruang hidup bagi habitat satwa liar. 

Pada perayaan Hari Pohon Sedunia (21/11), tentu penting untuk mengingat lagi bahwa pohon punya fungsi dan peran penting dalam keberlangsungan hidup di muka Bumi. Sehingga, penting bagi kita semua untuk melestarikan hutan dan lahan hijau demi kehidupan yang lebih baik.

Bagi sebagian orang, mungkin banyak yang tak sadar atau lupa bahwa pohon memiliki banyak manfaat nyata. Keberadaan pohon bukan hanya untuk kesehatan dan lingkungan, tapi juga menentukan keberlangsungan hidup dari generasi yang akan datang.

Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber yuk simak 5 manfaat pohon bagi keberlangsungan hidup manusia dan Bumi dalam ulasan berikut.

Baca jugaSejarah Hari Pohon 21 November 2022 & Kumpulan Ucapan untuk Merayakannya
 

1. Filterasi Udara 

Ilusrasi seseorang bernapas dengan udara segar (Sumber ambar Unsplash/Eugene Zhyvchik)

Ilusrasi seseorang bernapas dengan udara segar (Sumber gambar Unsplash/Eugene Zhyvchik)

Lahan hijau dari setiap pohon yang ditanam mampu menyerap polusi dari atmosfer yang ada di Bumi. Hal ini tentu saja mampu meningkatkan kualitas udara menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian U.S. Forest Service, hutan-hutan dunia bahkan mampu menyerap sepertiga dari emisi bahan bakar fosil yang digunakan manusia setiap hari. 
 

2. Pendingin Alami 

Kanopi pohon yang meneduhkan juga mampu menurunkan suhu udara yang ada di permukaan bumi melalui bayangan dedaunan yang rimbun. Menurut kajian  U.S Environmental Protection Agency (EPA), permukaan ruang yang diteduhi pohon suhunya kan lebih rendah 20-45 derajat Fahrenheit dibandingkan yang tidak tertutupi. 

3. Sumber Oksigen

Ilustrasi lahan hijau pepohonan  (Sumber gambar Unsplash/Michael Olsen)

Ilustrasi lahan hijau pepohonan (Sumber gambar Unsplash/Michael Olsen)

Salah satu pokok penting adanya pohon di muka Bumi adalah sebagai penghasil Oksigen. Hal itu didapat dari proses fotosintesis atau biokimia pembentukan karbohidrat setiap tumbuhan hijau. Secara umum, menurut beberapa penelitian dalam luas lahan 1 hektare yang dipenuhi pohon dewasa mampu menyediakan oksigen untuk 18 orang. 
 

4. Penghemat Energi

Pohon yang berada di sekitar lokasi bangunan rumah juga mampu mengurangi kebutuhan terhadap pendingin ruangan (AC) hingga 30 persen. Selain itu, pohon nyatanya juga dapat menghemat 20-50 persen energi yang digunakan untuk penghangat ruangan.

Tak hanya itu, menurut penelitian Energy.gov melalui terapan komputer yang dibuat Departemen Energi AS memperkirakan bahwa penempatan yang tepat dari hanya tiga pohon di dekitar rumah dapat menghemat rata-rata US$100 dan US$250 dalam biaya energi setiap tahunnya.
 

5. Ruang Hidup Satwa Liar

Pohon juga memiliki peran krusial bagi habitat satwa liar di muka Bumi, terutama di daerah urban dan perkotaan. Dengan semakin banyaknya pohon juga akan berimplikasi pada penyakit zoonosis, alias penyakit menular dari hewan ke manusia yang belakangan ini mulai banyak muncul.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia Tedros Adhanom Ghebreyesus, belum lama ini mengatakan bahwa sekitar 70 persen dari semua patogen atau organisme penyebab infeksi dan penyakit ditularkan oleh hewan liar karena habitanya dirusak oleh manusia.

Baca jugaMenebang Pohon Sembarangan Bisa Menyebabkan Pandemi? Ini Penjelasannya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Regenerasi Perajin Menjadi Tantangan untuk Keberlanjutan Industri Wastra

BERIKUTNYA

5 Fakta Nani Wijaya di Film Sri Asih, Titisan Dewi Asih yang Diperankan Oleh Najwa Shihab

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: