Hari Pohon Sedunia bisa dirayakan dengan membuat ucapan khusus di medsos agar semakin banyak yang sadar akan pentingnya pohon di Bumi. Ilustrasi Pohon (Sumber gambar Unsplash/ niko photos)

Sejarah Hari Pohon 21 November 2022 & Kumpulan Ucapan untuk Merayakannya

21 November 2022   |   10:55 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tahu enggak sih kalau tiap 21 November diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia. Gerakan yang dirayakan setiap tahunnya ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran setiap orang akan pentingnya pohon untuk kehidupan. Pohon merupakan salah satu elemen vital untuk kehidupan di Bumi.

Sebagai tanaman penting, pohon adalah pembersih udara yang sangat efektif. Lahan pepohonan yang ditanam di Ruang Terbuka Hijau (RTH) dinilai mampu menghasilkan 0,6 ton oksigen untuk 1.500 penduduk per hari, dan menyerap 2,5 ton karbon dioksida per tahunnya.

Tak hanya itu, menurut penelitian yang dilakukan U.S Environmental Protection Agency (EPA), pohon bisa menurunkan suhu udara hingga 12 derajat Celcius dengan membuat teduh rumah dan jalan-jalan, serta melepaskan air ke udara melalui dedaunan.

Artinya, pohon memiliki peran besar dalam menurunkan pemanasan global dan mencegah perubahan iklim. Isu tersebut belakangan ini juga mulai diperbincangkan generasi muda di seluruh dunia. Mereka sadar bahwa  dengan menanam maka akan membuat  Bumi  jadi lebih baik.

Baca juga: Menebang Pohon Sembarangan Bisa Menyebabkan Pandemi? Ini Penjelasannya

Namun, jumlah pohon di dunia seiring berjalannya waktu semakin berkurang. Hal ini imbas dari banyaknya populasi manusia dan pembukaan lahan secara besar-besaran (deforestasi). Melalui peringatan Hari Pohon Sedunia diharap dapat meningkatkan lagi kepedulian masyarakat akan pentingnya melestarikan lingkungan.


Sejarah Hari Pohon Sedunia 21 November 2022

 

Ilustrasi menanam pohon. (Sumber gambar: Pexels/Alfo Medeiros)

Ilustrasi menanam pohon. (Sumber gambar: Pexels/Alfo Medeiros)


Hari Pohon Sedunia pertama kali digagas oleh aktivis Julius Sterling Morton dan istrinya Caroline Joy French. Dirangkum dari laman Kementrian Lingkungan Hidup dan kehutanan (KLHK) pasangan suami istri itu pindah dari Michigan ke Nebraska pada 1854 untuk melakukan penghijauan.

Di tempat tinggal barunya itu mereka berusaha mengajak warga untuk memperindah wilayah pemukiman tempatnya tinggal dengan rebosisasi. Gerakan ini lalu mulai rutin diadakan oleh penduduk setempat hingga pada 1872 Sterling dan Caroline mengusulkan kegiatan satu hari khusus untuk menanam pohon.

Kampanye itu pun mendapat sambutan hangat dari pemerintah Nebraska. Menyusul gerakan Hari Pohon itu mereka lalu melakukan penanaman pohon secara masif di wilayah tersebut. Kampanye ini oleh para aktivis lalu diterapkan di berbagai negara lain dan cukup populer di dunia.

Seiring berjalannya waktu kampanye tersebut juga menyebar hingga lintas benua, termasuk Eropa, Kanada, Australia, dan Asia.  Daris sinilah kemudian para aktivis lingkungan  sepakat bahwa setiap 21 November selalu diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia. 


Daftar Ucapan untuk Memperingati  Hari Pohon Sedunia

Kampanye Hari Pohon Sedunia bisa disebarkan lewat medsos. Pengguna media sosial bisa mengirimkan quote atau ucapan khusus untuk menyadarkan masyarakat agar semakin mencintai lingkungan, dan mengetahui pentingnya pohon bagi kehidupan.

Berikut adalah koleksi ucapan untuk memperingati Hari Pohon Sedunia yang berisi ajakan, imbauan, sekaligus pentingnya kesadaran untuk menjaga pohon agar tetap ada dan tumbuh di sekitar lingkungan kita.


1. Pohon adalah tempat perlindungan. Siapa pun yang tahu bagaimana berbicara dan  mendengarkan mereka, maka akan dapat mempelajari kebenaran. Selamat hari Pohon Sedunia!

2. Tanpa pohon, secara harfiah, berarti tanpa akar kita. Maka cintailah setiap pohon yang ada untuk tetap menjadikan bumi yang dipijak selalu ada dan kekal. Selamat Hari Pohon Sedunia 2022!

3. Pohon adalah puisi yang ditulis bumi di atas langit, pohon adalah sumber napas yang memperpanjang kehidupan. Selamat Hari Pohon Sedunia, mari menanam pohon untuk kehidupan yang lebih baik!

4. Dalam sifat sebenarnya, jika dipertimbangkan dengan benar, setiap pohon hijau selalu jauh lebih mulia daripada emas dan perak. Selamat Hari Pohon Sedunia. Mari menanam untuk masa depan yang lebih baik!

5. Pohon selalu menginspirasi semua orang untuk tetap membumi dan juga menyentuh langit. Mari belajar dari pohon untuk kehidupan yang lebih baik. Salam hangat Hari Pohon Sedunia!

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Alasan Dua Lipa & Rod Stewart Tolak Tampil di Opening Ceremony Piala Dunia 2022 Qatar

BERIKUTNYA

Simak Profil Upi, Sang Sutradara Sri Asih di Jagat Bumilangit Cinematic Universe

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: