Roy Marten mengunggah foto bersama Rudy Salam mengenang kepulangan sang kakak (Sumber gambar: Instagram/Roy Marten)

5 Film Terbaik yang Dibintangi Rudy Salam, Sejuta Duka Ibu hingga Sundelbolong

18 November 2022   |   17:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Kabar kepergian Rudy Salam memberi luka bagi industri film Indonesia. Pasalnya, aktor senior kelahiran Salatiga ini terkenal dengan bakat seni perannya yang mumpuni. Dia berhasil jadi bintang film tenar pada masa 1970-an hingga 1990-an. Namanya acap kali terpampang sebagai pemeran utama di film-film bergenre romansa, horror, hingga fantasi. 

Semasa hidupnya, pria dengan nama asli Rudy Sutantio Abdul Salam itu menghipnotis jutaan mata penonton dengan deretan film yang dibintanginya. Bayangkan saja, Rudy Salam sukses membintangi beberapa film sekaligus hanya dalam satu tahun berkarya pada awal debutnya sebagai aktor. Berikut beberapa film terbaik yang sukses dibintangi oleh Rudy Salam: 

Baca jugaMengenang Kepergian Rudy Salam, Intip Perjalanan Karier Sang Aktor Senior Legendaris
 

Rudy Salam (Sumber gambar: Instagram.com/runasalam)

Rudy Salam (Sumber gambar: Instagram.com/runasalam)

 

1. Sejuta Duka Ibu (1977) 

Rudy Salam memulai karier filmnya pada 1977. Pada tahun debutnya ini, Rudy berhasil membintangi 7 film termasuk Sejuta Duka Ibu yang membawa namanya meroket di kancah perfilman. Berperan sebagai Basuki, film karya Arifin C Noer ini sukses dicintai penikmat film pada masanya.

Rudy berperan dengan lawan mainnya yakni Marini dalam menceritakan kisah keretakan rumah tangga karena kehadiran orang ketiga. Diambil dari novel dengan judul yang sama, film ini membawa alur cerita menarik tentang rujuknya rumah tangga setelah dipisahkan oleh sosok sekertaris yang bekerja di kantor sang suami.
 

2. Rosita (1977) 

Pada tahun yang sama, Rudy memerankan sosok Bambang yang mengalmi pasang surut kehidupan percintaan dengan pasangannya yakni Rosita. Membawa pesan moral harapan bagi keluarga broken home, film Rosita mengangkat kisah cinta dengan pasang surut yang penuh perjuangan. Film ini terbilang sukses pada masanya berkat adu peran yang apik antara Rudy dan Doris Callebaute. 
 

3. Garis-Garis Hidup (1977) 

Masih pada tahun yang sama, karier Rudy Salam kian bersinar semasa debutnya termasuk dengan membintangi film Garis-Garis Hidup karya sutradara legendaris Dasri Yacob. Dalam film ini, tokoh yang diperankan oleh Rudy menggunakan namanya sendiri. 

Garis-Garis Hidup merupakan film sukses lainnya yang mempertemukan Rudy Salam dengan Doris Callebaute. Setelah Rosita, mereka kembaIi menjadi sepasang kekasih dalam film ini. Doris yang berperan sebagai Vita menjadi pemeran utama yang dikisahkan jatuh cinta dengan sosok Rudy.
 

4. Sundelbolong (1981) 

Film tenar selanjutnya yang dibintangi oleh Rudy Salim adalah Sundelbolong. Bergenre horor, film yang rilis pada 1981 ini disutradara oleh Sisworo Gautama Putra. Pada film ini, Rudy berperan bersama aktor dan aktris ternama lainnya seperti Suzzanna, Barry Prima, hingga Ruth Pelepessy. Rudy Salam memerankan sosok Rudi dalam film hasil distribusi Rapi Films tersebut. 
 

5. Sejuta Serat Sutra (1981) 

Pada tahun yang sama dengan rilisnya film Sundelbolong, nama Rudy Salim lagi-lagi menghiasi layar lebar Indonesia dengan film Sejuta Serat Sutra besutra sutradara Dasri Yacob. Di film ini, Rudy beradu peran dengan aktris terkenal asal Surakarta yakni Tanty Yosepha.

Dia berperan sebagai Budi yang sangat menginginkan kasih sayang dari sang ayah, di tengah kemelut permasalahan keluarga. Namun dalam kisahnya, Budi mengalami salah paham dengan sikap ayahnya dan memilih kabur dari rumah.

Baca jugaFakta-Fakta Sejarah Festival Film Indonesia (FFI) yang Perlu Kalian Ketahui

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Asyik! Fitur Livin’ by Mandiri Makin Lengkap, Bisa Transaksi di Luar Negeri

BERIKUTNYA

Menengok Ragam Karya Seni yang Bakal Hadir di Pameran Age of Consent

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: