Putri Diana (Dok. royal.uk)

Patung Putri Diana Akan Diluncurkan pada Hari Ulang Tahunnya

30 June 2021   |   18:00 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pada 1 Juli sebuah patung akan diresmikan di Sunken Garden, Istana Kensington, untuk merayakan kehidupan dan warisan mendiang Putri Wales, Diana Spencer, atau Lady Di yang seharusnya berulang tahun ke-60.

Agustus lalu, dalam pernyataan bersama yang langka, Pangeran William dan Pangeran Harry mengatakan bahwa mereka berharap patung itu dapat membantu semua orang yang mengunjungi Istana Kensington untuk merenungkan kehidupan dan warisan ibu mereka.

"Sudah 20 tahun sejak kematian ibu kami dan waktu yang tepat untuk mengakui dampak positifnya di Inggris dan di seluruh dunia dengan patung permanen. Ibu kami menyentuh begitu banyak kehidupan," kata mereka dalam pernyataan bersama, seperti dikutip melalui DW.

Menurut Royal Central, seniman Ian Rank-Broadley akan bertanggung jawab atas desainnya.

Pada bulan Desember 2017, Duke of Cambridge dan Pangeran Harry yang baru bertunangan mengumumkan bahwa Rank-Broadley telah dipilih untuk membuat patung ibu mereka.

Awalnya patung ini diharapkan selesai pada 2019, tetapi peresmian telah diundur ke 2021 untuk memungkinkan orang untuk hadir.

Patung ini bukan proyek kerajaan pertama untuk Rank-Broadley. Pada tahun 1997,d ia memenangkan kompetisi Royal Mint dengan desain siluet Ratu Elizabeth II muncul di bagian depan mata uang Inggris dan Persemakmuran.
 

Diana Spencer (Dok. Vanity Fair)

Diana Spencer (Dok. Vanity Fair)


Lahir sebagai Diana Frances Spencer pada 1 Juli 1961, dia adalah seorang guru taman kanak-kanak sebelum menikah dengan Pangeran Charles Inggris pada 1981.

Selama tugas kerajaannya sebagai Diana mengadopsi pendekatan yang tidak konvensional untuk pekerjaan amal.

Putri Diana terkenal karena rasa belas kasihnya, membuatnya disayangi oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Dia aktif di banyak kegiatan sosial termasuk yang mengangkat isu kesejahteraan anak-anak, termasuk perhatiannya kepada penyintas ledakan ranjau darat, pasien kanker, penderita penyakit mental, serta pasien HIV/AIDS.

GenHype mungkin ingat dengan foto legendaris Putri Diana berjabat tangan dengan seorang pasien HIV/AIDS di tahun 1987 yang menjadi berita utama di seluruh dunia.

Setelah bertahun-tahun dalam pernikahan yang tidak bahagia dan bermasalah, Charles dan Diana bercerai pada tahun 1996.

Diana, yang — setelah tahun-tahun awalnya tampak pemalu — menjadi ikon mode glamor dan sorotan media, meninggal pada usia 36 tahun akibat cedera yang diderita dalam kecelakaan mobil di Paris pada 31 Agustus 1997.
 

Kristen Stewart akan memerankan sosok Putri Diana di film Spencer. (Dok. Neon)

Kristen Stewart akan memerankan sosok Putri Diana di film Spencer. (Dok. Neon)


Naik turunnya produl keluarga kerajaan tetap menjadi subjek yang memukau di Inggris dan di seluruh dunia.

Serial Netflix yang sangat populer The Crown mengangkat kisah keluarga kerajaan selama beberapa dekade, menelusuri Ratu Elizabeth yang naik tahta, serta banyak sub-plot drama keluarga, termasuk gejolak Diana di musim keempat. 

Emma Corrin secara luar biasa menggambarkan sang Putri Wales.

Sementara itu, dokumenter Diana: In Her Own Words menampilkan rekaman audio sang putri sendiri dalam wawancara dengan penulis biografi Andrew Morton. 

Ada juga film dokumenter The Story of Diana menampilkan kehidupannya, seperti halnya film Hollywood mendatang Spencer, dengan Kristin Stewart sebagai pemeran utama. Semuanya mencerminkan bagaimana Diana tetap menjadi ikon budaya.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Instagram Uji Coba Fitur Berbagi Tautan di Story

BERIKUTNYA

Wah, Ada 50 Film Disney yang Akan Dirilis Sampai Dengan 2028

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: