Mobil dinas yang digunakan kepala negara di dunia memiliki tingkat keamanan yang tinggi dengan kaca anti peluru. (Sumber gambar: Unsplash/ Kevin Bhagat)

5 Mobil Pemimpin Dunia dengan Keamanan Tinggi, Ada Indonesia & Rusia

17 November 2022   |   06:36 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ada yang menarik dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022. Dalam acara yang mempertemukan para pemimpin dunia itu, beberapa memilih untuk membawa mobil dinas dari negaranya masing-masing demi keamanan dan kenyamanan selama melakukan aktivitas di Pulau Dewata.

Pemerintah Indonesia sejatinya sudah menyiapkan mobil khusus untuk para pemimpin dunia, tapi banyak yang memboyong mobil mobil dari negaranya masing-masing. Beberapa diantaranya adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden, hingga Presiden China Xin Ji Ping.

Orang nomor satu di AS itu menjadi sorotan publik karena membawa mobil mewah anti peluru, yakni Cadillac One untuk digunakan di Bali selama acara KTT G20 berlangsung. Mobil ini merupakan salah satu kendaraan paling aman dan tangguh yang pernah diciptakan. 

Baca juga5 Fakta Air Force One, Pesawat Canggih yang Dipakai Joe Biden ke KTT G20 di Bali

Namun, selain Joe Biden dan Xin Ji Ping setiap negara sebetulnya memiliki kendaraan yang dirancang khusus untuk pemimpin mereka saat menjalani dinas baik di dalam negaranya atau saat dinas di luar negeri. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah daftar mobil dinas kepala negara di dunia dengan tingkat keamanan yang tinggi.
 

1. Indonesia, Mercedes-Benz S 600 Guard

Mobil dinas Presiden Joko Widodo ini selain dilengkapi dengan perlindungan tinggi, juga sangat nyaman saat digunakan untuk dinas di berbagai daerah. Diproduksi di Sindelfingen Jerman, mobil ini resmi digunakan Jokowi sejak 2019.
 

Ilustrasi mobil Mercedes-Benz  (sumber gambar Flickr)

Ilustrasi mobil Mercedes-Benz (sumber gambar Flickr)


Mengutip laman resmi Mercedes-Benz global, mobil ini dilengkapi dengan cangkang baja pada bodi dan lapisan tertentu pada kaca, hingga ban jenis run flat yang bisa tetap dipakai walau tekanan bannya kosong hingga sejauh 30 Km.

Tak hanya itu, mobil dengan panjang 5,4 meter itu juga dapat melindungi penumpangnya dari serangan granat dan bahan peledak lain. Dari segi performa, mobil ini juga dilengkapi dengan daya 530 tenaga kuda  dengan torsi mesin mencapai 830 Nm. Tak ayal kendaraan ini mampu melesat sejauh 210 km/jam.
 

2. Prancis, Mercedes-Benz G-Class

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga tak mau kalah dengan para pemimpin dunia lain saat menghadiri KTT G20. Ingin terlihat beda, alih-alih menggunakan sedan, Macron justru tampak mengendarai mobil off-road SUV Mercedes-Benz G-Class.

 

sumber gambar Pexels

sumber gambar Pexels


Dalam laman resminya, Mercedes-Benz mengatakan sejak 1979 mereka memang terus  membuat mobil off-road G-Class dengan perlindungan khusus bagi para pemimpin dunia. Beberapa informasi menyebut mobil dengan desain kotak ini memiliki kapasitas mesin sebesar 5.500 cc dengan konvigurasi V8.

Diproduksi dengan lapisan baja, mobil ini sudah pasti anti peluru di kacanya yang dilapisi armour. Selain itu mobil pabrikan Jerman ini juga memiliki tenaga penggerak all Wheel drive, sehingga mampu melibas berbagai medan berat saat dibutuhkan. 


3. China, Hongqi N701

Mobil dengan kode unik ini juga nampak digunakan oleh Presiden Xi Jinping saat melawat ke Bali. menurut beberapa sumber mobil mewah ini diproduksi oleh FAW Car Company dan merupakan salah satu perusahaan mobil tertua di Negeri Tirai bambu.
 

sumber gambar tangkap layar YouTube Kemenkominfo TV

sumber gambar tangkap layar YouTube Kemenkominfo TV


Sejauh ini tidak ada informasi mengenai spesifikasi mobil yang memeulai debutnya sebagai limosin kenegaraan di China pada 1 Juli 2022 itu. Tapi ada beberapa kemungkinan mobil ini memiliki mesin V8 atau V12 yang dapat melepas daya 350 tenaga kuda dan 650 Nm.
 

4. Arab, Audi A8L Security

Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan juga membawa mobil dinasnya sendiri saat mengikuti ke KTT G20 di Bali. Dia terlihat mengandalkan mobil buatan Jerman itu selama melakukan aktivitas di Pulau Dewata.

 

sumber gambar Audi mediacenter

sumber gambar Audi mediacenter



Sedan berlapis baja ini secara spesifikasi juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Seluruh lapisan bodinya mampu menahan tembakan peluru kaliber 7,62 mm x 51 mm (NATO) termasuk peluru jenis AP, granat, dan ranjau. Adapun kacanya juga dilapisi polikarbonat yang memiliki proteksi balistik VR10 sehingga sangat aman.


5. Rusia, Aurus Senat Limousine

Meski tidak dapat hadir di KTT G20, dalam melakukan dinasnya di Rusia Vladimir Putin diketahui selalu menggunakan mobil produksi lokal dari Moskow bernama Central Scientific Research Automobile and Automotive Engines Institute (NAMI).

 

sumber gambar Aurus

sumber gambar Aurus


Dipakai Putin sejak 2018, mobil ini memang dirancang khusus dengan bodi dan kaca anti peluru serta dapat mengapung di air. Tak hanya itu, meski memiliki berat 6 ton mobil ini tetap diimbangi dengan kekuatan mesin sebesar 4.400cc 8 silinder bertransmisi otomatis 9-percepatan.

Baca jugaCuri Perhatian di G20 Bali, Cek 4 Outfit Kim Keon Hee Saat Dampingi Presiden Korea Selatan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Ingin Memulai Karier sebagai Management Trainee? Cek Dulu Fakta Berikut Ini

BERIKUTNYA

Bikin Bangga, Tiga Kreator Indonesia Masuk Daftar The Discover List 2022 Global

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: